5 Arti Mimpi Melahirkan Normal saat Hamil Tua

Sepertiga ibu hamil biasanya bermimpi tentang kehamilan, kelahiran atau proses membesarkan anak

26 Oktober 2021

5 Arti Mimpi Melahirkan Normal saat Hamil Tua
Pexels/Andrea Piacquadio

Selama masa kehamilan, ibu hamil akan sering bermimpi karena waktu tidur juga mengalami perubahan. Pasalnya, ada ibu hamil yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur saat hamil. 

Dilansir dari Psychology Today, sepertiga ibu hamil biasanya bermimpi tentang kehamilan, kelahiran, atau proses membesarkan anak. Mimpi-mimpi tersebut bisa menimbulkan kekhawatiran untuk menghadapi proses persalinan atau justru gambaran dari perasaan terdalam mama tentang kehamilan. 

Lantas, apa arti mimpi melahirkan normal saat hamil tua? Adakah hubungannya dengan kondisi janin dalam kandungan? Simak ulasannya yang telah dirangkum Popmama.com kali ini!

1. Mendapatkan sebuah keberuntungan

1. Mendapatkan sebuah keberuntungan
Pexels/Olly

Dilansir dari beberapa sumber tafsir mimpi, ketika ibu hamil bermimpi melahirkan normal, maka itu menandakan bahwa akan mendapat keberuntungan besar dalam hidup. Keberuntungan besar itu berupa materi yang semakin berlimpah atau karier yang semakin cemerlang. 

Keberuntungan bisa juga datang pada pasangan mama. Contohnya, pasangan mendapatkan pekerjaan baru atau menghasilkan uang lebih banyak. Dalam hal ini, dapat disimpulkan bahwa bermimpi melahirkan normal dapat memberikan sinyal positif pada keinginan-keinginan yang mungkin saja belum terwujud. 

Editors' Picks

2. Berkaitan dengan kehamilan yang sehat

2. Berkaitan kehamilan sehat
Pexels/Olly

Arti selanjutnya dari mimpi melahirkan normal, yakni terkait kesehatan kehamilan. Mimpi melahirkan normal menandakan tidak ada masalah pada kehamilan. 

Perkembangan kehamilan pun justru semakin sehat dan terhindar dari komplikasi. Tentu saja itu menjadi sinyal positif bahwa janin dalam kandungan bisa tumbuh sehat. 

3. Memiliki harapan untuk melahirkan secara normal

3. Memiliki harapan melahirkan secara normal
Pexels/Vidalbalielojrfotografia

Mama tentu akan mengalami perubahan emosional selama masa kehamilan. Kondisi itu menyebabkan Mama lebih sering memendam perasaan dan keinginan, salah satunya keinginan untuk melahirkan normal atau ketakutan ketika nanti akan melewati proses persalinan. 

Perasaan dan keinginan terpendam itu terus tersimpan di alam bawah sadar hingga diwujudkan dalam bentuk mimpi. Oleh karena itu, mimpi melahirkan normal bisa menandakan keinginan terdalam Mama untuk melahirkan normal. 

Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan ibu hamil tidak dapat melewati proses persalinan normal. Keinginan tersebut terus menghantui hari-hari Mama, sehingga Mama akan lebih sering bermimpi melahirkan normal. 

Mama sebaiknya berkomunikasi dengan dokter tentang keinginan tersebut. Selain itu, bisa juga berdiskusi dengan pasangan tentang masalah kehamilan yang sedang dirasakan. Komunikasi perlu dilakukan agar Mama bisa lebih rileks menjalani kehamilan dan mempersiapkan diri menghadapi proses persalinan. 

4. Tanda awal yang baru dalam hidup

4. Tanda awal baru dalam hidup
Pexels/Jonathanborba

Arti lainnya dari mimpi melahirkan normal saat hamil, yakni Mama akan memasuki awal yang baru dalam hidup. Contohnya, Mama akan segera mengurus anak, mengerjakan aktivitas baru yang belum pernah dilakukan, atau mengembangkan diri dengan kemampuan baru. 

Awal yang baru itu akan menghasilkan perubahan besar dalam hidup Mama. Sebab, dilansir dari Healthline, kelahiran bayi merupakan bentuk metafora dari sebuah permulaan dalam hidup hingga memberikan kepuasaan dan kebahagiaan. 

5. Pertanda buruk jika melahirkan di luar nikah

5. Pertanda buruk jika melahirkan luar nikah
Pexels/Vanyaoboleninov

Di sisi lain, mimpi melahirkan normal juga bisa pertanda buruk apabila Mama melahirkannya di luar nikah. Mimpi melahirkan normal itu menandakan bahwa sedang stres atau menghadapi kecemasan berlebihan terhadap masalah hidup yang sedang dihadapi. 

Arti lainnya, yakni representasi dari keinginan Mama untuk mendapat bantuan orang lain atas masalah yang sedang dihadapi. 

Alam bawah sadar biasanya menunjukkan perasaan mendalam tak mungkin belum terungkap. Alam bawah sadar bisa berwujud mimpi untuk memberikan sinyal positif atau negatif pada Mama. Oleh karena itu, Mama perlu mengenali perasaan diri sendiri dan lebih berani menghadapi masalah yang sedang dihadapi. 

Nah Ma, itulah beberapa arti mimpi melahirkan normal saat hamil. Mimpi bisa membawa sinyal positif maupun negatif tentang hidup Mama. Namun, jangan jadikan mimpi sebagai patokan untuk menghadapi masalah kehidupan ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.