6 Olahan Sayur Bening yang Bermanfaat untuk Ibu Hamil

Kreasikan olahan sayur bening yang menyehatkan selama hamil yuk, Ma!

15 Juni 2021

6 Olahan Sayur Bening Bermanfaat Ibu Hamil
Freepik/timolina

Saat hamil, tubuh akan membutuhkan banyak nutrisi demi pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Sayuran mungkin menjadi salah satu menu makanan yang dianjurkan dokter kandungan Mama untuk dikonsumsi secara rutin, apalagi karena ada berbagai nutrisi yang dimiliki.

Namun, tak jarang ibu hamil merasa bosan ketika mengonsumsi jenis sayur yang itu-itu saja. Rasa bosan inilah yang membuat ibu hamil menjadi enggan makan. Padahal Mama hanya perlu membuat variasi olahan sayuran bening yang bernutrisi dan tetap menyehatkan tubuh. 

Nah, kali ini Popmama.com akan merekomendasikan 6 olahan sayur bening yang bisa menjadi variasi selama kehamilan. Yuk disimak, erikut informasinya khusus untuk Mama!

1. Sayur bayam: bayam + jagung

1. Sayur bayam bayam + jagung
Pexels/ Jacqueline Howell
  • Bayam

Bayam menjadi salah satu olahan sayur terbaik yang memiliki ragam manfaat untuk ibu hamil.

Kandungan folat di dalamnya menjadi salah satu nutrisi yang penting bisa menunjang perkembangan janin agar lebih sehat. Perlu dipahami bahwa folat dalam bayam dapat membantu mencegah keguguran sekaligus cacat serius pada tulang belakang dan otak bayi.

  • Jagung

Kandungan jagung dalam sayur bayam merupakan sumber yang kaya akan serat.

Ibu hamil yang mengonsumsi jagung bisa membantu menyeimbangkan sistem pencernaan, bahkan mencegah risiko sembelit selama masa kehamilan. Selain itu, kandungan vitamin B1 pada jagung juga dapat meningkatkan perkembangan otak janin sejak masih di dalam perut.

2. Sayur oyong: oyong + bayam

2. Sayur oyong oyong + bayam
Freepik/azerbaijan_stockers
  • Oyong

Mama asing nggak nih dengan olahan sayur benung yang satu ini?

Oyong atau gambas ini tergolong sering ditemukan dan mudah diolah lho, Ma. Ibu hamil yang mengonsumsi sayur oyong pun bisa mendapatkan banyak nutrisi. 

Kandungan kalium di dalamnya diyakini dapat mengurangi masalah kram dan nyeri otot yang sering dialami ibu hamil, terutama akibat berat janin yang semakin bertambah. Antioksidan yang terkandung dalam sayur oyong juga mampu membantu mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh.

Editors' Picks

3. Sup ayam: ayam + kentang + wortel + buncis

3. Sup ayam ayam + kentang + wortel + buncis
Freepik/timolina
  • Ayam

Daging ayam dalam sup ayam memiliki kandungan rendah lemak yang tidak menyebabkan kegemukan, sehingga makanan ini sangat cocok untuk ibu hamil saat sedang menjaga berat badan.

Ayam mengandung vitamin A, vitamin E, selenium dan tiamin yang memiliki sifat antioksidan. Kandungan tersebut dapat meningkatkan metabolisme dan energi yang keperluan selama menjalani masa kehamilan.

Perlu diketahui juga bahwa makan satu potong ayam dapat memenuhi 87 persen kebutuhan protein harian ibu hamil lho, Ma. 

  • Kentang

Tidak afdal rasanya jika sup ayam yang kita makan tidak terdapat kentang. Kentang dalam sup ayam dapat digunakan sebagai pengganti nasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat.

Karbohidrat yang terkandung dapat berfungsi sebagai sumber energi yang baik untuk ibu hamil. Kentang juga mengandung asam folat yang penting dalam perkembangan otak janin dan sistem saraf.

Selain itu, kandungan asam folat juga dapat mengurangi terjadinya risiko keguguran.

  • Wortel

Wortel mengandung beta karoten yang diubah tubuh menjadi vitamin A, nutrisi ini berperan penting untuk mata, kulit serta organ pada janin yang masih berkembang di dalam kandungan.

Memberikan wortel dalam konsumsi sup ayam juga akan membantu menangkal serangan anemia saat kehamilan.

  • Buncis

Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil dan mencegah anemia, buncis juga membantu mendukung kesehatan perkembangan janin.

Kandungan asam folat dalam buncis berperan menjaga kesehatan janin, seperti pertumbuhan otak dan pembentukan sumsum tulang belakang.

4. Sayur caisim: sawi hijau + tahu

4. Sayur caisim sawi hijau + tahu
Freepik/wirestock
  • Sawi hijau

Sawi hijau kaya akan vitamin A, vitamin C serta vitamin K yang memiliki manfaat untuk kesehatan mata dan jantung. Selain itu, vitamin tersebut bersifat anti kanker dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil.

Kandungan folat dalam sawi hijau juga terbukti membantu dalam pembentukan tabung saraf dan pembentukan sel darah merah pada bayi dalam kandungan.

  • Tahu

Olahan kedelai ini memang terkenal mempunyai segudang manfaat untuk ibu hamil, seperti kandungan kalsium karena mampu membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin.

Lalu ada zat besi yang dapat mencegah kelahiran prematur, asam lemak omega 3 untuk perkembangan saraf janin, bahkan lipid sehat yang dapat mengurangi kolesterol jahat selama masa-masa kehamilan.

5. Sayur sawi putih: sawi putih + tahu

5. Sayur sawi putih sawi putih + tahu
Unsplash/A. Milne
  • Sawi putih

Sawi putih mengandung tinggi folat yang penting untuk membangun DNA janin, sehingga hal ini dapat melindungi bayi dari cacat bawaan tabung saraf.

Sayuran ini juga dikenal sebagai sayuran yang rendah kalori, sehingga sangat cocok untuk Mama yang sedang menjaga berat badan saat masa kehamilan.

Kandungan vitamin K dan C dalam sawi putih dapat membantu penguatan pada tulang serta meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Sayur asem: melinjo + daun melinjo + kacang panjang + jagung + nangka muda

6. Sayur asem melinjo + daun melinjo + kacang panjang + jagung + nangka muda
Unsplash/Gareth Hubbard
  • Melinjo

Melinjo diketahui memiliki anti oksidan yang tinggi sehingga membantu untuk mencegah tekanan darah tinggi, mengobati kanker, penyakit jantung dan menghindari penuaan.

Mengonsumsi melinjo juga dapat menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan seng yang dapat membantu meningkatkan sel darah putih, bahkan sangat penting dalam proses penyembuhan.

  • Daun melinjo

Jika berbicara tentang daunnya, daun melinjo dikenal akan membuat Mama merasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang tinggi.

Kandungan senyawa dalam daun melinjo juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil, sehingga menurunkan risiko serangan penyakit.

  • Kacang panjang

Asupan asam folat yang cukup diperlukan Mama selama masa kehamilan untuk melindungi janin dari cacat tabung saraf. Satu mangkuk kacang panjang menyediakan sekitar 10 persen asam folat harian dan 6 persen zat besi.

Selain itu, jika Mama mengalami gangguan tidur atau insomnia selama kehamilan, mengonsumsi kacang panjang dapat menjadi alternatif yang tepat. Hal ini dikarenakan kacang panjang mengandung magnesium yang dapat menenangkan otak dan meningkatkan relaksasi, sehingga membantu mengatasi gangguan tidur. 

  • Nangka muda

Nangka muda baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung nutrisi penting seperti protein, karbohidrat, fosfor, kalsium, kalium, vitamin A, vitamin B1 serta vitamin C.

Namun, perlu diperhatikan juga jika mengonsumsi nangka muda terlalu banyak akan menyebabkan perut Mama terasa tidak nyaman. Walaupun mempunyai banyak manfaat, Mama tetap perlu menjaga jumlah asupannya selama hamil. 

Nah, jadi itulah rekomendasi olahan sayur kuah bening yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Berbagai bahan-bahan di dalamnya pun sangat bermanfaat untuk kesehatan selama menjalani masa-masa kehamilan. 

Jadi mau masak sayur yang mana dulu nih, Ma?

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.