Jangan Sepelekan, Ini Ragam Manfaat Senam Hamil!

Mama harus rutin melakukan senam hamil agar manfaat senam hamil dapat diperoleh!

9 Januari 2019

Jangan Sepelekan, Ini Ragam Manfaat Senam Hamil
Freepik/Yanalya

Menjaga kebugaran tubuh selama kehamilan merupakan hal yang penting Ma. Mama harus mengonsumsi makanan sehat selama kehamilan dan rutin berolahraga agar kesehatan tubuh dan janin dalam kandungan tetap terjaga.

Dalam menjaga kebugaran tubuh selama kehamilan, ada beragam jenis olaharaga yang bisa menjadi pilihan. Salah satu yang populer adalah senam hamil. Mama mempertimbangkan untuk melakukan atau ikut kelas senam hamil? Yuk segerakan Ma. Sebab ada ragam manfaat senam hamil yang bisa Mama peroleh.

Penasaran apa saja? Dilansir dari Baby Center, berikut beberapa diantaranya:

1. Tingkatakan energi

1. Tingkatakan energi
Freepik/Bristekjegor

Selama kehamilan, Mama mungkin akan mudah lelah. Namun dengan melakukan senam hamil secara teratur, Mama justru dapat merasa lebih berenergi.

Tubuh menjadi tak mudah lelah karena olahraga mampu memperkuat sistem kardiovaskular sehingga Mama memiliki energi yang lebih untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Dengan olahraga pula, otot menjadi lebih kuat lho Ma!

2. Mengatasi sulit tidur

2. Mengatasi sulit tidur
Freepik

Seiring bertambahnya usia kehamilan, banyak perempuan hamil yang mengalami sulit tidur karena sulit untuk menemukan posisi tidur yang nyaman. Nah, jika Mama rutin melakukan senam hamil, masalah sulit tidur selama kehamilan bisa diminimalisir lho!

Sebab olahraga atau senam hamil dapat membuat tubuh Mama cukup lelah sehingga rasanya tidur pun akan menjadi lebih mudah dan nyenyak begitu waktu tidur tiba.

Baca juga: Sulit Tidur Nyenyak di Trimester Ketiga Kehamilan, Wajar atau Tidak?

Baca juga: Posisi Tidur Ibu Hamil Di Kehamilan Trimester Kedua agar Lebih Nyaman

Baca juga: Bahaya Posisi Tidur Miring Membuat Jari Kesemutan Saat Bangun Tidur

3. Meminimisir komplikasi kehamilan

3. Meminimisir komplikasi kehamilan
Freepik/Pressfoto

Mama harus tahu, studi menunjukkan bahwa olahraga selama kehamilan dapat menurunkan risiko diabetes gestasional dan preeklampsia lho!

Studi lainnya pun juga mengungkap manfaat lain olahraga selama kehamilan. Sebuah studi menujukkan bahwa Mama hamil yang menderita diabetes gestasional dan rutin melakukan olahraga sebanyak tiga kali dalam seminggu, memiliki penurunan sebesar 58 persen untuk melahirkan bayi dengan berat badan berlebih.

Penurunan risiko untuk melahirkan caesar atau melahirkan bayi dengan berat kurang juga terjadi, yaitu dapat menurun sebesar 34 persen. Manfaat yang tidak bisa disepelekan kan Ma?

Editors' Picks

4. Meredakan stres dan membangun suasana hati yang baik

4. Meredakan stres membangun suasana hati baik
Unsplash/Richard Jaimes

Stres selama kehamilan bisa dialami siapa saja Ma. Nah agar stres selama kehamilan dapat teratasi, tak ada salahnya untuk mengalihkan stres Mama ke arah yang lebih positif seperti melakukan senam hamil agar suasana hati Mama menjadi lebih baik.

Mama ingin tahu apa kaitannya antara suasana hati dengan senam hamil? Rupanya, ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan kadar serotonin, zat kimia otak yang terkait dengan suasana hati. Dengan berolahraga atau melakukan senam hamil, Mama dapat lebih bersemangat, suasana hati dan stres pun dapat berkurang.

5. Mengurangi ketidaknyamanan saat hamil

5. Mengurangi ketidaknyamanan saat hamil
smartmama.com

Ketidaknyaman seperti nyeri punggung atau nyeri bagian tubuh lainnya bisa teratasi juga dengan senam hamil.

Karena dengan melakukan senam hamil secara rutin, peredaran darah dalam tubuh dapat menjadi lancar. Olahraga ini juga dapat memperkuat otot, sehingga membantu mencegah dan mengatasi nyeri selama kehamilan.

6. Membantu tubuh mempersiapkan kelahirkan

6. Membantu tubuh mempersiapkan kelahirkan
scarymommy.com

Senam hamil rupanya dapat membantu tubuh mempersiapkan kelahiran lho Ma.

Sebab tubuh telah terbiasa dilatih mengeluarkan banyak energi saat melakukan senam hamil sehingga kelahiran di klaim dapat menjadi lebih mudah dibandingkan mereka yang tidak melakukan olahraga atau senam hamil.

7. Pemulihan dan mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan

7. Pemulihan mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan
Pexels/Public Domain Pictures

Tak hanya selama kehamilan, senam hamil rupanya juga membawa manfaat setelah melahirkan. Dengan rutin berolahraga atau melakukan senam hamil selama kehamilan, otot menjadi lebih kuat sehingga tubuh bisa pulih lebih cepat setelah melahirkan karena otot sudah terbiasa dilatih.

Selain itu Ma, senam hamil juga dapat mempermudah Mama untuk mendapatkan berat badan yang sehat! Tentu ini menjadi idaman bukan Ma?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!