9 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ibu Hamil

Beberapa jenis makanan ini dapat dijadikan pilihan Mama untuk meningkatkan daya tahan tubuh

15 Mei 2022

9 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ibu Hamil
Pexels/Amina Filkins

Saat kehamilan, sistem kekebalan atau imunitas tubuh memang akan mengalami banyak perubahan luar biasa. Karena jika tidak, sistem kekebalan tubuh Mama akan menyerang janin di dalam kandungan karena terdeteksi sebagai objek asing.

Perubahan sistem kekebalan inilah yang membuat tubuh Mama lebih tahan terhadap beberapa kondisi, tetapi kurang mampu melawan infeksi atau penyakit, sehingga lebih rentan terkena pilek dan flu.

Jika imunitas tubuh ibu hamil tidak ekstra dijaga, maka bisa meningkatkan risiko buruk untuk kesehatan. Mengatur pola makan menjadi salah satu faktor penting untuk menjaga kekebalan tubuh.

Hal ini dikarenakan dari makanan yang tepat dan sehat bisa menjadi cara untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Karena itu, di sini Popmama.com telah merangkum 9 makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh selama masa kehamilan.

1. Telur

1. Telur
Pexels/Kaboompics.com

Mengingat nilai gizinya yang padat, telur diketahui menyediakan nutrisi yang bagus untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian bagi ibu hamil. Satu porsi telur menyediakan hampir 100 persen dari kebutuhan protein tambahan yang dibutuhkan selama kehamilan.

Lalu yang terpenting, makanan yang satu ini mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A yang memainkan peran penting dalam membantu perkembangan mata, kulit serta sistem kekebalan tubuh untuk ibu hamil.

2. Sup ayam

2. Sup ayam
Pexels/HM Grand Central Hotel

Sup ayam bisa memberikan manfaat meningkatkan kekebalan tubuh berkat adanya efek anti-inflamasi ringan yang ditemukan dalam makanan olahan ayam ini.

Protein yang terkandung juga membantu meningkatkan imunitas tubuh. Sebagai referensi tambahan, Mama juga dapat menambahkan sayuran segar demi memperoleh vitamin, mineral serta antioksidan yang merupakan paket lengkap untuk melawan berbagai macam penyakit.

3. Brokoli

3. Brokoli
Pexels/Castorly Stock

Sistem kekebalan manusia berupakan sesuatu yang kompleks dan membutuhkan banyak nutrisi agar dapat berfungsi dengan baik. Brokoli mengandung nutrisi vitamin C yang merupakan nutrisi penting demi fungsi kekebalan tubuh berjalan dengan semestinya.

Perlu diketahui bahwa vitamin C berperan baik dalam pencegahan dan pengobatan berbagai penyakit, sehingga mengonsumsi brokoli merupakan salah satu cara yang tepat.

78 gram porsi brokoli yang dihidangkan menawarkan sekitar 84 persen asupan nutrisi vitamin C dari rekomendasi harian.

Editors' Picks

4. Kacang almond

4. Kacang almond
Pexels/Karolina Grabowska

Selain mendapatkan asupan vitamin E, mengonsumsi almond akan membuat Mama memenuhi kebutuhan selenium dalam tubuh.

Baik selenium dan vitamin E merupakan perpaduan yang sempurna untuk membentuk antioksidan kuat, demi membantu melindungi sel-sel kekebalan tubuh dari kerusakan.

Selain itu, almond dapat melindungi kesehatan saluran pencernaan. Memiliki usus yang sehat akan mendorong Mama memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik dan tubuh lebih kuat terhindar dari penyakit.

5. Ikan salmon, makarel, dan sarden

5. Ikan salmon, makarel, sarden
Pexels/Huy Phan

Mengonsumsi ikan rendah merkuri seperti salmon, makarel serta sarden merupakan pilihan yang tepat bagi ibu hamil pencinta seafood. Dikarenakan jenis ikan ini terbilang kaya akan asam lemak omega-3 dan nutrisi peningkat kekebalan tubuh.

Tambahannya, Mama akan mendapatkan nutrisi vitamin B-6, vitamin E dan selenium untuk melengkapi nutrisi harian ibu hamil.

6. Biji gandum

6. Biji gandum
Pexels/Pixabay

Dua sendok makan biji gandum mengandung 60 kalori dan mengemas berbagai nutrisi penting seperti vitamin E, folat, magnesium dan seng yang penting untuk mendukung sel-sel kekebalan tubuh.

Khususnya seng karena memiliki kemampuan untuk mengaktifkan sel-T dalam menyerang sel-sel yang telah terinfeksi virus atau bakteri.

7. Ubi jalar

7. Ubi jalar
Pexels/Kindel Media

Vitamin A memegang peranan penting dalam fungsi kekebalan tubuh. Memang jelas bahwa Mama tidak disarankan mengonsumsi vitamin A terlalu banyak selama hamil.

Namun, tidak ada salahnya mengonsumsi setengah potong ubi jalar untuk seluruh kebutuhan vitamin A harian Mama.

8. Kacang merah

8. Kacang merah
Pexels/Cedric Fauntleroy

Kacang merah merupakan salah satu kacang-kacangan sehat untuk konsumsi ibu hamil. Kacang merah diketahui kaya akan zat besi, yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah sehingga mengurangi risiko Mama terkena anemia.

Kandungan antioksidan pada kacang merah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil, sehingga terhindar dari serangan penyakit.

9. Kacang kedelai

9. Kacang kedelai
Pexels/Polina Tankilevitch

Saat masa-masa seperti ini, sistem kekebalan tubuh menjadi garda terdepan dalam melindungi tubuh dari serangan virus. Kacang kedelai diketahui mengandung berbagai nutrisi serta antioksidan yang dapat berperan dalam peningkatan imunitas tubuh.

Manfaat lain yang akan didapatkan dari mengonsumsi kacang kedelai, yaitu Mama akan memperoleh jantung yang lebih sehat karena kedelai mempunyai kemampuan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Nah, jadi itulah 9 makanan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil. 

Yuk, mulai konsumsi dari sekarang agar janin dalam kandungan tetap sehat dan mendapatkan asupan makanan yang baik.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk