Saat Menunggu Waktu Bersalin, Sebaiknya Lakukan 8 Hal Ini

Mau tahu persiapan apa yang harus disiapkan sebelum melahirkan? Yuk baca panduan ini, Ma

9 April 2020

Saat Menunggu Waktu Bersalin, Sebaik Lakukan 8 Hal Ini
Pixabay/milapr23

Saat hari persalinan kian dekat, ibu hamil terutama yang baru punya anak pertama memang belum punya pengalaman khusus dalam soal ini, Ma.

Di satu sisi tentu merasakan kebahagiaan karena si Kecil akan hadir di tengah-tengah keluarga. Tapi pada sisi lain, timbul perasaan cemas, takut, dan bingung memikirkan proses persalinan.

Membayangkan bagaimana proses persalinan boleh-boleh saja, Ma. Namun sebisa mungkin Mama jangan hanya berfokus pada perasaan cemas tersebut. Pasalnya, jika pikiran Mama hanya diisi masalah ini justru Mama akan stres menghadapi persalinan.

Karena itu, Mama harus bisa menyibukkan diri dengan hal-hal lain yang lebih bermanfaat. Hal ini bertujuan agar Mama lebih rileks menjelang persalinan dan siap menghadapi hari-hari usai persalinan yang nyatanya sangat berbeda dengan keseharian Mama.

Menyibukkan diri yang seperti apa sih yang bisa dilakukan? Nah, Popmama.com sudah merangkum aktivitas-aktivitas yang wajib Mama lakukan saat menunggu hari persalinan.

1. Istirahat

1. Istirahat
Pixabay/pedroserapio

Kecemasan yang berlebihan menyambut hari kelahiran si Kecil akan membuat Mama jadi stres. Apalagi persalinan ini termasuk yang kali pertama. Untuk itu, Mama dianjurkan banyak istirahat. Sebab, energi Mama telah banyak terkuras dengan kondisi fisik yang sekarang.

Meski sulit untuk beristirahat mengingat bobot perut yang membesar, Mama harus tetap meluangkan waktu untuk beristirahat.

Jangan sampai menjelang persalinan, tubuh Mama lemas dan tidak fit. Pasalnya, Mama juga harus siap, persalinan sebenarnya bisa terjadi kapan saja atau tak selalu tepat sesuai prediksi dokter, Ma.

2. Memanjakan diri

2. Memanjakan diri
mooncoffeedn

Selain meluangkan waktu untuk lebih banyak beristirahat, Mama juga bisa mengisi waktu dengan memanjakan diri. Misalnya, merendam kaki di dalam baskom yang berisi air hangat.

Cara ini bisa membuat Mama rileks dan mengatasi kaki bengkak selama masa kehamilan, Ma. Usai merendam, oleskan losion di kaki Mama dan tinggikan kaki agar aliran darah lancar dan nyaman.

3. Makan enak

3. Makan enak
Unsplash/inayali

Makan enak bagi ibu hamil menjelang persalinan rasanya sah-sah saja, Ma. Tapi jangan pula terlalu berlebihan ya. Kalau misalkan Mama menginginkan sesuatu mintalah suami membelikannya.

Selain memanjakan lidah, hati Mama pun jadi riang dan bahagia. Apalagi sang suami selalu ada di samping Mama. Sebelum persalinan, nikmatilah masa-masa ini dengan jajan kuliner. Tapi ingat ya, Ma, tetap harus perhatikan jumlah asupan makanan dan pilihlah jenis makanan yang tidak membahayakan si Kecil.

Editors' Picks

4. Stok makanan di rumah

4. Stok makanan rumah
Pixabay/sharonang

Sebelum Mama sibuk mengurusi si Kecil, dari sekarang lebih baik menyiapkan stok makanan cepat saji di rumah. Hal ini penting Mama lakukan karena ketika masa pasca-melahirkan tidak ada waktu lagi untuk menyiapkan makanan. Jadi, penuhilah makanan berupa camilan di dalam lemari es atau bisa juga menyimpan ayam ungkep di dalam freezer.

Pengalaman Mama sebagai ibu baru bisa jadi akan merepotkan. Maka itu, jangan sampai kerepotan Mama bertambah dengan tidak adanya makanan di rumah. Nah, mulai sekarang lebih baik dicicil saja menyiapkan makanan cepat sajinya, Ma.

5. Berbelanja

5. Berbelanja
Pexels/rawpixel

Berbelanja kali ini bukan shopping untuk kebutuhan pribadi Mama loh, melainkan berbelanja untuk kebutuhan rumah tangga. Pasalnya, setelah melahirkan Mama mungkin tidak ada waktu lagi untuk berbelanja kebutuhan rumah. Waktu Mama lebih banyak dipergunakan untuk mengurus si Kecil.

Karena itu, manfaatkanlah waktu menunggu persalinan dengan memenuhi kebutuhan rumah tangga, Ma. Tapi usahakan juga berbelanja lebih dari bulan-bulan sebelumnya, Ma. Soalnya, setelah melahirkan mungkin kebutuhan rumah semakin meningkat dan waktu untuk berbelanja kian terbatas.

6. Membersihkan rumah

6. Membersihkan rumah
Pixabay/stevepb

Melihat rumah berantakan dan kotor setelah melahirkan tentu akan membuat pikiran jadi runyam. Untuk itu, sebelum menghadapi persalinan, Mama dan suami bisa merapikan rumah terlebih dahulu. Mama bisa melakukan pekerjaan yang ringan-ringan saja. Untuk pekerjaan yang berat bisa Mama serahkan pada suami.

Jika Mama memiliki asisten rumah tangga, hal ini tentu tidak akan merepotkan. Mama bisa meminta bantuannya untuk merapikan dan membersihkan rumah, terutama sebelum Mama pulang ke rumah setelah bersalin.

7. Rute ke tempat persalinan

7. Rute ke tempat persalinan
Pixabay/Free-Photos

Pada saat perut Mama mulas dan buru-buru pergi ke rumah sakit tentu Mama akan melewati rute seperti yang biasanya dilewati. Tapi Mama dan suami juga harus mencari rute alternatif karena kondisi lalu lintas tidak bisa diprediksi, Ma.

Apalagi Mama yang tinggal di daerah yang sering mengalami banjir, hal demikian akan sangat merepotkan jika tiba-tiba jalanan dihadang banjir dan mobil tidak bisa melintas. Semua faktor-faktor itu harus dipikirkan baik-baik dan mulai sekarang lebih baik mencari rute alternatifnya, Ma.

8. Barang bawaan

8. Barang bawaan
Pexels/pixabay

Sebelum memasuki masa persalinan, Mama sebaiknya mempersiapkan segala sesuatu yang akan dibawa ke rumah sakit.

Isi tas dengan barang-barang yang dibutuhkan Mama dan si Kecil. Jangan sampai ada yang terlupa, Ma. Sebelum berangkat ke rumah sakit bersalin, periksa kembali tas yang akan Mama bawa.

Nikmatilah proses persalinan, Ma. Sebentar lagi malaikat kecil akan hadir untuk menemani dan membahagiakan hari-hari Mama!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.