Ngidam Es Batu Saat Hamil? Ini yang Harus Mama Tahu!

Ngidam es batu saat hamil memang dialami sebagian perempuan hamil

14 Juni 2019

Ngidam Es Batu Saat Hamil Ini Harus Mama Tahu
Freepik/kaiskynet

Saat hamil, ada saja kebiasaan yang mungkin dulunya tidak pernah Mama lakukan menjadi muncul begitu saja tanpa diketahui penyebabnya. Mama yang dulu tidak suka mengonsumsi es batu misalnya, dapat menjadi gemar untuk mengunyah es batu saat sedang hamil.

Keinginan atau ngidam es batu saat hamil, memang mungkin dialami sebagian perempuan hamil Ma. Keinginan untuk mengonsumsi makanan yang tidak lazim, minim gizi, atau tidak bergizi sama sekali ini dikenal dengan istilah Pica.

Pica merupakan gangguan makan yang umum dialami anak, namun juga kerap terjadi pada perempuan hamil. Penyebab dari pica saat hamil tidak diketahui dengan pasti, namun banyak orang yang percaya bahwa ini dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan.

Lalu kira-kira, apa saja fakta dibalik konsumsi es batu saat hamil? Dilansir dari Livestrong dan Boldsky, ini dia faktanya untuk diketahui.

Keamanan konsumsi es batu saat hamil

Keamanan konsumsi es batu saat hamil
Freepik/user6608689

Konsumsi es batu saat hamil sebenarnya aman-aman saja karena es batu bukanlah zat berbahaya. Mengapa demikian? Karena hingga saat ini belum ada penelitian yang mampu membuktikan efek negatif dari mengunyah es batu saat hamil, selain menyebabkan kerusakan gigi, sakit gusi, dan sakit tenggorokan.

Bahkan jika dikonsumsi sewajarnya dan Mama tetap memerhatikan asupan nutrisi saat hamil, konsumsi es batu dianggap dapat meredakan mual yang diderita. Hal ini karena es batu bersifat dingin dan tidak bau, sehingga konsumsinya saat hamil dapat membantu meredakan dan mencegah mual.

Namun meski begitu, jangan konsumsi es batu secara berlebih. Karena meski perlu diteliti lebih lanjut, banyak yang menyakini bahwa kebiasaan ini bisa pula membawa dampak buruk. Mama disarankan untuk berkonsultasi ke dokter jika memiliki kebiasaan ngidam es batu agar asupan dan kesehatan Mama selama kehamilan tetap terpantau.

Editors' Picks

Dampak buruk yang mengintai

Dampak buruk mengintai
Freepik/Pressfoto

Keingian untuk mengonsumsi es batu saat hamil erat dikaitkan dengan kekurangan zat besi saat hamil Ma. Es batu diaggap dapat meredakan sakit lidah, yang merupakan keluhan yang kerap dirasakan oleh pasien kekurangan zat besi. Ini menjadi alasan mengapa perlu untuk memeriksakan diri ke dokter jika Mama memiliki kebiasaan mengonsumsi es saat hamil.

Hal ini karena ada beragam dampak buruk dari konsumsi es batu saat hamil seperti dilansir dari Kidsimpliied dan beberapa sumber lainnya:

  • Memengaruhi asupan nutrisi
    Konsumsi es batu saat hamil dapat mempengaruhi asupan nutrisi pentingkarena es tidak memiliki nilai kalori. Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universidad de Buenos Aires di Argentina menunjukkan bahwa perempaun hamil yang gemar mengonsumsi es batu hanya akan mendapat asupan nutrisi dalam jumlah yang rendah. 
    Untuk itu, Mama disarankan untuk mengurangi kebiasaan makan es batu saat hamil dan pastikan kebutuhan nutri harian terpenuhi dengan baik agar kesehatan Mama dan janin tetap terjaga.
  • Menyebabkan masalah gigi
    Kebiasaan mengunyah es batu saat hamil bisa meningkatkan kerusakan gigi dan sensitivitas gigi pada makanan panas maupun dingin.Hal inilah mengapa Mama perlu untuk menghentikan kebiasaan ini secara perlahan agar kerusakan gigi tidak Mama alami.
  • Sakit tenggorokan
    Sakit tenggorokan merupakan salah satu keluhan yang kerap dirasakan perempuan hamil. Nah jika Mama memiliki kebiasaan mengunyah es batu saat hamil, maka, kebiasaan satu ini bisa memperparah sakit tenggorokan yang diderita dan juga dapat membuat iritasi lebih buruk. Mama tidak mau kan ini terjadi?

Gimana Ma? Udah tahu kan fakta dibalik kebiasaan makan atau mengunyah es batu saat hamil? Jadi jangan biarkan kebiasaan ini menghambat asupan nutrisi saat hamil ya Ma agar kesehatan Mama dan janin tetap terjaga.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!