5 Perubahan Tubuh Ibu Hamil yang Berpengaruh saat Berhubungan Seks

Apa saja yang bisa berpengaruh ke kehidupan seks ya, Ma?

22 April 2021

5 Perubahan Tubuh Ibu Hamil Berpengaruh saat Berhubungan Seks
Freepik/shurkin_son

Selama kehamilan yang sudah berusia 9 bulan, Mama mungkin akan mengalami berbagai perasaan, sensasi dan emosi yang baru. Hal ini wajar terjadi, apalagi saat menantikan kelahiran si Kecil. 

Hormon selama masa kehamilan juga cenderung naik turun, bahkan aliran darah yang mungkin akan meningkat. Banyak ibu hamil juga merasakan bahwa payudara mereka membesar dan nafsu makan menjadi meningkat selama menjalani masa-masa kehamilan.

Pengalaman yang dirasakan setiap memang ibu hamil berbeda-beda, sehingga tidak bisa disamakan begitu saja. Hanya saja ada kecenderungan yang umum terjadi, seperti dorongan seks, suasana hati, berat badan, kebiasaan makan dan pola tidur.

Jika Mama ingin mengetahui lebih lanjut tentang pengaruh kehamilan pada kehidupan seks, berikut Popmama.com rangkum informasinya dari Healthline Parenthood.

Disimak sebagai informasi dan pengetahuan baru yuk, Ma!

1. Hormon selama kehamilan akan naik turun

1. Hormon selama kehamilan akan naik turun
Pexels/mikoto.raw

Pada awal kehamilan, kadar estrogen dan progesterone akan meningkat, gejala pada awal kehamilan ini dapat menurunkan hasrat seksual, seperti:

  • Kelelahan
  • Mengalami rasa mual
  • Perubahan hormonal
  • Payudara lebih sensitif

Sekitar minggu ke-10, peningkatan kadar hormon tersebut akan menurun. Nah, pada saat inilah rasa lelah dan mual akan berkurang. Dengan hilangnya dua gejala trimester pertama yang kurang menyenangkan itu, dorongan seksual Mama mungkin meningkat.

Mama akan mulai mengikuti ritme dan merasa lebih baik dan menjadi energik. Kemudian di trimester ketiga, Mama akan mengalami berat badan meningkat, sakit punggung dan gejala lainnya dapat menurunkan gairah seksual.

Ingat, tubuh setiap ibu hamil saat menjalani masa-masa kehamilan memiliki cara yang berbeda. Beberapa ibu hamil mungkin mengalami nafsu seksual yang meningkat, sementara yang lain mungkin menjadi tidak bersemangat karena penambahan berat badan dan kelelahan pada tubuh mereka.

Ada juga yang tidak akan mengalami perubahan libido, dibandingkan dengan sebelum menjalani masa kehamilan.

Editors' Picks

2. Payudara akan lebih sensitif dan aliran darah meningkat

2. Payudara akan lebih sensitif aliran darah meningkat
Freepik/cookie_studio

Saat menjalani masa kehamilan akan terjadi peningkatan aliran darah, terutama ke organ seksual, payudara dan bagian vulva.

Dengan peningkatan aliran darah itulah, maka gairah seksual lebih mudah dan kepekaannya akan meningkat. Tidak perlu khawatir karena hal tersebut sangat normal terjadi.

Ini pada akhirnya juga akan menghasilkan pengalaman seksual yang lebih menyenangkan bersama pasangan.

Jangan kaget apabila tiba-tiba ada kebocoran ASI dari puting ya, Ma. Hal ini dikarenakan tubuh akan berubah dengan cepat, jadi jangan biarkan perubahan baru ini memicu rasa khawatir.

3. Libido bisa lebih meningkat dari sebelum hamil

3. Libido bisa lebih meningkat dari sebelum hamil
Pexels/mikoto.raw

Banyak ibu hamil mengalami peningkatan libido di akhir trimester pertama dan kedua. Seiring dengan peningkatan libido ini terjadi peningkatan lubrikasi vagina dan klitoris hipersensitif karena aliran darah ekstra genital.

Manfaatkan waktu ini dengan pasangan untuk berhubungan seks. Seks selama kehamilan merupakan cara yang bagus untuk tetap terhubung secara mental dan fisik. Hanya saja perlu diperhatikan posisi seks yang aman untuk kesehatan janin. 

4. Lebih rileks dan tidak perlu ambil pusing soal perubahan bentuk tubuh

4. Lebih rileks tidak perlu ambil pusing soal perubahan bentuk tubuh
Freepik/shurkin_son

Kehamilan merupakan momen indah yang unik dalam kehidupan seorang seorang perempuan. Jangan menganggap bahwa tubuh terasa lebih gemuk, melainkan Mama memang sedang hamil dan ada janin di dalam kandungan.

Pemikiran positif tersebut bisa tentu akan sangat melegakan pikiran ibu hamil. Karena tidak perlu stres tentang kontrasepsi, keintiman bersama pasangan selama masa kehamilan juga bisa lebih rileks.

Walau perubahan tubuh akan terjadi selama masa kehamilan, namun keintiman bersama pasangan bisa meningkatkan keharmonisan rumah tangga. 

5. Menjadi lebih menggairahkan

5. Menjadi lebih menggairahkan
Freepik/jcomp

Kenaikan berat badan antara 11-15 kg merupakan normal selama kehamilan hingga trimester akhir. Sementara beberapa perempuan akan melihat sosoknya lebih berbeda dan menumbuhkan pola pikir baru. 

Beberapa ibu hamil pun merasakan lega dan memiliki pola pikir serta perasaan yang baru mengenai tubuhnya selama masa kehamilan.

Wah, ternyata ada beberapa perubahan baik untuk tubuh ibu hamil ya, Ma. Jadi Mama tidak perlu khawatir jika memiliki libido yang tinggi selama masa hamil.

Alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu, apabila masih merasa ragu. Cari tahu juga soal posisi seks yang tepat selama sesi bercinta. Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.