Ma, Ini 6 Hal yang Harus Diubah Ketika Hamil Anak Kedua

Ada beberapa hal yang harus diubah ketika hamil anak kedua, apa saja ya?

13 Mei 2020

Ma, Ini 6 Hal Harus Diubah Ketika Hamil Anak Kedua
beenke.com

Ketika Mama memiliki bayi untuk pertama kalinya, Mama mungkin hampir tidak memiliki waktu untuk diri sendiri. Sebagai orangtua baru, terasa mustahil untuk menyeimbangkan semuanya. Mama merasa harus berada di samping bayi setiap saat.

Bahkan ketika Mama melakukan perawatan diri, Mama merasa bersalah berada jauh dari bayi.

Tetapi Mama tahu bahwa perawatan diri itu baik untuk Mama dan bayi. Mama yang bahagia akan membuat bayi bahagia juga.

Ketika pertama kali menjadi orangtua, merasa khawatir itu normal, Ma. Namun ketika Mama mengandung bayi kedua, sebaiknya Mama membuat beberapa perubahan. Perubahan untuk menciptakan keseimbangan yang lebih baik bagi bayi dan Mama.

Karena Mama sudah memiliki pengalaman dari bayi pertama, Mama dapat melakukan beberapa hal yang berbeda. Ini dapat menjadi sebuah tantangan untuk Mama.

Popmama.com akan mengulas enam hal yang harus diubah pada kehamilan kedua untuk menciptakan keseimbangan dalam kehidupan yang Mama jalani.

1. Meletakkan bayi di tempat tidur untuk sementara

1. Meletakkan bayi tempat tidur sementara
Freepik/phduet

Terkadang Mama merasa meletakkan bayi di tempat tidurnya adalah kejam. Tapi tahukah Mama, Mama membutuhkan kedua tangan untuk melakukan hal lainnya. 

Untuk memberi makan diri sendiri, untuk memenuhi kebutuhan anak yang lain, atau bahkan untuk beristirahat sejenak.

Melepaskan bayi dari gendongan Mama tidak membuat Mama menjadi orangtua yang cuek. Bahkan produk bayi yang paling bagus pun memiliki keterbatasan.

Nah, jadi jangan ragu ketika Mama harus meninggalkan bayi di tempat tidurnya selama beberapa saat.

2. Mempercayai naluri

2. Mempercayai naluri
freepik.com

Ketika memiliki bayi untuk pertama kali, Mama mungkin merasa kesulitan untuk mempercayai insting. Atau mungkin Mama tidak merasakannya sama sekali.

Ada beberapa alasan yang membuat banyak Mama merasakan hal tersebut, seperti kali pertama Mama memiliki bayi atau tidak ada yang dapat Mama tanyakan soal pengasuhan bayi.

Terkadang naluri Mama mungkin berbeda dengan apa yang Mama baca di buku-buku perawatan bayi.

Nah, sekarang setelah memiliki bayi kedua, jangan khawatir lagi dengan hal-hal tersebut. Mama sudah memiliki pengalaman dan naluri seorang ibu. Kedua hal ini dapat bekerja dengan baik.

Editors' Picks

3. Jangan ragu untuk menyusui di tempat umum

3. Jangan ragu menyusui tempat umum
Freepik

Ketika waktunya menyusui, Mama mungkin akan memilih melakukannya di mobil, kamar tidur, atau tempat yang tersembunyi. Mungkin beberapa kali bayi menangis karena tidak sabar.

Namun untuk apa Mama melakukan itu? Apakah agar orang lain tidak merasa sungkan? Nah, sekarang Mama dapat lebih mengutamakan kenyamanan bayi terutama jika itu waktunya ia untuk menyusu.

Menyusui di tempat umum bukanlah hal yang terlarang untuk dilakukan. Mama bisa menggunakan baju menyusui dan apron yang dapat menutupi payudara.

4. Mama juga butuh “me time”

4. Mama juga butuh “me time”
Freepik/pressfoto

Mama juga seharusnya tidak merasa bersalah karena menyerahkan tugas orangtua kepada suami atau pengasuh untuk pergi ke kelas yoga yang ingin Mama coba. Atau sekedar berbelanja untuk membeli beberapa potong baju.

Benar, bayi mungkin akan menangis. Tapi tidak perlu khawatir, jika Mama tidak ada di sana, Papa atau orang lain yang bertanggung jawab akan melakukan yang terbaik untuk menenangkannya.

5. Nikmati waktu sekarang

5. Nikmati waktu sekarang
Freepik/jcomp

Banyak Mama yang menghitung hari kapan bisa kembali ke kantor. Lalu malah gelisah ketika sudah harus kembali bekerja dan meninggalkan bayi di rumah.

Saat Mama memikirkan hal tersebut dan menjadi sedih, Mama justru telah membuang waktu yang sebenarnya bisa Mama manfaatkan untuk bersama bayi.

Mama perlu mengingatkan diri sendiri untuk lebih fokus dan menikmati waktu yang ada sekarang. Jalanilah setiap momen yang bisa Mama gunakan bersama si Kecil. Dengan begitu, Mama tidak akan gelisah dan menjadi lebih bersyukur atas setiap detik yang Mama lalui bersama bayi.

6. Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan

6. Tidak ada salah meminta bantuan
parentmap.com

Mama tidak dapat melalukan semua hal sendirian dan itu bukanlah masalah. Jika Mama merasa kesulitan untuk melakukan sesuatu, mintalah bantuan.

Jangan khawatir, Ma, Mama tetap menjadi orangtua yang terbaik bagi bayi. Logikanya adalah Mama memerlukan lebih banyak waktu untuk diri sendiri untuk menjadi orangtua yang lebih baik. 

Itulah enam hal yang harus Mama ubah atau lakukan saat memiliki anak kedua. Percayalah, Mama adalah orangtua terbaik untuk si Kecil meski tidak bisa melakukan semuanya sendiri dan tidak bisa selalu bersama bayi.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.