3 Kelebihan Bayi Sungsang yang Ternyata Bermanfaat Bagi Sang Mama

Ternyata bayi sungsang justru akan mempermudah Mama, lho!

5 Agustus 2020

3 Kelebihan Bayi Sungsang Ternyata Bermanfaat Bagi Sang Mama
Freepik/Wombatzaa

Posisi bayi dikatakan sungsang apabila posisi kepalanya masih berada di atas sementara kaki atau pantatnya lah yang berada di bawah dekat dengan jalan lahir.

Padahal dalam kondisi normal, posisi kepala bayi seharusnya sudah berada di bawah (cephalic presentation) ketika usia kehamilan memasuki usia 33 minggu.

Bayi sungsang bukanlah suatu kelainan. Sebaliknya, hal ini justru menandakan si Kecil aktif bergerak. Tak hanya itu, bayi sungsang juga ternyata memberikan beberapa manfaat bagi Mama yang mengandungnya. 

Kira-kira, apa saja kelebihan bayi sungsang di dalam kandungan?

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa informasi pentingnya.

1. Bayi sungsang menandakan kemungkinan persalinan normal

1. Bayi sungsang menandakan kemungkinan persalinan normal
birthbecomesher.com

Mama tidak perlu khawatir apabila mengetahui posisi bayi sungsang sebelum memasuki usia kehamilan 37 minggu.

Pasalnya, kebanyakan bayi sungsang masih akan terus bergerak dan memutar posisi tubuhnya sebelum mencapai usia penuh kehamilan.

Meskipun di trimester akhir ruang gerak bayi semakin sempit, tidak menutup kemungkinan bayi dapat memutar posisi tubuhnya.

Bayi bahkan masih bisa berpindah posisi saat proses persalinan di mulai. Namun sayangnya, kebanyakan calon Mama lebih memilih persalinan caesar saat mengetahui posisi bayinya sungsang dengan alasan keselamatan bayi.

Padahal ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk memperbaiki posisi bayi jelang persalinan, misalnya melakukan posisi sujud, berenang, atau memperdengarkan musik untuk memancing si Kecil bergerak.

Editors' Picks

2. Bayi sungsang memiliki risiko terlilit lebih kecil

2. Bayi sungsang memiliki risiko terlilit lebih kecil
birthbecomesher.com

Dibandingkan dengan mengkhawatirkan posisi bayi sungsang, Mama seharusnya lebih khawatir jika si Kecil terlilit tali pusar di dalam kandungan.

Lilitan yang biasanya terjadi di leher ini sangat berisiko menyebabkan aliran darah dan oksigen terhambat. Kondisi ini semakin mengkhawatirkan saat proses persalinan bayi dengan posisi kepala di bawah dilakukan.

Meskipun begitu, berbeda dengan bayi yang berada pada posisi sungsang atau bokong dibawah, lingkaran lilitan tali pusar yang ada di bawah cenderung sulit melilit bagian bokong yang lebih besar dibandingkan dengan leher.

Dengan kata lain, kemungkinan kondisi membahayakan di mana tali pusar melilit janin terjadi akan semakin kecil. 

3. Bayi sungsang menandakan Mama hamil bayi kembar

3. Bayi sungsang menandakan Mama hamil bayi kembar
Pixabay/66150062xws

Terakhir, posisi bayi sungsang juga menandakan adanya kemungkinan sang Mama sedang mengandung bayi kembar.

Pasalnya, dalam kehamilan kembar, kedua bayi biasanya akan saling menyesuaikan ukuran dan posisi tubuh untuk berbagi dalam menempati ruang di kandungan.

Itulah sebabnya ada kemungkinan salah satu bayi berada dalam posisi sungsang. Dalam posisi sungsang, bayi kembar akan sulit berotasi karena ruang rahim yang lebih sempit.

Itulah sebabnya pada situasi ini, ada baiknya Mama melakukan konsultasi pada dokter atau bidan untuk mengetahui tindakan langsung khususnya untuk proses persalinan.

Mitos Tentang Kelebihan Bayi yang Lahir Sungsang

Mitos Tentang Kelebihan Bayi Lahir Sungsang
Pexels.com/pixabay

Selain beberapa kelebihan diatas, sebenarnya di masyarakat Indonesia juga berkembang beberapa mitos tentang kelebihan dari bayi yang lahir dari posisi sungsang.

Beberapa mitos yang berkembang umumnya berbeda pada tiap daerah. Namun secara umum, mitos tersebut mengatakan bahwa bayi lahir sungsang memiliki kemampuan supranatural yang mungkin berhubungan dengan hal gaib.

Beberapa mitos mengatakan ketika besar, bayi sungsang memiliki kemampuan atau kesaktian gaib, memiliki kemampuan menyembuhkan orang lain, memiliki kemampuan sebagai pemimpin, dan juga beberapa mitos lainnya.

Kemungkinan mitos tersebut muncul karena pada saat lahir, bayi sungsang sudah mampu bertahan hidup, di mana biasanya bayi sungsang berisiko mengalami kesulitan saat dilahirkan.

Dengan begitu, masyarakat pun menganggap bayi yang lahir sungsang dengan selamat memiliki kemampuan tertentu yang melebihi orang pada umumnya.

Nah, itulah beberapa kelebihan unik dari bayi sungsang.

Semoga dapat menjawab keresahan Mama selama ini, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.