5 Hal Ini Bisa Memudahkan Ibadah Puasa saat Hamil

Ada beberapa cara yang dapat melancarkan ibadah puasa selama masa kehamilan

20 April 2021

5 Hal Ini Bisa Memudahkan Ibadah Puasa saat Hamil
Unsplash/Jemej Graj

Berpuasa saat sedang hamil mungkin akan menjadi tantangan tersendiri bagi Mama yang menjalankan. Apalagi buat Mama yang baru pertama kali menjalankannya. Apakah sejauh ini puasanya berjalan lancar? Atau justru membuat tubuh menjadi kurang sehat?

Setiap Mama memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menahan diri dari lapar dan haus saat berpuasa. Mama sebaiknya lebih waspada terhadap setiap respons yang terjadi pada tubuh. Reaksi tubuh bisa menjadi alarm yang menggambarkan kondisi kesehatan tubuh Mama.

Nah kali ini, Popmama.com akan mengulas mengenai apa sih yang bisa dilakukan untuk memudahkan ibadah puasa saat hamil?

1. Tetap tenang

1. Tetap tenang
Unsplash/Sean Kong

Mama sebaiknya menghindari situasi yang dapat membuat stres. Perubahan dalam rutinitas, kekurangan makanan dan cairan, serta makan dan minum di waktu yang berbeda, dapat menyebabkan stres. Wanita hamil yang berpuasa selama Ramadan terbukti memiliki kadar hormon stres kortisol yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak berpuasa. Maka, pastikan Mama cerdas dalam mengelola stres.

Editors' Picks

2. Minta bantuan

2. Minta bantuan
Unsplash/Roman Kraft

Wanita yang sedang hamil memerlukan waktu istirahat yang lebih banyak. Bila tidak sanggup bangun lebih awal untuk menyiapkan makan sahur, Mama sebaiknya meminya bantuan keluarga atau asisten rumah tangga. Percayalah, Mama akan tetap menjadi istri dan Mama yang baik meski tidak menyiapkan makan sahur untuk anak dan suami.

3. Buat to-do list

3. Buat to-do list
Unsplash/Kelly Sikkema

Membuat to-do list atau daftar kegiatan harian juga bisa memudahkan Mama saat berpuasa. Rencanakan apa saja yang akan Mama lakukan setiap hari. Jangan lupa untuk mengagendakan waktu istirahat yang cukup. Dengan membuat to-do list juga maka hidup mama akan berjalan lebih teratur.

4. Batasi aktivitas

4. Batasi aktivitas
Unsplash/Dexter Chatuluka

Usahakan untuk tidak berjalan jauh atau membawa barang yang berat. Batasi juga aktivitas Mama di rumah. Beraktivitas terlalu berat dapat membuat Mama cepat haus dan merasa kelelahan. Sekali lagi, mintalah bantuan kepada keluarga atau orang terdekat. Jangan memaksakan diri untuk melakukan semua pekerjaan rumah tangga sendirian.

5. Jaga suhu ruangan

5. Jaga suhu ruangan
Unsplash/Sidekix Media

Atur suhu ruangan menjadi sejuk. Sebab, suhu ruangan yang panas bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi. Padahal dehidrasi bukan hanya membahayakan kesehatan mama tetapi juga kesehatan janin di dalam kandungan.

Kelima cara tersebut di atas bisa Mama lakukan agar ibadah puasa berjalan lancar. Tetap prioritaskan kesehatan mama dan janin. Apalagi puasa sesungguhnya tidak diwajibkan bagi ibu hamil. Tetap konsultasikan dengan dokter apapun kondisi mama. Segera batalkan puasa bila Mama merasa ada masalah pada tubuh Mama.

Semoga ibadah puasanya tetap lancar dan sehat selalu ya, Ma.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.