5 Rekomendasi Klinik Bersalin Gentle Birth di Jakarta

Mama bisa melahirkan dengan nyaman di klinik-klinik ini

29 September 2020

5 Rekomendasi Klinik Bersalin Gentle Birth Jakarta
Unsplash/Christian Bowen

Gentle birth merupakan proses persalinan yang belakangan ini semakin digemari. Sebab, gentle birth menjanjikan proses persalinan yang nyaman, alami, dan jauh dari intervensi medis. Semua ibu tentu saja menginginkan proses kelahiran yang tidak menyebabkan terjadinya trauma.

Dikutip dari situs pribadi dr. Ivan Sini, SpOG,  ivansini.com, gentle birth merupakan  suatu metode persalinan yang pertama kali digagas oleh dr. Gowri Motha, seorang dokter kandungan di Inggris, yang menekankan pada konsep persalinan alami dan memerhatikan semua aspek tubuh manusia secara holistik (fisik, mental, dan spiritual). 

Apabila Mama tertarik untuk melahirkan dengan proses gentle birth yang alami, berikut ini Popmama.com akan memberikan rekomendasi klinik bersalin gentle birth di Jakarta dan sekitarnya yang bisa Mama pilih:

1. Lahir di Tembuni

1. Lahir Tembuni
instagram.com/nastashabigail

Klinik bersalin yang baru dibuka satu bulan ini memiliki slogan “senyaman di rumah, seaman di rumah sakit”. Ya, klinik bersalin yang satu ini bekerjasama dengan dokter spesialis kandungan berpengalaman, serta bidan Lanny Kuswandi yang sudah sejak lama mempraktekkan prinsip gentle birth dan aktif memberikan pelatihan hypnobirthing.

Kenyamanan melahirkan di Lahir di Tembuni dapat terlihat dari desain kamar inapnya yang menyerupai kamar tidur rumahan. Serunya lagi, Lahir di Tembuni juga bekerjasama dengan penyedia layanan dokumentasi melahirkan yang bisa Mama nikmati juga. Wah, pasti momen melahirkan akan terasa lebih istimewa ya, Ma.

Selain melayani proses melahirkan, Lahir di Tembuni juga memiliki fasilitas konsultasi dokter spesialis kandungan, USG, dan vaksinasi. Mama bisa mengunjungi Lahir di Tembuni di alamat Jl. Kemang Timur VIII no. L13, Jakarta Selatan.

Editors' Picks

2. RS Muhammadiyah Taman Puring

2. RS Muhammadiyah Taman Puring
instagram.com/rsmuhammadiyahtampur

Tidak semua rumah sakit memprioritaskan kenyamanan ibu saat melahirkan. Tapi tidak begitu dengan RS Muhammadiyah Taman Puring. Rumah Sakit yang terletak di daerah Gandaria, Jakarta Selatan ini justru sangat memerhatikan kenyamanan ibu saat proses persalinan berlangsung.

Mereka percaya bahwa kenyamanan akan membuat persalinan menjadi lebih mudah. Mama juga bisa terbebas dari rasa trauma dan tindakan medis yang sebenarnya belum diperlukan.

3. Klinik Bidan Desi

3. Klinik Bidan Desi
instagram.com/bidandesi

Klinik Bidan Desi bisa menjadi salah satu alternatif klinik persalinan gentle birth untuk Mama yang tinggal di Bekasi. Melahirkan tanpa rasa sakit adalah upaya yang terus mereka pegang teguh dalam menangani persalinan.

Bidan Desi yang juga berprofesi sebagai Doula dan Childbirth Educator ini percaya bahwa setiap ibu yang tidak memiliki riwayat penyakit serius, mampu melahirkan secara alami.

Selain menangani persalinan, Klinik Bidan Desi juga menyediakan konsultasi dokter spesialis kandungan, USG, kelas prenatal yoga, serta pijat bayi.

4. RS Kemang Medical Centre

4. RS Kemang Medical Centre
instagram.com/kmchospital/

RS KMC juga dikenal sebagai rumah sakit yang menerapkan prinsip gentle birth. Mereka bahkan memperbolehkan pasiennya untuk bersalin dengan didampingi oleh doula. Tak perlu diragukan lagi, RS KMC telah didukung oleh para dokter spesialis kandungan yang sangat berpengalaman.

Memiliki daftar pasien yang banyak, membuat Mama harus sabar jika ingin berkonsultasi di RS KMC. Namun semua penantian dan kesabaran tersebut sepadan kok dengan pelayanan yang akan Mama dapatkan.

5. Rumah Bersalin Depok Jaya

5. Rumah Bersalin Depok Jaya
instagram.com/rumahbersalin_depokjaya/

Selain menangani persalinan, rumah bersalin milik Bidan Jenahara ini juga memiliki pelayanan yang lengkap, mulai dari konsultasi, pelatihan persalinan hypnobirthing, prenatal yoga, hingga pijat laktasi.

Beberapa pasien yang pernah melahirkan di Rumah Bersalin Depok Jaya, menceritakan bahwa proses persalinan terasa nyaman karena pasien sudah diberikan edukasi sebelumnya mengenai bagaimana cara memberdayakan diri untuk menjalani momen kelahiran yang alami dan nyaman.

Itulah rekomendasi 5 tempat melahirkan dengan metode gentle birth yang bisa Mama pilih. Mama sebaiknya melakukan survey terlebih dahulu untuk menentukan mana tempat bersalin yang paling membuat Mama merasa nyaman.

Meski melahirkan dengan metode alami gentle birth akan membuat Mama merasa nyaman, bukan berarti Mama harus anti terhadap tindakan medis ya. Percayakan pada bidan atau dokter yang menangani Mama, agar Mama bisa melahirkan dengan sehat dan selamat.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.