Bolehkah Makan Popcorn saat Hamil Tua? Ini Faktanya!

Sebelum dikonsumsi, Mama sebaiknya harus pintar dan mencari informasi terlebih dahulu

11 Oktober 2021

Bolehkah Makan Popcorn saat Hamil Tua Ini Faktanya
Unsplash/Georgia Vagim

Selama masa kehamilan, penting untuk ibu hamil selektif dalam memilih asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh demi perkembangan janin di dalam kandungan.

Dokter kandungan juga akan menyarankan agar menghindari junk food selama masa kehamilan agar tetap sehat menjelang persalinan. Terkadang, kondisi tersebut akan menjadi hal sulit untuk sebagian orang apalagi saat harus menghindari berbagai makanan favorit. 

Popcorn misalnya, beberapa orang menganggap bahwa camilan ini termasuk makanan yang kurang sehat. Namun, sebagian ada juga yang tidak setuju dengan pernyataan tersebut. 

Di luar perdebatan itu semua, apakah popcorn aman dikonsumsi oleh ibu hamil? Dilansir dari Parenting First Cry, berikut Popmama.com telah merangkum fakta-faktanya. 

1. Apakah popcorn aman dikonsumsi selama kehamilan?

1. Apakah popcorn aman dikonsumsi selama kehamilan
Freepik/cookie_studio

Jagung kaya akan karbohidrat, namun memiliki nutrisi yang rendah jika dibandingkan dengan makanan sehat lain. Dalam artian buah atau sayur-sayuran hijau lebih baik dikonsumsi oleh ibu hamil jika dibandingkan dengan jagung. 

Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi jagung dengan jumlah secukupnya dan tidak berlebihan. Pastikan juga untuk tidak terlalu sering mengonsumsi camilan ini, apalagi ibu hamil tetap perlu mengonsumsi berbagai makanan bergizi dan bernutrisi. 

Editors' Picks

2. Popcorn memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk ibu hamil

2. Popcorn memiliki kandungan nutrisi baik ibu hamil
Pexels/cottonbro

Meskipun sering dijadikan camilan tanpa mengetahui kandungan nutrisinya oleh banyak orang, popcorn merupakan salah satu makanan ringan yang memiliki kandungan gizi tinggi dengan segudang manfaat.

Jagung olahan ini memiliki mineral, zinc serta jumlah vitamin yang tinggi. Dengan begitu, camilan ini bisa berdampak baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandung. 

3. Manfaat yang diberikan popcorn untuk ibu hamil

3. Manfaat diberikan popcorn ibu hamil
Freepik/topntp26

Jika Mama bertanya-tanya, apa saja sih nutrisi yang terkandung dari camilan yang satu ini?

Berikut manfaat kesehatan yang akan Mama dapatkan dari mengunyah camilan olahan jagung ini, antara lain: 

  • Tinggi akan protein

Popcorn memiliki sumber protein yang sangat baik dalam membantu pasokan asam amino ke tubuh ibu hamil. Hal ini diperlukan untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan, terutama selama trimester ketiga kehamilan. 

  • Camilan yang sehat 

Salah satu manfaat mengonsumsi popcorn, yakni Mama tidak perlu khawatir akan berat badan yang bertambah. Hal ini dikarenakan popcorn sebagai camilan, tinggi akan serat dan rendah kalori.

Memiliki bentuk badan yang ideal memang bukan hanya untuk penampilan semata, tetapi juga dapat membantu ibu hamil terhindar dari diabetes gestasional dan risiko keguguran.

4. Risiko mengonsumsi popcorn saat hamil

4. Risiko mengonsumsi popcorn saat hamil
Pexels/Pixabay

Mengonsumsi popcorn selama menjalani masa kehamilan memang menjadi pilihan untuk ibu hamil.

Walau ibu hamil bisa saja mengonsumsi popcorn, namun terdapat beberapa alasan yang menjadikan camilan ini perlu diwaspadai, Mama perlu mengetahui cara pengolahan dan bahan yang digunakan.

Hal ini dikarenakan jika bahan dan metode memasaknya salah, maka bisa berdampak buruk pada masalah kesehatan khususnya untuk ibu hamil. Berikut beberapa petunjuk yang perlu diingat sebelum ibu hamil mengonsumsi popcorn, yakni: 

  • Popcorn yang dibuat di microwave tidak aman untuk ibu hamil.
  • Berhati-hatilah dengan popcorn yang menggunakan tambahan rasa. Perlu diingat bahwa beberapa bumbu penyedap bisa menimbulkan masalah untuk ibu hamil. Jadi pastikan popcorn yang Mama konsumsi tidak diolah dengan tambahan rasa ya.
  • Terlalu banyak penggunaan garam, maka dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Jika dibiarkan dan disepelekan, maka akan berdampak buruk pada kesehatan.
  • Ibu hamil harus mengutamakan untuk mengonsumsi makanan matang. Jadi, pastikan popcorn yang Mama konsumsi sudah matang dengan baik.

Nah, jadi itulah informasi seputar popcorn ketika ingin dikonsumsi ibu hamil. Walaupun begitu, konsumsilah popcorn dalam jumlah sedang saja. Usahakan jangan terlalu berlebihan karena semua yang berlebihan pasti tidak baik. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.