Demi Kesehatan, Ini 8 Buah yang Bagus Dikonsumsi Ibu Hamil 7 Bulan

Mengonsumsi buah-buahan selama masa kehamilan sangat penting untuk kesehatan

22 Juni 2021

Demi Kesehatan, Ini 8 Buah Bagus Dikonsumsi Ibu Hamil 7 Bulan
Freepik/freepik

Ketika masa kehamilan memasuki usia 7 bulan, berarti momen persalinan sudah semakin dekat. Sambil menunggu hari-hari persalinan, Mama disarankan untuk tetap menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi saat hamil tua. 

Perlu diketahui bahwa terdapat banyak makanan kaya akan nutrisi yang bisa dikonsumsi saat usia kehamilan 7 bulan ini, salah satunya buah. Asupan buah perlu diperhatikan setiap harinya, sehingga nutrisi untuk janin di dalam kandungan bisa terus tercukupi dengan baik. 

Hanya saja, Mama perlu bijak mencari buah yang bagus dikonsumsi ibu hamil saat 7 bulan. Cari tahu kebutuhan diri sendiri, lalu aneka buah bisa dipilih untuk menemani kehamilan di trimester ketiga. 

Nah, berikut ini Popmama.com telah merangkum buah-buahan yang bagus untuk dikonsumsi ibu hamil 7 bulan, sehingga tepat dikonsumsi. 

Kira-kira apa saja ya, Ma? 

1. Jeruk membantu untuk mencegah dehidrasi

1. Jeruk membantu mencegah dehidrasi
Freepik/pch-vector

Buah berwarna oranye yang satu ini memiliki kandungan air sebanyak 90 persen di dalamnya. Mengonsumsi jeruk saat hamil 7 bulan bisa membantu untuk mencegah dehidrasi menjelang momen persalinan si Kecil.

Bagi sebagian ibu hamil, sembelit menjadi salah satu masalah kesehatan yang sangat umum terjadi. Demi mengurangi risiko terjadinya sembelit, ibu hamil bisa mengonsumsi jeruk secara rutin. 

Selain itu, buah jeruk juga kaya akan asam folat dan vitamin B6 yang mampu membantu dalam perkembangan otak janin selama di kandungan.

2. Kiwi mampu membantu melancarkan saluran pencernaan

2. Kiwi mampu membantu melancarkan saluran pencernaan
Freepik/racool-studio

Kiwi mengandung vitamin C yang tinggi, di mana kandungan tersebut berguna untuk meningkatkan imun tubuh selama masa kehamilan. Sebagai sumber serotonin, buah kiwi bisa menjadi pilihan makanan bagi ibu hamil usia 7 bulan untuk membantu melancarkan saluran pencernaan.

Folat dan protein yang terkandung dalam buah kiwi mampu memainkan peran penting dalam mengurangi resiko cacat saraf pada bayi lho, Ma.

Pada umumnya, ibu hamil kondisi tekanan darahnya lebih mudah meningkat dan akan menyebabkan beberapa masalah serius. Permasalahan kesehatan yang bisa terjadi, yakni kerusakan organ hingga keguguran.

Sebelum terlambat, alangkah baiknya ibu hamil mengonsumsi buah kiwi untuk mengatasi hipertansi selama masa kehamilan.

3. Melon mampu membentuk sistem kekebalan tubuh

3. Melon mampu membentuk sistem kekebalan tubuh
Freepik/topntp26

Melon termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil saat usia 7 bulan. Buah yang menyegarkan ini saat dikonsumsi mempunyai kandungan nutrisi untuk ibu hamil, mulai dari mineral dan vitamin.

Selain itu, buah melon juga menjadi sumber karbohidrat yang mampu memberikan energi tambahan untuk ibu hamil. Sumber energi tersebut bisa membantu ibu hamil menjalani berbagai aktivitas keseharian, apalagi jika buah melon dikonsumsi secara rutin. 

Dengan kandungan air yang banyak di dalamnya, buah melon dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Perlu diketahui juga bahwa vitamin C pada buah melon mampu membentuk sistem kekebalan tubuh, sehingga ibu hamil tidak rentan terkena penyakit. 

Editors' Picks

4. Pepaya berguna mengontrol kadar natrium

4. Pepaya berguna mengontrol kadar natrium
Freepik/freepik

Buah yang satu ini terkenal dengan manfaatnya dalam mencegah sembelit, termasuk untuk ibu hamil. Ketika sedang hamil, pastikan memilih buah pepaya yang matang ketika ingin mengonsumsinya. 

Pepaya mengandung kalium yang berguna mengontrol kadar natrium, di mana ketika kadar natrium normal akan berdampak pada tekanan darah yang normal.

Dengan kandungan vitamin C yang melimpah, buah pepaya juga bisa membantu menjaga kondisi tubuh ibu hamil agar tetap sehat. Selain vitamin C, pepaya juga mengandung vitamin A yang berguna untuk membantu dalam pembentukkan organ penglihatan bayi lho, Ma.

5. Tomat memberikan banyak nutrisi untuk ibu hamil

5. Tomat memberikan banyak nutrisi ibu hamil
Freepik/dashu83

Dengan kandungan mineral, protein, vitamin serta karbohidrat membuat tomat mampu membantu menjaga kesehatan ibu hamil. Kandungan tersebut bisa mengatasi anemia serta mencegah berbagai permasalahan kesehatan selama masa kehamilan. 

Saat hamil, perempuan seringkali mengalami kram kaki yang begitu sangat menyiksa dan menganggu aktivitas. Demi mencegah kram kaki saat hamil, ibu hamil bisa mengonsumsi tomat secara rutin. Tomat pun bisa diolah menjadi jus atau bahan pendamping untuk makanan tertentu. 

Perlu diketahui bahwa buah yang satu ini mengandung kalium dan kalsium. Namun, mengonsumsi kalium dalam jumlah yang banyak akan berbahaya, maka Mama perlu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Cobalah untuk memastikan terkait kalium yang dibutuhkan selama masa kehamilan. 

Selain itu, vitamin C pada tomat juga bisa bermanfaat untuk ibu hamil. Salah satu manfaatnya, yakni membantu menjaga kesehatan perkembangan janin selama di dalam kandungan. 

6. Stroberi membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh

6. Stroberi membantu meningkatkan kekebalan tubuh
Freepik/jcomp

Asam folat memainkan peran penting dalam perkembangan janin di dalam kandungan, di mana buah berwarna merah merona ini memiliki kandungan asam folat yang bermanfaat. Perlu diketahui bahwa kandungan asam folat membantu untuk mencegah terjadinya kecacatan pada bayi. 

Selain dikenal mampu menjaga kestabilan berat badan bagi orang dewasa, buah stoberi juga bermafaat untuk mencegah berat badan berlebih bagi janin di dalam kandungan.

Pada masa kehamilan, imun tubuh cenderung akan lebih menurun. Buah stroberi yang dikonsumsi dengan porsi yang tepat mampu menjaga kekebalan tubuh ibu hamil. Hal ini dikarenakan buah stroberi mengandung vitamin C dan antioksidan yang mampu meningkatkan sel imun.

7. Manggis menjaga kesehatan kulit

7. Manggis menjaga kesehatan kulit
Freepik/jcomp

Mengonsumsi buah yang satu ini masih terlihat aneh bagi sebagian ibu hamil, nyatanya manggis memiliki banyak nutrisi penting. Ada beragam nutrisi yang bisa didapatkan mulai dari vitamin C, folat hingga mangan. Dengan mengonsumsi manggis 2 buah sehari, ibu hamil mampu mencegah terjadinya kelahiran prematur. 

Sel kulit mati akan lebih banyak ketika menjalani masa-masa kehamilan, sehingga berdampak pada penampilan kulit yang buruk. Nah, agar kulit tetap sehat selama kehamilan, alangkah baiknya mengonsumsi manggis dengan porsi yang tepat.

Selain itu, manggis juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh Mama selama masa kehamilan.

8. Kurma membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit

8. Kurma membantu memperlancar pencernaan mencegah sembelit
Freepik/8photo

Kurma termasuk buah yang digemari oleh banyak orang ketika bulan Ramadhan, namun buah ini cocok dikonsumsi ibu hamil saat usia 7 bulan. 

Perlu diketahui bahwa kurma kaya akan vitamin K yang bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang bayi.

Dengan kandungan serat yang terdapat pada kurma, secara tidak langsung mampu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, kurma juga kaya akan magnesium, di mana nutrisinya membantu untuk menjaga formasi tulang dan gigi.

Nah, kurma juga dikenal bisa membantu memudahkan persalinan lho, Ma. 

Itulah berbagai jenis buah yang bagus untuk dikonsumsi ibu hamil 7 bulan. Semoga bermanfaat informasinya ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.