5 Kandungan dan Manfaat Sawi Hijau untuk Ibu Hamil Tua

Nutrisi yang terkandung dalam sawi hijau bisa meningkatkan kesehatan ibu hamil

1 Mei 2021

5 Kandungan Manfaat Sawi Hijau Ibu Hamil Tua
Freepik/freepik

Saat menjalani masa-masa kehamilan, tentu setiap orangtua ingin memberikan asupan nutrisi terbaik untuk janin dalam kandungan, yang mana juga bermanfaat bagi ibu hamil sendiri. Nah, salah satu makanan kaya nutrisi yang sangat disarankan adalah sayuran, seperti sawi hijau.

Sayuran yang kerap ditemui dalam olahan tumisan ini, ternyata memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik dikonsumsi ibu hamil untuk membantu mencegah penyakit, tumbuh kembang janin, dan lain-lain.

Kira-kira nutrisi apa lagi ya, yang ada dalam sawi hijau? Jika Mama ingin mengetahuinya, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

1. Vitamin K membantu pembekuan darah bayi

1. Vitamin K membantu pembekuan darah bayi
Freepik/jcomp

Setiap bayi akan membutuhkan asupan vitamin K yang tinggi, hal ini dikarenakan untuk membantu proses pembekuan bayi ketika lahir.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin K selama kehamilan, Mama sangat disarankan untuk mengonsumsi sawi hijau, karena sayuran hijau satu ini mengandung vitamin K yang sangat tinggi.

Diketahui, sebanyak 56 gram sawi hijau mentah, terdapat 120% vitamin K yang memenuhi AKG. Selain itu, sekitar 140 gram sawi hijau yang sudah dimasak memenuhi 690% AKG.

Editors' Picks

2. Kandungan alpha-lipoic acid mampu menjaga kadar gula darah

2. Kandungan alpha-lipoic acid mampu menjaga kadar gula darah
Freepik/look-studio

Diabetes gestasional menjadi salah satu masalah yang rentan dialami oleh ibu hamil. Gangguan kesehatan ini mampu meningkatnya kadar gula dan hanya terjadi ketika masa kehamilan. Kadar gula darah juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh ibu hamil agar tidak terjadinya diabetes gestasional.

Mengonsumsi sawi hijau bisa membantu menjaga kadar gula darah lho, Ma, sebab sawi hijau mengandung alpha-lipoic acid yang mana kandungan ini terbukti mampu menurunkan kadar glukosa dalam tubuh, terutama ibu hamil.

3. Antioksidan membantu melindungi dari stres oksidatif

3. Antioksidan membantu melindungi dari stres oksidatif
Freepik/onlyyouqj

Stres oksidatif terjadi karena kadar antioksidan dan radikal bebas dalam tubuh tidak seimbang. Radikal bebas itu tidak selalu buruk lho, Ma, justru jika radikal bebas berfungsi dengan tepat, molekul ini bisa melawan patogen yang disebabkan oleh infeksi.

Stres oksidatif akan berdampak pada jaringan lemak, DNA, dan protein dalam tubuh. Pada masa kehamilan, ibu hamil rentan terhadap stres oksidatif yang akan menyebabkan kematian dan mengganggu pertumbuhan janin. Antioksidan yang terkandung dalam sawi hijau antara lain flavonoid, betakaroten, lutein, vitamin C dan vitamin E.

4. Folat yang mampu meningkatkan mood

4. Folat mampu meningkatkan mood
Freepik/drobotdean

Suasana hati ibu hamil kerap kali berubah-ubah atau biasa dikenal dengan mood swing,  hal ini disebabkan oleh hormon ibu hamil yang cepat berubah.

Nah, hal ini bisa Mama atasi dengan mengonsumsi sawi hijau, sebab sayuran satu ini mengandung folat dan kolin yang bermanfaat untuk meningkatkan mood saat hamil.

Selain itu, folat dapat membantu mengatasi depresi dan mencegah kelebihan homosistein yang akan mengganggu produksi hormon serotonin atau homon kebahagiaan.

5. Vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh saat hamil

5. Vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh saat hamil
Freepik/freepik

Seperti yang diketahui, ibu hamil cukup rentan terkena penyakit yang disebabkan imun tubuh pada ibu hamil yang cenderung menurun. Supaya imun tubuh tetap stabil dan meningkat, Mama disarankan untuk mengonsumsi sawi hijau, karena mengandung vitamin C.

Sekitar 56 gram sawi hijau mentah atau 140 gram hijau matang mampu mencukupi lebih dari sepertiga kebutuhan vitamin C harian. Jika tubuh tidak mendapatkan asupan vitamin C yang cukup, akan rentan terserang penyakit. Selain vitamin C, sawi hijau juga mengandung vitamin A yang dapat mendukung respon baik imun dan membantu mendistribusikan sel T yang merupakan jenis sel darah putih untuk melawan infeksi.

Itulah kandungan dan manfaat sawi hijau yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Jadi, jangan lupa untuk menambahkan sawi hijau dalam menu makanan ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.