Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Pakcoy untuk Ibu Hamil

Salah satu manfaatnya dapat membantu memenuhi kebutuhan folat sehingga terhindar dari cacat lahir

13 Juni 2021

Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Pakcoy Ibu Hamil
Pexels/Eva Elijas

Pakcoy merupakan sayuran hijau yang termasuk anggota keluarga brassica. Sayuran ini juga sering dikenal sebagai kubis China karena kerap dijadikan olahan pada masakan di tempat tersebur.

Kubis tanpa kepala yang memiliki batang putih renyah tebal dan daun hijau lebar ini mudah sekali diolah, termasuk masakan yang cukup umum seperti sup dan tumis.

Tidak diketahui oleh banyak orang bahwa sayur ini merupakan sumber nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan rendah kalori. Dengan begitu sangat cocok dikonsumsi untuk Mama yang menjaga berat badan di masa kehamilan.

Kira kira manfaat apalagi ya yang didapatkan ibu hamil jika mengonsumsi pakcoy? Dilansir dari WebMD, berikut Popmama.com telah merangkum ulasannya.

1. Membantu pencegahan kanker di masa kehamilan

1. Membantu pencegahan kanker masa kehamilan
Unsplash/David Todd

Ibu hamil tetap harus menjaga kesehatannya dengan baik, termasuk risiko terkena penyakit kanker.

Namun jangan khawatir, Mama bisa mencegah dan mengurangi risiko penyakit kanker dengan rutin mengonsumsi pakcoy selama masa kehamilan. 

Pakcoy memiliki kandungan senyawa pelawan kanker seperti vitamin C, vitamin E dan beta karoten. Ketiganya merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, sehingga menurunkan risiko kanker.

Kandungan selenium di dalam pakcoy juga dapat membantu memperlambat laju pertumbuhan tumor.

2. Melawan infeksi virus yang menyerang ibu hamil

2. Melawan infeksi virus menyerang ibu hamil
Freepik/freepik

Masa kehamilan dapat membuat tubuh rentan terkena infeksi. Tentunya hal ini termasuk hal yang menyakitkan sekaligus mengganggu. Jika tidak diatasi dengan baik, maka infeksi dapat mengganggu kesehatan tubuh dan membahayakan janin di dalam kandungan.

Pakcoy merupakan sumber quercetin yang sangat baik. Kandungan quercetin tersebut dapat mengurangi potensi terjadinya infeksi dalam tubuh ibu hamil.

Editors' Picks

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

3. Menurunkan risiko penyakit jantung
Unsplash/Monika Grabkowska

Penyakit jantung memang dapat menyerang siapa saja, tak terkecuali ibu hamil.

Terlalu banyak homosistein dapat merusak pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko masalah jantung. Perlu diketahui bahwa pakcoy memiliki kandungan folat dan vitamin B6 yang membantu menghilangkan homosistein dalam darah.

Selain itu, sayuran ini juga tinggi akan kandungan potasium, magnesium serta kalsium. Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi tekanan darah secara alami. 

4. Membantu dalam menjaga kesehatan tulang

4. Membantu dalam menjaga kesehatan tulang
Unsplash/Andrew McQuaid

Ketika masa kehamilan, janin di dalam kandungan Mama perlu nutrisi yang dapat membantu pembentukan tulang yang kuat.

Pakcoy diketahui kaya akan kalsium, fosfor, zat besi, magnesium serta vitamin K. Semua nutrisi tersebut penting dalam membantu perkembangan tulang sang buah hati.

Tidak hanya janin yang merasakan manfaatnya, namun juga Mama akan mendapatkan tulang yang sehat dan kuat apabila mengonsumsi pakcoy.

5. Menjaga kesehatan mata

5. Menjaga kesehatan mata
Unsplash/Jasmine Waheed

Jika berbicara tentang kesehatan mata, mungkin sayuran yang langsung terpikirkan dalam benak Mama adalah wortel, benar bukan?

Mama juga perlu mengetahui bahwa pakcoy memiliki manfaat yang sama dengan sayuran berwarna oranye tersebut.

Kandungan vitamin A dan beta karoten dalam pakcoy memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan mata bagi ibu hamil dan mendukung pertumbuhan jaringan organ bagi janin.

Bagi Mama yang tengah hamil tua dan sudah mendekati tanggal kelahiran, maka vitamin A juga sangat berguna karena dapat membantu perbaikan jaringan pasca persalinan.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Freepik/freepik

Kandungan selenium dalam pakcoy dapat membantu berkontribusi meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Kekebalan tubuh yang sehat akan memungkinkan bagi ibu hamil untuk lebih efektif melawan bakteri dan virus berbahaya yang dapat menyerang kapan dan di mana saja.

7. Memenuhi kebutuhan folat yang dibutuhkan selama masa kehamilan

7. Memenuhi kebutuhan folat dibutuhkan selama masa kehamilan
Freepik/freepik

Selama kehamilan, kebutuhan tubuh akan folat meningkat hingga dua kali lipat. Asupan folat yang tidak terpenuhi dapat berujung pada komplikasi yang tidak diinginkan, seperti spina bifida.

Spina bifida merupakan kondisi cacat lahir yang diakibatkan oleh terganggunya pembentukan tabung saraf saat bayi masih di dalam kandungan.

Maka demikian, diperlukan mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti pakcoy karena dapat membantu untuk meningkatkan kebutuhan folat, sehingga nutrisi yang diperlukan terpenuhi.

Nah, jadi itulah 7 manfaat yang akan didapatkan ibu hamil setelah mengonsumsi pakcoy selama masa kehamilan. Semoga informasinya membantu ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.