Benarkah Minyak Esensial Bisa Menginduksi Persalinan?

Sebelum menggunakannya, simak dulu informasi berikut ya, Ma

28 Mei 2022

Benarkah Minyak Esensial Bisa Menginduksi Persalinan
Pexels/doTERRA International, LLC

Minyak esensial bisa menjadi pilihan yang luar biasa dan alami bagi calon ibu selama kehamilan, persalinan, dan setelah melahirkan.

"Aromaterapi melengkapi pengobatan tradisional dan dapat membantu membuat persalinan dan kelahiran menjadi pengalaman positif bagi perempuan," kata aromaterapis dan pemilik Tiddley Pom Natural Baby Spa, Emma Nash.

Namun apakah minyak ini dapat membantu Mama menginduksi persalinan sehingga melahirkan tepat pada waktunya?

Untuk penggunaan obat, teh herbal, atau minyak esensial selama kehamilan, diskusikan dulu mengenai faktor keamanannya dengan dokter.

Jadi, benarkah minyak esensial bisa menginduksi persalinan? Penjelasannya dapat Mama simak pada ulasan Popmama.com berikut ini ya.

Apakah Penggunaan Minyak Esensial Dapat Menginduksi Persalinan?

Apakah Penggunaan Minyak Esensial Dapat Menginduksi Persalinan
Freepik/tirachardz

Minyak esensial tidak dapat menginduksi persalinan. Tetapi ini dapat digunakan untuk membuat proses bersalin menjadi lebih menyenangkan. Penting untuk memberi tahu bidan, dokter, atau doula sebelumnya jika Mama ingin menggunakan aromaterapi selama persalinan.

"Saya merekomendasikan kepada klien saya yang memiliki kehamilan langsung untuk menggunakan aromaterapi dari tahap awal persalinan hingga kelahiran," kata Emma. "Banyak klien saya mulai menggunakan aromaterapi pada trimester ketiga untuk mempersiapkan kelahiran."

Editors' Picks

Penggunaan Minyak Esensial saat Hamil

Penggunaan Minyak Esensial saat Hamil
Freepik/pvproductions

Selama hamil, sangat penting untuk berhati-hati menggunakan bahan-bahan tertentu pada tubuh karena tubuh menyerap minyak melalui kulit. Begitu berada dalam sistem peredaran darah, semua zat akan mencapai plasenta, pemberi makan janin yang sedang tumbuh.

Untuk alasan keamanan, minyak esensial biasanya tidak direkomendasikan pada trimester pertama, untuk menghindari risiko keguguran. Untuk trimester berikutnya, minyak dapat digunakan tetapi tetap dalam pedoman yang direkomendasikan.

Selama hamil, Mama mungkin akan mengalami komplikasi atau ketidaknyamanan. Ini dapat diatasi dengan penggunaan minyak esensial.

Jadi gunakan sesuai prosedur agar tidak membahayakan kehamilan ya, Ma.

Efek Samping yang Mungkin Muncul setelah Menggunakan Minyak Esensial

Efek Samping Mungkin Muncul setelah Menggunakan Minyak Esensial
Pexels/Mikael Blomkvist

Selama digunakan dengan tepat dan sesuai petunjuk pemakaian, minyak esensial umumnya tidak menyebabkan efek samping tertentu.Namun jika penggunaannya tidak benar, misalnya minyak tersebut diminum, berikut beberapa efek samping yang mungkin timbul:

  • Ruam,
  • Serangan asma,
  • Sakit kepala,
  • Mual,
  • Mata atau tenggorokan terasa panas,
  • Reaksi alergi.

Bila Mama mengalaminya, segera hentikan pemakaian minyak esensial. Jika efek samping tidak kunjung hilang atau bertambah parah, konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Untuk menghindari efek samping dan memastikan keamanan penggunaannya selama hamil, Mama dapat mendiskusikannya dengan dokter sebelum menggunakannya.

Minyak Esensial untuk Persalinan

Minyak Esensial Persalinan
Freepik/user22978605

"Minyak tertentu aman digunakan selama persalinan tetapi ada beberapa hal penting yang perlu diingat," Emma memperingatkan.

Pertama selalu lihat daftar minyak yang tidak boleh digunakan. Pastikan doula dan bidan tahu apa yang ingin Mama gunakan. Diffuser sangat bagus untuk melahirkan di rumah tetapi jika Mama berada di bangsal bersalin yang sibuk.

Jangan pernah mengoleskan minyak esensial murni langsung ke kulit - selalu encerkan dengan minyak pembawa. Terakhir, perlu diingat bahwa Mama mungkin tidak menyukai minyak yang sebelumnya dinikmati. Ini karena ersalinan dapat menimbulkan rasa tidak suka terhadap bau atau rasa yang kuat.

Minyak Esensial yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

Minyak Esensial Harus Dihindari oleh Ibu Hamil
Pexels/doTERRA International,LLC

Saat ingin menggunakan minyak esensial saat hamil, pertama-tama kita harus mempertimbangkan semua aspek keamanan karena ada beberapa minyak yang harus dihindari selama kehamilan.

Berikut daftarnya:

  • Adas manis
  • Kemangi
  • Kamper
  • Kayu cedar
  • Adas
  • Melati
  • Jintan saru
  • Dupa
  • Mawar
  • Rosemary
  • Sage
  • Timi
  • Wintergreen

Jadi, benarkah minyak esensial bisa menginduksi persalinan? Tidak benar ya, Ma. Minyak esensial tidak menginduksi persalinan namun bisa menambah kenyamanan Mama selama prosesnya.

Apa minyak esensial kesukaan Mama?

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk