Normalkah Memiliki Perut Berbentuk seperti Buah Pir saat Hamil?

Ibu hamil biasanya memiliki bentuk perut seperti huruf D, Ma

14 September 2020

Normalkah Memiliki Perut Berbentuk seperti Buah Pir saat Hamil
Pexels/Kamille Sampaio

Setiap ibu hamil memiliki bentuk perut yang berbeda satu dengan yang lainnya. Ada yang melebar atau lebih tinggi, begitupun dengan ukurannya yang berbeda.

Beberapa faktor menentukan bentuk perut mama saat hamil dan tidak ada bentuk perut yang persis sama. Misalnya, perempuan yang bertubuh pendek akan memiliki bentuk perut yang lebih menonjol dan lebih besar daripada perempuan yang lebih tinggi. Ini karena panjang tubuh dan torso pendek memberikan ruang yang jauh lebih sedikit bagi rahim untuk tumbuh ke atas. Ini akan menyebabkan tonjolan kehamilan yang meluas ke luar.

Kebugaran juga bisa menentukan bentuk perut kehamilan. Jika Mama memiliki perut yang kencang, perut membesar tidak secepat ibu hamil lainnya. Wanita yang lebih bugar biasanya memiliki bentuk perut kehamilan yang lebih tinggi. Selain itu, posisi dan berat janin pun akan memengaruhi, Ma.

Namun, sebagian besar ibu hamil akan memiliki perut berbentuk D, sementara beberapa mungkin akan memiliki bentuk perut seperti buah pir.

Karena tidak banyak yang memiliki bentuk perut seperti buah pir, Mama mungkin akan khawatir. Apakah yang menyebabkan bentuk perut kehamilan seperti buah pir ini? Apakah akan memengaruhi janin?

Simak ulasannya  di Popmama.com untuk mengetahui apakah bentuk perut seperti buah pir saat hamil ini dapat memengaruhi janin atau kesehatan mama.

Bagaimana Bentuk Perut seperti Buah Pir saat Hamil?

Bagaimana Bentuk Perut seperti Buah Pir saat Hamil
www.netdoctor.co.uk

Bentuk perut ini terjadi ketika bagian tengah perut seperti memiliki ikat pinggang sehingga perut terbagi antara bagian bawah dan atas. Alih-alih hanya memiliki satu lekukan di perut, perut berbentuk buah pir memiliki dua lekukan.

Perut berbentuk buah pir saat hamil selama sebagian besar terlihat pada ibu hamil yang memiliki ukuran tubuh yang besar.

Perut berbentuk pir benar-benar normal selama kehamilan. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Bentuk perut ini hanya sedikit variasi dari perut berbentuk lainnya. Bentuk perut kehamilan muncul dalam berbagai ukuran, bentuk, dan ini harus dirayakan selama janin dan Mama dalam keadaan sehat.

Editors' Picks

Apa Penyebab Perut Berbentuk Buah Pir saat Hamil?

Apa Penyebab Perut Berbentuk Buah Pir saat Hamil
Freepik/Dragana_Gordic

Berikut beberapa hal yang menyebabkan bentuk perut kehamilan seperti buah pir:

  • Kesehatan fasia menjadi salah satu penyebabnya. Fasia adalah pita jaringan ikat di bawah kulit. Kesehatan fasia dan kekencangan kulit dapat memainkan peran penting dalam menentukan bentuk tubuh seseorang. Kulit bisa berubah dan menjadi kendur seiring waktu dan beberapa bahkan memiliki perut yang berbentuk seperti celemek. Celemek perut inilah yang menyebabkan bentuk perut seperti buah pir saat hamil.
  • Diastasis recti juga dapat mengubah tampilan perut. Tekanan perut bagian dalam yang berlebihan merupakan penyebab diastasis recti. Jaringan ikat dan otot perut selama kehamilan menjadi sangat meregang karena rahim tumbuh. Hal ini bisa membuat perut buncit karena ruang antara otot perut kanan dan kiri akan melebar. Diastasis recti sangat umum terjadi selama kehamilan.
  • Mama juga akan memiliki perut yang terbelah jika sudah memiliki celemek perut, yaitu area perut bagian bawah yang menggantung.

Bisakah Perut Berbentuk Pir Berubah selama Kehamilan?

Bisakah Perut Berbentuk Pir Berubah selama Kehamilan
Pixabay/boaphotostudio

Bentuk perut yang biasa saat hamil adalah satu lekukan besar. Jika Mama memiliki perut berbentuk seperti buah pir atau huruf B, apakah dapat berubah menjadi bentuk pada umumnya? Saat janin tumbuh, lekukan tersebut akan mengisi huruf 'B'. Namun ada kemungkinan ibu hamil tetap memiliki bentuk perut seperti buah pir sampai melahirkan.

Apakah Bentuk Perut Tertentu Berisiko pada Kehamilan?

Apakah Bentuk Perut Tertentu Berisiko Kehamilan
Freepik/valeria_aksakova

Selain perubahan tampilan perut, dengan perut berbentuk buah pir, kehamilan tidak akan terpengaruh karena bentuk perut. Ini juga tidak memengaruhi proses persalinan kelak, Ma.

Untuk perempuan yang area perut bagian bawahnya lebih besar, perawatan khusus akan diperlukan saat pemulihan dari operasi caesar.

Jangan berkecil hati jika bentuk perut mama tidak sama dengan ibu hamil lain pada umumnya. Mama masih dapat mengakali bentuk perut seperti buah pir saat hamil dengan mengenakan baju yang cocok. Ini akan menjadi alasan bagi Mama untuk selalu tampil modis saat hamil!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.