Mengenal Baby Sprinkle, Perayaan Menyambut Kelahiran Bayi

Tujuan utama baby sprinkle adalah menyambut kelahiran bayi dan bercengkrama dengan kerabat terdekat

19 Oktober 2021

Mengenal Baby Sprinkle, Perayaan Menyambut Kelahiran Bayi
Unsplash/Wolfthorne7

Perayaan menyambut kelahiran bayi selama ini dikenal dengan sebutan baby shower. Acara baby shower memang cukup sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia, terutama dari kalangan artis tanah air.

Namun, ternyata ada perayaan lain untuk menyambut kelahiran bayi. Perayaan tersebut biasa disebut baby sprinkle. Istilah baby sprinkle mulai populer ketika artis Nagita Slavina menggelar perayaan tersebut bersama sahabat dekatnya. 

Lantas, apa itu baby sprinkle? Untuk lebih memudahkan Mama memahami pengertian perayaan baby sprinklePopmama.com kali ini telah merangkum informasi seputar baby sprinkle dilansir dari beberapa sumber. 

Pengertian Baby Sprinkle

Pengertian Baby Sprinkle
Unsplash/Ibrahimboran

Pengertian baby sprinkle pada dasarnya sama dengan baby shower. Baby sprinkle menjadi salah satu perayaan menyambut kelahiran bayi dengan mengundang kerabat atau sahabat terdekat. 

Dilansir dari Parenting.com, baby sprinkle umumnya perayaan menyambut kelahiran anak kedua, ketiga, dan seterusnya. Perayaan ini memberikan kesempatan bagi ibu hamil untuk bercengkrama lebih dekat dengan kerabat, sahabat, maupun sesama ibu hamil.

Editors' Picks

Sejarah Baby Sprinkle

Sejarah Baby Sprinkle
Unsplash/Neonbrand

Belum ada penjelasan detail mengenai sejarah perayaan baby sprinkle. Namun, awal mula baby sprinkle diperkirakan bersamaan dengan munculnya perayaan baby shower, yakni sejak abad pertengahan. 

Hanya saja, saat itu belum ada istilah untuk merayakan kelahiran bayi. Selama abad pertengahan, perayaan menyambut kelahiran bayi hanya dilakukan dengan pembaptisan dan memberikan hadian khusus pada ibu hamil. 

Istilah baby sprinkle atau baby shower mulai populer di kalangan orang-orang Eropa pasca Perang Dunia II. Sejak itulah, baby sprinkle mulai dilakukan secara turun menurun. Meski tak se populer baby shower, baby sprinkle masih sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia, terutama kalangan selebriti. 

Baby Sprinkle Digelar Sederhana

Baby Sprinkle Digelar Sederhana
Unsplash/Kellysikkema

Tujuan utama baby sprinkle, yakni menyambut kelahiran bayi dan bercengkrama dengan kerabat atau sahabat terdekat. Itulah sebabnya, baby sprinkle hanya digelar sederhana di restoran, hotel, maupun rumah ibu hamil. 

Mama yang menggelar baby sprinkle akan mengundang keluarga dan sahabat terdekat saja. Kegiatan yang dilakukan selama baby sprinkle biasanya lebih santai dan sederhana dibanding baby shower.

Mama tidak membutuhkan hadiah mahal dari para tamu, sebab Mama lebih menyukai waktu yang dihabiskan dengan kerabat dan sahabat. 

Hadiah Sederhana dari Para Tamu

Hadiah Sederhana dari Para Tamu
Unsplash/Mediamodifier

Saat menghadiri perayaan baby sprinkle, para tamu tidak perlu membawa hadiah mahal. Para tamu biasanya membawa hadiah-hadiah sederhana yang berkaitan dengan kebutuhan bayi, seperti popok, perlengkapan mandi, dan baju. 

Hal ini disebabkan Mama mungkin masih memiliki perlengkapan bayi dari anak pertama yang bisa digunakan untuk anak kedua, anak ketiga, dan selanjutnya. Para tamu juga bisa membawa hadiah untuk anak pertama atau saudara kandung dari calon bayi agar mereka tetap merasa diperhatikan. 

Suasana Baby Sprinkle Lebih Intim dan Hangat

Suasana Baby Sprinkle Lebih Intim Hangat
Unsplash/Naaatsnaps

Pada dasarnya, perayaan baby sprinkle lebih santai dan rileks. Mama bisa melakukan beberapa permainan kecil untuk mengenang cerita lucu di masa lalu atau menambah keintiman antar para tamu. 

Acara baby sprinkle juga terbuka untuk semua kalangan, artinya para tamu bisa membawa keluarga dan anak-anak mereka. Hal ini bisa dijadikan momen untuk memperkenalkan anak-anak dengan teman baru. 

Itulah rangkuman singkat mengenai informasi perayaan baby sprinkle. Acara baby sprinkle umumnya lebih intim dibanding baby shower.

Hal terpenting yang tak boleh terlewat, yakni Mama dan Papa saat menggelar baby sprinkle senantiasa mendapatkan doa serta dukungan dari orang-orang terdekat menjelang persalinan dan menyambut kelahiran si Kecil. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.