6 Zat Gizi dan Sumber Makanan untuk Diet Kehamilan Trimester Ketiga

Konsumsi makanan bergizi penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin

4 Juni 2020

6 Zat Gizi Sumber Makanan Diet Kehamilan Trimester Ketiga
freepik.com/senivpetro

Selamat datang di trimester ketiga! Mama telah mencapai trimester terakhir sebelum menyambut hadirnya si Kecil ke dunia. Di trimester ketiga ini, mungkin nafsu makan mama akan semakin meningkat meski tubuh sudah semakin berat dan terasa begah. 

Penting untuk mengelola asupan makanan di trimester terakhir ini agar tetap sehat hingga saatnya persalinan tiba. Dukung vitalitas tubuh mama di trimester ketiga ini dengan mengonsumsi aneka makanan sehat yang beragam.

Berikut Popmama.com merangkum daftar zat gizi dan sumber makanan yang dibutuhkan untuk diet kehamilan trimester ketiga'l, dilansir dari parenting.firstcry.com:

1. Makanan kaya akan zat besi

1. Makanan kaya akan zat besi
Pixabay/RitaE

Di trimester ketiga ini, Mama perlu mengonsumsi banyak makanan yang mengandung zat besi demi mencegah anemia selama kehamilan. Anemia selama kehamilan dapat menyebabkan pusing dan mudah lelah, bahkan perdarahan. Konsumsilah makanan yang kaya zat besi seperti daging sapi, olahan susu, telur, dan kacang-kacangan.

2. Makanan kaya protein

2. Makanan kaya protein
freepik.com/rawpixel.com

Trimester akhir adalah masa-masa yang vital. Tubuh mama perlu mendapatkan asupan sekitar 70 gram protein tiap harinya di masa ini untuk membantu pembentukan jaringan tubuh bayi dalam kandungan. Mengonsumsi makanan tinggi protein sangat disarankan di trimester akhir ini, seperti tempe, tahu, biji-bijian, dan ikan. Makanan ini juga akan membantu tubuh mengelola kadar gula darah dan meminimalisasi risiko terkena diabetes.

Editors' Picks

3. Makanan tinggi DHA

3. Makanan tinggi DHA
Freepik/timolina

DHA diperlukan janin untuk pembentukan jaringan otaknya. Oleh karena itu, dukung kebutuhan tersebut dengan mengonsumsi minimal 200 miligram DHA per hari. Kebutuhan ini dapat terpenuhi melalui konsumsi susu, telur, dan buah-buahan setiap harinya.

4. Makanan kaya asam folat

4. Makanan kaya asam folat
Freepik/alhor

Di trimester terakhir ini, Mama perlu memastikan asupan asam folat tercukupi dengan baik. Asam folat berperan untuk pertumbuhan jaringan janin dan menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah. Asam folat bisa didapatkan lewat konsumsi sayuran berdaun hijau, seperti bayam atau selada. Tak hanya itu, kacang-kacangan dan kelompok buah jeruk juga kaya akan asam folat lho, Ma.

5. Makanan tinggi kalsium

5. Makanan tinggi kalsium
Freepik

Tulang-tulang janin semakin menguat di trimester ketiga ini. Makanya, Mama perlu mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium agar kebutuhan tubuh untuk membentuk jaringan kulit, rambut, dan tulang dapat terpenuhi. Kalsium bisa didapatkan dari susu dan olahannya. Untuk variasinya, sayur brokoli, ikan salmon, dan kacang juga tinggi kalsium lho, Ma.

6. Makanan tinggi magnesium

6. Makanan tinggi magnesium
Pixabay/ExplorerBob

Tubuh mama membutuhkan magnesium untuk membantu penyerapan kalsium dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Jadi, penting memasukkan makanan yang tinggi magnesium dalam menu makanan mama sehari-hari yang bisa didapatkan dari kacang almond, biji labu, gandum, dan kacang-kacangan. Makanan-makanan ini juga mencegah kram otot dan menurunkan risiko persalinan prematur.

Selain daftar zat gizi dan sumber makanan yang harus dikonsumsi di trimester ketiga tersebut, penting juga untuk menghindari makanan pedas yang dapat menimbulkan peradangan, sayuran mentah, serta camilan tinggi garam seperti keripik. 

Semoga informasi ini menginspirasi dan selamat menyambut kelahiran si Kecil, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.