Seberapa Pentingkah Calon Mama Mengikuti Kelas Persiapan Persalinan?

Persalinan merupakan momen berharga yang memerlukan banyak persiapan

13 Januari 2021

Seberapa Pentingkah Calon Mama Mengikuti Kelas Persiapan Persalinan
Freepik/rawpixel.com

Melahirkan adalah momen yang sangat berharga dan dinantikan oleh semua ibu hamil. Melahirkan memang sesuatu yang alami, namun diperlukan persiapan yang matang untuk menghadapinya. Ada berbagai hal mengenai persalinan yang sebaiknya Mama ketahui.

Guna membekali diri dengan pengetahuan seputar persalinan dan merawat bayi, Mama sebaiknya mengikuti kelas persiapan persalinan.

"Kelas persiapan persalinan penting agar orangtua siap lahir batin untuk menghadapi proses persalinan," ucap Tia Pratignyo, Founder Nujuh Bulan Studio.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kelas persiapan persalinan, berikut Popmama.com rangkum informasi yang disampaikan oleh Tia Pratignyo, secara eksklusif kepada Popmama.com:

Editors' Picks

1. Apa manfaat mengikuti kelas edukasi persalinan?

1. Apa manfaat mengikuti kelas edukasi persalinan
Dok. nujuhbulan studio

Kelas edukasi persalinan bukan hanya bermanfaat untuk ibu hamil, tetapi juga untuk Papa dan calon Bayi yang akan dilahirkan.

Manfaat untuk Mama:

  • Mempersiapkan mental dan emosional. Ibu hamil perlu dukungan emosional untuk proses persalinan. Ibu perlu ruang yang aman untuk bercerita guna melepaskan ketakutan atau kecemasan akan melahirkan.
  • Memberikan dukungan untuk ibu hamil. Dukungan dari para mama peserta kelas edukasi persalinan lainnya akan membuat ibu hamil merasa lebih bersemangat karena mendapatkan semangat positif.
  • Meningkatkan kepercayaan diri mama, sehingga Mama lebih yakin akan kemampuannya dalam melahirkan.

Manfaat untuk Papa:

  • Menambah pengetahuan bagi Papa bagaimana cara membantu Mama untuk merasa lebih relaks dan nyaman.
  • Membuat Papa lebih mengetahui bahwa mereka memegang peran yang penting dalam proses persalinan. Dukungan terus menerus dari Papa selama proses persalinan dapat membuat Mama lebih tenang dan percaya diri.

Manfaat untuk bayi:

  • Ketika bayi dilahirkan dari Mama yang tenang, relaks, dan bahagia, maka bayi juga akan merasakan hal yang sama.
  • Energi positif dari orangtua membuat bayi merasa aman, dicintai, dan dilindungi.

2. Sejak kapan kelas edukasi persalinan sebaiknya mulai dilakukan?

2. Sejak kapan kelas edukasi persalinan sebaik mulai dilakukan
Dok. nujuhbulan studio

Kelas edukasi persalinan sebaiknya dilakukan sejak masuk ke trimester kedua. Kelas ini berisi pengetahuan dan praktik yang dapat membekali pasangan untuk kelahiran bayi nanti sehingga proses persalinan dapat dilalui lebih mudah dan nyaman. Namun belum terlambat bila Mama baru akan mulai mengikutinya di trimester ketiga.

"Menyiapkan daya tahan tubuh dan mental membutuhkan proses dan waktu sehingga semakin awal mengikuti kelas persiapan persalinan, akan semakin baik," ucap Tya.

Di dalam kelas edukasi persalinan akan membahas peran hormon dan cara kerja tubuh, fase dan tahap dalam proses persalinan, gerak aktif untuk kontraksi nyaman, posisi panggul dan janin optimal, posisi melahirkan, bijak dalam intervensi medis, serta kunci persalinan nyaman dan bahagia.

3. Apa yang harus dipersiapkan orangtua dalam menyambut persalinan?

3. Apa harus dipersiapkan orangtua dalam menyambut persalinan
Dok. nujuhbulan studio

Dibutuhkan persiapan dari segi fisik, mental, dan spiritual, untuk menghadapi persalinan. Persiapan fisik meliputi pemenuhan nutrisi yang seimbang, olahraga, pernapasan yang dalam dan penuh, serta mengenal anatomi tubuh.

Sedangkan persiapan mental mencakupi melepas ketakutan dan kecemasan, memahami elemen kesadaran dalam kehamilan dan persalinan. Sementara persiapan spiritual di antaranya berkomunikasi dengan bayi, afirmasi, relaksasi, dan meditasi..

Nah, itulah informasi seputar kelas persiapan persalinan untuk calon Mama dan Papa. Saat ini ada banyak pihak atau lembaga yang mengadakan kelas persiapan persalinan, salah satunya adalah Nujuh Bulan Studio. Selain kelas persiapan persalinan, Mama juga bisa mengikuti kelas prenatal yoga, kelas relaksasi dan meditasi, hingga kelas perawatan dan pijat bayi. Untuk informasi lebih lengkap, Mama bisa mengunjungi Instagram @nujuhbulanstudio.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.