Unik dan Manis, 12 Nama Bayi Perempuan yang Terinspirasi dari Bunga

Ada berbagai bunga yang cocok dijadikan nama bayi perempuan nih, Ma

9 Maret 2021

Unik Manis, 12 Nama Bayi Perempuan Terinspirasi dari Bunga
Freepik/annakharchenko1

Jelang kelahiran si Kecil, nama menjadi salah satu yang perlu dipersiapkan dengan sangat matang. Tidak asal pilih, nama bayi biasanya memiliki makna khusus atau penuh harapan dari orangtuanya.

Salah satu yang bisa menjadi inspirasi saat menjadi nama bayi, yakni dari macam-macam bunga. Memberikan nama yang terinspirasi dari bunga seolah akan mengingatkan Mama pada kecantikan dan keharuman bunga setiap kali memanggil si Kecil.

Kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa nama bayi perempuan yang terinspirasi dari beragam bunga. Apa saja ya, Ma?

1. Alyssa

1. Alyssa
Wikipedia

Nama ini berasal dari bunga alyssum manis dan memiliki arti rasional.

Alyssa Milano membuat nama ini terkenal. Mengingat karena pekerjaannya sebagai aktris, tetapi juga sebagai salah satu perempuan yang memulai gerakan #MeToo.

2. Aster

2. Aster
Freepik/Antibydni

Nama Yunani ini cocok untuk bintang kecil Mama, mengingat memang itulah artinya. Bayi yang baru lahir seolah akan menjadi bintang dalam kehidupan Mama sekeluarga.

Bunga Aster ini juga terkenal karena kemampuannya untuk menarik perhatian kupu-kupu.

3. Azalea

3. Azalea
Freepik/Sashko_t

Berasal dari bahasa Inggris, nama Azalea memiliki arti sekuntum bunga. Namun Azalea bukan bunga mekar pada umumnya. Warnanya merah muda cerah menjadikannya nama yang sempurna untuk seorang gadis kecil pemberani.

Perlu diketahui bahwa Azalea mekar di musim semi. Nama ini cocok diberikan untuk bayi yang lahir di bulan Mei.

4. Dahlia

4. Dahlia
Pixabay/pixaline

Tanaman tahunan yang besar dan indah ini hadir dalam banyak warna cerah, mulai dari ungu dan merah. Nama Dahlia berasal dari Skandinavia dan berasal dari kata lembah.

Dalam bahasa Victoria terkait bunga, Dahlia menandakan keanggunan dan martabat. Selain itu, Dahlia diartikan sebagai anggukan pada ikatan komitmen abadi.

5. Daisy

5. Daisy
Freepik

Nama Daisy cocok untuk anak perempuan energik nih, Ma.

Bunga Daisy menyerupai matahari dan dalam bahasa Inggris Kuno yang artinya mata dari sebuah hari. Jadi jangan heran jika si Kecil akan tumbuh bersinar di antara yang lain.

Editors' Picks

6. Erica

6. Erica
Freepik/user14666895

Mama mungkin terkejut mengetahui bahwa nama bunga ini juga merupakan genus dari lebih dari 800 tumbuhan berbeda dalam famili Ericaceae.

Erica memiliki arti pemimpin abadi, humanis dan feminim.

7. Jasmine, Yasmin atau Melati

7. Jasmine, Yasmin atau Melati
Pixabay/begonvilliev

Siapa yang tidak tahu bunga kecil dan harum semerbak ini? Bunga jasmine, yasmin atau melati ini dikenal dengan aromanya yang lembut. 

Putri Jasmine dari film klasik Disney Aladdin merupakan tokoh kartun yang membuat nama ini menjadi terkenal.

8. Leilani

8. Leilani
Pinterest/Stuart Woodfin

Sebuah "bunga surgawi" dari Hawaii, Leilani termasuk nama manis untuk bayi perempuan yang akan lahir nanti.

Selain itu, Leilani memiliki beberapa arti seperti cepat pulih dari sakit, tidak dibuat-buat dan kreatif, selalu diberkati, sering bepergian, berkeinginan kuat dan bertujuan, romantis, artistik, bahkan memiliki selera yang bagus. 

Artinya sangat bagus ya, Ma. 

9. Lily

9. Lily
Freepik/devmaryna

Lily termasuk bunga yang sebagai lambang kepolosan dan kemurnian, begitulah cara bayi mungil Mama lahir ke dunia. Lily bisa menjadi nama panggilan untuk Lillian atau Lilliana, jika Mama sedang mencari opsi nama yang lebih formal.

Lily saat ini adalah salah satu nama bayi paling populer di Inggris dan Wales lho, Ma. 

10. Mawar atau Rose

10. Mawar atau Rose
Pixabay/subak214

Nama botani yang menawan ini berasal dari bahasa Latin, bahkan memiliki banyak variasi. Mama bisa menamai si Kecil dengan Rosetta, Rosalie atau Rosemary dan menyingkatnya Rose.

Nama Rose atau bahkan mawar untuk bayi perempuan pun sangat indah, bahkan akan mengingatkan Mama pada kecantikan bunga mawar. Lily-Rose Depp, putri dari Johnny Depp dan Vanessa Paradis merupakan kombinasi indah dari dua nama pertama dalam daftar.

11. Poppy

11. Poppy
Freepik/s.salvador

Nama Latin ini berarti "bunga" dan tanaman itu sendiri melambangkan ingatan berkat puisi "In Flanders Fields".

Tetapi bunga poppy juga bisa menjadi simbol kecantikan, kesuksesan dan imajinasi yang hidup. Selain itu, orang Yunani Kuno merasa bunga itu melambangkan tidur karena getah poppy memiliki efek penenang. 

12. Violet

12. Violet
Wikipedia

Nama asal Latin ini berarti ungu. Violet memiliki beberapa arti seperti memiliki potensi, intuitif, cerdik, memiliki jiwa pembimbing dan penyembuh, bahkan memiliki kemampuan berbicara yang baik.

Bentuknya kecil dan berwarna manis, sehingga cocok untuk nama bayi perempuan. 

Nah, itu beberapa ide nama bayi perempuan yang terinspirasi dari nama bunga. Mama juga bisa mencari nama bayi dengan cara yang lebih mudah sekarang, karena Popmama.com memiliki tools untuk membantu dalam mencari nama bayi perempuan ataupun nama bayi laki laki.

Semoga rekomendasi di atas bisa membantu untuk membuat rangkaian nama yang cocok ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.