Disukai Janin, Ini 7 Rekomendasi Minuman Jus Sehat saat Hamil Tua

Konsumsi jus buah selama masa kehamilan sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan

8 Mei 2021

Disukai Janin, Ini 7 Rekomendasi Minuman Jus Sehat saat Hamil Tua
Freepik/Vkstudio

Saat hamil, Mama wajib mengonsumsi berbagai asupan sehat dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan, namun nutrisi tersebut akan membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. 

Buah termasuk salah satu jenis makanan yang wajib dikonsumsi. Selain banyak serat, buah juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk ibu hamil. Untuk kesehatan janin sendiri, buah-buahan membantu perkembangannya tetap terjaga serta mengurangi risiko cacat tabung saraf. 

Namun, tidak semua orang menyukai buah. Jika Mama tidak menyukai buah dan tetap ingin mendapatkan manfaatnya, maka bisa diolah menjadi jus. Aneka buah-buahan dapat terus dikonsumsi dalam olahan jus sehat. 

Kira-kira jus apa saja yang baik untuk ibu hamil? Berikut beberapa ide jus yang telah Popmama.com rangkum, Mama pun dapat mengonsumsinya selama masa kehamilan. 

1. Jus alpukat

1. Jus alpukat
Freepik

Alpukat mengandung folat, potasium, vitamin C dan vitamin B yang baik untuk tubuh. Jus alpukat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil.   

Kandungan kalium dan magnesium pada alpukat mampu meringankan mual. Selain itu, alpukat mengandung kolin yang penting untuk perkembangan otak dan saraf janin selama trimester ketiga kehamilan. 

Yang tidak kalah penting, alpukat juga mengandung vitamin C, vitamin K, serat serta beragam zat mineral. Zat Mineral ini mampu membantu mengurangi rasa mual atau kram yang sering dialami oleh ibu hamil.

2. Jus pisang

2. Jus pisang
Freepik/Racool-studio

Pisang mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk ibu hamil, seperti kalium, vitamin B6 dan mangan. Pisang sangat tinggi folat dan dapat dengan mudah membantu memenuhi kebutuhan nutrisi kehamilan.

Serat pada pisang dapat membantu mengatasi sembelit, apalagi ini termasuk gangguan kesehatan yang sering terjadi saat hamil tua. 

Menurut National Institutes of Health, ibu hamil butuh mengonsumsi 3-4 porsi buah pisang setiap hari. Jika diolah menjadi jus, nutrisi yang ada di dalam buah pisang mampu memberikan energi untuk ibu hamil. 

Dalam buah pisang mengandung 105 kalori yang cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil, sehingga berenergi saat menjalani berbagai aktivitas. 

Editors' Picks

3. Jus semangka

3. Jus semangka
Freepik/Valeria_aksakova

Siapa yang tidak suka semangka? Sebagian besar orang menyukai buah manis dan kaya air ini. Semangka mengandung banyak air, sehingga dengan mengonsumsinya akan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, menghilangkan haus dan mencukupi asupan vitamin untuk ibu hamil. 

Di dalam buah semangka terdapat asupan vitamin mulai dari A, C, B6, magnesium dan kalium yang berguna untuk ibu hamil.

Bukan hanya itu, bengkak di bagian tangan, kaki atau kram otot di trimester ketiga kehamilan dapat diatasi dengan konsumsi jus semangka. 

4. Jus blueberry

4. Jus blueberry
Freepik

Blueberry tak hanya kaya folat, namun kaya akan vitamin C, kalium serta serat. Rasa asam, manis dan segar pada buah ini bisa menjadi salah satu alternatif saat ingin mengonsumsi camilan sehat. 

Kandungan vitamin C dalam jus blueberry dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga menjauhkan Mama dari beragam penyakit yang membahayakan janin. Nutrisi di dalam blueberry mampu mengurangi ancaman preeklampsia yang sering kali terjadi pada ibu hamil, khususnya yang sudah memasuki usia kehamilan lebih dari 20 minggu.

Kalium yang ada pada jus blueberry dapat menjaga tekanan darah, sehingga mampu membuat cairan tubuh seimbang.

Sementara itu, kandungan folat dan vitamin C pada jus blueberry dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil.

5. Jus apel

5. Jus apel
Freepik/Vitaliiborkovskyi

Serat, vitamin A, vitamin C dan kalium merupakan nutrisi andalan di dalam buah apel. Tentunya, semua nutrisi tersebut baik bagi kesehatan ibu hamil.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa risiko terjadinya asma dan alergi lebih rendah pada bayi apalagi sang Mama rutin mengonsumsi apel selama hamil. Demi mendapatkan nutrisi terbaik, apel bisa dibuat sebagai jus atau diolah menjadi varian lainnya. 

6. Jus jambu biji

6. Jus jambu biji
Pexels/Quang Nguyen Vinh

Jambu biji merupakan sumber vitamin C yang terbaik selain jeruk. Buah ini juga mengandung vitamin A, serat, kalium dan fosfor.

Vitamin C dan vitamin A merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh, termasuk selama masa kehamilan. Radikal bebas dapat menyebabkan perkembangan janin terlambat.

Alasan lain mengapa jus jambu biji baik dan sehat untuk ibu hamil, yakni dapat membantu mengontrol gula darah selama hamil agar terhindar dari risiko diabetes gestasional.

7. Jus jeruk

7. Jus jeruk
Freepik/KamranAydinov

Mengonsumsi jus jeruk dapat membantu perkembangan tabung saraf janin. Nutrisi yang terkandung di dalam jeruk dapat mencegah kemungkinan cacat lahir yang bisa mulai terbentuk dari awal kehamilan.

Buah ini terkenal sebagai salah satu antioksidan yang akan melawan radikal bebas penyebab penyakit, termasuk selama masa kehamilan. Dengan mengonsumsi jeruk, otomatis akan membantu memperkuat daya tahan tubuh. 

Vitamin C pada jeruk juga membantu penyerapan zat besi dengan lebih baik, ini berguna untuk mencegah anemia yang rentan dialami oleh ibu hamil.

Mengandung banyak air, konsumsi jeruk saat hamil membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh Mama. Ini penting karena dehidrasi saat hamil bisa membahayakan kesehatan diri sendiri dan janin di dalam kandungan.

Nah, itu macam-macam jus yang dapat Mama coba selama kehamilan. Selain segar dan enak, jus memiliki banyak manfaat saat menjalani hamil tua.

Dari beberapa buah di atas, kira-kira apa jus buah kesukaan Mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.