7 Buah yang Bisa Memutihkan Gigi Ibu Hamil

Mama masih bisa memutihkan gigi secara alami dengan mengonsumsi beberapa buah-buahan

27 Januari 2022

7 Buah Bisa Memutihkan Gigi Ibu Hamil
Unsplash/Eggbank

Kehamilan menyebabkan perubahan hormon pada perempuan. Perubahan hormon tersebut bisa menyebabkan beberapa perubahan pada tubuh, baik yang terlihat maupun tidak terlihat, seperti perubahan mood secara cepat, nyeri punggung, hingga gigi tampak kusam dan kuning. 

Banyak faktor yang menyebabkan gigi tampak kusam dan kuning, salah satunya karena penumpukan plak akibat jenis makanan tertentu. Penyebab lainnya, yakni enamel gigi mulai terkikis sehingga memperlihatkan dentin di bawahnya. Untuk diketahui, dentin merupakan jaringan tulang yang berwarna kuning dan terletak di bawah email gigi. 

Akan tetapi, Mama tak perlu khawatir jika gigi mulai tampak kusam selama masa kehamilan. Pasalnya, Mama masih bisa memutihkan gigi secara alami dengan mengonsumsi beberapa buah-buahan. 

Kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa jenis buah-buahan yang bisa memutihkan gigi ibu hamil secara alami. Mama sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu guna menentukan jenis buah yang bisa dikonsumsi agar tidak membahayakan kehamilan. 

1. Nanas

1. Nanas
Unsplash/Julienpian

Beberapa orang percaya bahwa ibu hamil dilarang mengonsumsi nanas. Padahal, nanas mengandung tembaga, vitamin B6, B1, C, dan asam folat yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil sekaligus memberikan perlindungan pada tulang dan gigi. 

Mama masih boleh mengonsumsi nanas selama kehamilan asalkan tidak berlebihan. Jika perlu, Mama bisa konsultasi ke dokter terlebih dahulu guna mengetahui seberapa banyak nanas yang boleh dikonsumsi selama kehamilan. 

Saat Mama mengonsumsi nanas, noda pada gigi akan menghilang secara alami. Hal ini disebabkan oleh kandungan bromelin pada nanas yang mampu menghilangkan noda di sekitar gigi.

2. Apel

2. Apel
Unsplash/Priscilladupreez

Buah selanjutnya yang bisa memutihkan gigi ialah apel. Seperti diketahui, buah apel memiliki tekstur daging yang keras, sehingga mampu mengikis plak dan bakteri di mulut. 

Apel bisa dijadikan scrub alami untuk membersihkan noda dan plak di gigi. Pasalnya, apel mengandung asam malat yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan pasta gigi.

Asam malat mampu meningkatkan air liur yang secara otomatis membersihkan dan menghilangkan noda di gigi. 

Editors' Picks

3. Stroberi

3. Stroberi
Unsplash/Jeremybezanger

Siapa yang tidak mengenal stroberi? Buah berwarna merah ini dikenal memiliki rasa yang asam dan menyegarkan. Tidak hanya rasanya yang unik, stroberi juga bisa memperkuat gigi sekaligus memutihkan gigi. 

Sama seperti apel, stroberi juga mengandung asam malat yang mampu mencegah diskolorasi pada permukaan gigi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Mama bisa mencampur stroberi dengan baking soda.

Kemudian, oleskan larutan tersebut pada gigi dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, Mama harus membersihkan sisa larutan di gigi hingga bersih menggunakan pasta gigi dan air. 

4. Buah pir

4. Buah pir
Unsplash/Garrethpb

Buah selanjutnya yang bisa memutihkan gigi secara alami ialah pir. Buah ini dipercaya bisa menghilangkan bau mulut sekaligus menghilangkan noda kuning pada gigi. 

Manfaat ini didapatkan dari kandungan air yang tinggi pada buah pir. Air secara otomatis bisa membersihkan kotoran yang tertinggal di antara sela-sela gigi. Oleh karena itu, buah pir sering dijadikan sebagai hidangan penutup setelah makan. 

5. Lemon

5. Lemon
Unsplash/Mo_jito

Lemon banyak digemari masyarakat karena rasanya yang asam dan menyegarkan. Lemon bisa berfungsi sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH dalam mulut. 

Lemon juga bersifat sebagai antibakteri yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab gigi tampak kuning. Mama bisa mengonsumsi lemon secara langsung atau mencampur lemon dengan air hangat untuk digunakan sebagai larutan berkumur.

6. Jeruk

6. Jeruk
Unsplash/Kathryn_aleksa

Berbeda dengan jenis buah-buahan lainnya, Mama bisa memutihkan gigi menggunakan kulit jeruk, bukan daging jeruk. Untuk diketahui, kulit jeruk bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut secara alami. 

Mama sebaiknya mengeringkan kulit jeruk terlebih dahulu di bawah sinar matahari. Kemudian, tumbuk kulit jeruk hingga halus dan campurkan dengan air. Larutan tersebut bisa dijadikan pasta gigi alami untuk memutihkan kulit. 

7. Pisang

7. Pisang
Unsplash/Anastasiaeremina

Sama seperti jeruk, Mama perlu menggunakan kulit pisang untuk memutihkan gigi secara alami. Pasalnya, kulit pisang mengandung potasium dan magnesium yang bermanfaat untuk memutihkan dan mencerahkan gigi. 

Mama hanya perlu menggosokkan kulit pisang ke gigi secara rutin. Ulangi kebiasaan tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk mengimbangi kebiasaan tersebut dengan mengonsumsi jenis buah-buahan lainnya yang juga bisa memutihkan gigi. 

Nah Ma, itulah beberapa jenis buah yang bisa membantu memutihkan gigi secara alami. Ibu hamil tentu saja tidak bisa mengonsumsi buah-buahan secara sembarangan. Itulah sebabnya, Mama disarankan konsultasi ke dokter terlebih dahulu guna mengetahui porsi buah yang harus dikonsumsi setiap harinya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk