13 Nama Bayi yang Bagus namun Punya Arti Buruk

Hati-hati sebelum memberikan nama pada si Kecil, Ma!

3 Juli 2022

13 Nama Bayi Bagus namun Pu Arti Buruk
Unsplash.com/CHUTTERSNAP

Semua orangtua pasti ingin memberikan nama yang bermakna baik dan memiliki pesan tersendiri untuk anak mereka. Pemilihan nama juga harus hati-hati agar Mama tidak memberikan nama yang salah untuk si Kecil.

Tidak sedikit juga orangtua yang mencari nama untuk calon bayi dengan pengucapan yang apik dan terdengar modern.

Meskipun dalam satu bahasa nama tersebut memiliki arti yang bagus, bukan berarti di bahasa lain nama tersebut memiliki arti atau makna yang sama, Ma. Bisa jadi memiliki arti yang buruk untuk si Kecil.

Agar Mama lebih berhati-hati dalam memilih nama bayi, berikut ini Popmama.com telah rangkum nama bayi yang bagus namun punya arti buruk. Apa saja?

1. Azazil

1. Azazil
Pinterest.com/BabyGaga

Nama pertama, yaitu Azazil, Ma. Azazil atau Azazel sendiri berasal dari bahasa Ibrani atau Hebrew yang berarti 'kambing hitam'.

Dalam Islam, ada sebuah riwayat yang menceritakan bahwa Azazil dulunya adalah pemimpin malaikat. Jauh sebelum masa Nabi Adam, Azazil sempat menjadi imam untuk para malaikat dan ia terkenal dengan kealimannya, Ma.

Namun karena kesombongannya, akhirnya Azazil dikutuk oleh Allah SWT dan akhirnya menjadi seorang iblis. Saat ini, ia dikenal sebagai pemimpin kelompok atau bapak dari bangsa jin.

2. Claude

2. Claude
Pinterest/RomanaCus

Claude adalah nama yang diberikan untuk anak laki-laki yang berasal dari Prancis. Claude berasal dari nama Latin 'Claudis' yang diambil dari 'claudicatio' yang artinya 'pincang' atau 'gagap'.

Meskipun arti dari nama Claude buruk, banyak yang menggunakan nama ini terutama di masa kekaisaran Romawi, Ma.

Claudius juga merupakan nama dari kaisar Romawi yang bertanggung jawab atas perluasan Roma pada 41-54 Masehi. Ia memiliki nama panjang, yaitu Tiberius Claudius Caesar Augustus Germanicus.

3. Courtney

3. Courtney
Pexels/Anastasiya Gepp

Mama pasti juga sudah tidak asing dengan nama Courtney, bukan? Ya, meskipun nama ini banyak digunakan di Amerika Serikat, ternyata Courtney memilliki arti yang tidak enak untuk didengar dan bisa menyinggung perasaan, Ma.

Dalam bahasa Prancis Kuno, Courtney memiliki arti yaitu hidung pendek atau 'pesek' dan 'dari pengadilan'.

4. Giselle

4. Giselle
Freepik.com/freepic.diller

Nama yang satu ini terdengan sangat modern ya, Ma? Meski begitu, Mama harus tahu arti dari nama Giselle sebelum memberikannya pada si Kecil. Gisele atau Giselle sendiri memiliki dua arti yang berbeda, Ma.

Dalam bahasa Prancis, Gisele berarti 'janji' sedangkan dalam bahasa Jerman, Giselle memiliki arti yaitu 'sandera'. Benar-benar nama yang sama namun dengan arti yang berbeda ya, Ma.

5. Kennedy

5. Kennedy
Pexels/Anastasia Shuraeva

Dilansir melalui Baby Center, nama Kennedy digunakan sebagai nama keluarga Gaelik Cinnéidigh. Dalam bahasa asli Irlandia (Kelt) , Kennedy berasal dari kata 'O Cinneide' yang secara harfiah berarti 'kepala cacat' karena memakai helm.

Nama Kennedy sendiri menjadi lebih populer semenjak terpilihnya presiden Amerika Serikat ke-35, yaitu John F. Kennedy.

Editors' Picks

6. Leah

6. Leah
Freepik.com/freepic.diller

Nama Leah atau Lea sebenarnya merupakan nama yang bagus, namun nama tersebut memiliki arti 'lelah' atau 'lesu'. Nama ini berasal dari bahasa Hebrew atau Ibrani, Ma.

Pastinya Mama tidak ingin si Bayi nantinya akan menjadi anak yang mudah lelah atau lesu kan, Ma?

7. Lola

7. Lola
Freepik/v.ivash

Lola dalam bahasa Spanyol memiliki arti, yaitu penderitaan. Lola biasa diberikan pada anak perempuan yang bisa juga diartikan sebagai 'perempuan kesedihan'.

8. Mallory

8. Mallory
Ffreepik/user15285612

Mallory pada bangsa Norman merupakan nama yang digunakan untuk memanggil orang-orang yang tidak beruntung. Selain itu, Mallory dari bahasa Prancis Kuno juga memiliki arti 'tidak bahagia' dan 'tidak beruntung'.

Wah, Mama harus sangat berhati-hati dan menelurusi info lebih lanjut mengenai nama ini jika ingin memberikannya pada si Kecil.

9. Mara

9. Mara
Freepik/freepic.diller

Dalam bahasa Hebrew (Ibrani), Mara ditujukan untuk bayi perempuan yang berarti 'pahit'. Melansir dari Wikipedia, Naomi, ibu mertua dari Ruth dalam alkitab mengeklaim nama Mara sebagai ekspresi kesedihan setelah suami dan putranya meninggal.

10. Molly

10. Molly
Unsplash.com/Neil Su

Molly sebenarnya bisa diartikan menjadi bintang di lautan. Namun, nama Molly dalam bahasa Irish bisa diartikan menjadi 'pahit' atau 'getir'.

Nama Molly memang sering digunakan pada hewan peliharaan, Ma. Namun mengutip dari Family Education, nama Molly juga banyak digunakan dan mencapai puncaknya di tahun 2018 berdasarkan analisis data google search.

11. Rue

11. Rue
Freepik/freepic.diller

Mama pernah mendengar nama Rue? Nah, kalau Mama pernah melihat series Euphoria, Mama pasti tahu nama dari karakter yang diperankan oleh Zendaya dalam series tersebut.

Rue dalam kamus Cambridge English sendiri ternyata memiliki arti yaitu penyesalan, Ma. Rue juga bisa diartikan menjadi 'merasakan penyesalan'.

Terdengar bagus namun artinya buruk ya, Ma. 

12. Tristan

12. Tristan
Freepik/master1305

Sebenarnya, banyak dari para orangtua yang memberikan nama bayi mereka dengan nama Tristan. Namun tak disangka ternyata nama tersebut memiliki arti yang buruk lho, Ma.

Tristan sendiri dalam bahasa Prancis memiliki arti sedih. Tentu Mama dan Papa tidak ingin kan si Kecil sedih seumur hidupnya?

12. Valdis

12. Valdis
Freepik/v-ivash

Valdis merupakan nama yang berasal dari Islandia, Ma. Kata 'Val' di bagian awal berhubungan dengan Valkyrie, sebuah mitologi dari Nordik Kuno yang berarti 'orang mati'.

Sedangkan kata 'dis' memiliki makna yaitu 'dewi', sehingga Valdis bisa diartikan juga dengan 'dewi kematian'. Seram juga ya, Ma!

Itulah tadi rangkuman mengenai nama bayi yang bagus namun punya arti buruk. Semoga informasi ini bermanfaat, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk