Sakit di Pinggang Kiri saat Hamil, Apa ya Pemicunya?

Rasa sakit ini bisa bikin aktivitas terganggu, apalagi jika ditambah stres

29 November 2020

Sakit Pinggang Kiri saat Hamil, Apa ya Pemicunya
freepik.com/user18526052

Sakit pinggang merupakan keluhan yang banyak dialami oleh ibu hamil seiring dengan semakin bertumbuhnya janin dalam kandungan. Saat perut semakin membesar, Mama mungkin akan merasakan otot-otot tubuh yang tertekan, menimbulkan rasa sakit, hingga kesulitan beraktivitas sehari-hari. Apalagi jika terjadi pada pinggang sebelah kiri.

Kali ini Popmama.com akan mengulas penyebab sakit pinggang sebelah kiri saat hamil yang banyak dialami, dilansir dari WebMD:

1. Pertambahan berat badan

1. Pertambahan berat badan
Freepik/yanalya

Saat hamil, Mama diharuskan untuk menambah berat badan demi menyokong nutrisi untuk tumbuh kembang janin dan juga tubuh mama sendiri. Pada kehamilan yang sehat, ibu hamil biasanya bertambah berat badan sekitar 10 hingga 15 kg. Pertambahan berat badan ini dapat memicu sakit pinggang, salah satunya di sebelah kiri. Ini dikarenakan tulang belakang, pembuluh darah, saraf, dan otot di panggul dan punggung yang tertekan.

Editors' Picks

2. Perubahan postur tubuh

2. Perubahan postur tubuh
Freepik
Ilustrasi

Secara sadar atau tidak, kehamilan turut memengaruhi postur tubuh mama perlahan-lahan. Pertambahan berat janin bisa membuat tubuh mama makin membungkuk atau miring ke salah satu arah. Akibatnya, Mama pun mulai menyesuaikan postur dan cara bergerak. Inilah yang menyebabkan sakit pinggang, punggung, dan ketegangan.

3. Perubahan hormon

3. Perubahan hormon
Freepik/user15694850

Selama kehamilan, tubuh mama memproduksi hormon yang disebut relaxin. Hormon ini memungkinkan ligamen di area panggul menjadi lebih rileks dan persendian melonggar sebagai persiapan untuk proses kelahiran. Hormon yang sama dapat menyebabkan ligamen yang menopang tulang belakang, mengendur. Inilah yang menyebabkan rasa nyeri dan ketidakstabilan.

4. Peregangan otot

4. Peregangan otot
freepik.com/racool_studio

Otot yang sedang meregang juga dapat menyebabkan rasa sakit pada pinggang sebelah kiri. Saat rahim mengembang, dua otot paralel yang disebut otot abdominis rektal mengalami peregangan. Otot abdominis rektal membentang dari tulang rusuk ke tulang kemaluan sehingga peregangan dapat memperburuk rasa nyeri pada pinggang kiri saat hamil.

5. Stres

5. Stres
Freepik/jcomp

Stres emosional bisa memicu ketegangan otot di pinggang dan punggung yang terasa seperti sakit atau kejang. Ketika Mama mengalami stres selama kehamilan, rasa sakit ini juga akan semakin meningkat. Oleh karenanya, disarankan untuk mengelola stres selama kehamilan agar ketegangan otot dapat diminimalkan. 

Kabar baiknya, sakit pinggang sebelah kiri saat hamil ini bisa berangsur-angsur pulih setelah persalinan, ketika tubuh mulai kembali menyesuaikan diri. Namun, jika Mama merasakan ketidaknyamanan yang sangat mengganggu akibat sakit pinggang sebelah kiri ini, segera periksakan ke dokter. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.