TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Tips agar Bayi Tidak Terbangun di Malam Hari

Coba terapkan tips ini supaya Mama dapat beristirahat di malam hari!

Pexels.com/Helena Lopes

Sulit beristirahat saat malam hari merupakan salah satu hal yang mungkin dialami oleh setiap orangtua baru yang memiliki bayi.

Tak sedikit orangtua yang sulit tidur karena si kecil terbangun dan menangis. Umumnya hal ini disebabkan karena bayi merasa lapar, tidak nyaman karena popoknya basah, atau karena lingkungan yang panas.

Nah jika Mama menginginkan pola tidur yang baik, Mama bisa gunakan cara-cara agar si kecil dapat tidur dengan tenang dan nyaman.

Kali ini Popmama.comtelah rangkum dari berbagai sumber beberapa tips agar bayi tidak terbangun di malam hari. Yuk, kita simak!

1. Hindari mengganti popok saat bayi sedang tidur

Pexels/Karolina Grabowska

Sebisa mungkin Mama harus hindari mengganti popok saat si Kecil tidur. Jika memang harus diganti, lakukan dengan hati-hati sehingga tidak akan membangunkannya.

Bila tidak ingin membangungkan si kecil, Mama bisa mengganti popok sebelum tidur, sehingga ia dapat tidur dengan nyaman.

2. Pastikan bayi tidur dalam keadaan kenyang

Pexels/MART PRODUCTION

Bayi yang menangis dan terbangun saat malam hari dapat disebabkan karena lapar.

Untuk menghindari si Kecil terbangun di malam hari, ada baiknya Mama memastikan bahwa ia dalam keadaan kenyang.

 

3. Ajak bayi agar lebih aktif di siang hari

Freepik/wirestock

Mengajak bayi untuk aktif di siang hari dapat membuatnya tidur lebih cepat di malam hari. Mama bisa mengajak si Kecil bermain dengan permainan yang dapat melatih perkembangan motorik.

 

4. Buat kebiasaan baik sebelum tidur

Freepik/Valuavitaly

Untuk membantu agar si kecil tidur dengan tenang, Mama bisa menciptakan kebiasaan-kebiasaan yang baik sebelum tidur.

Setengah jam atau satu jam sebelum waktu tidur Mama bisa memutarkan musik yang menenangkan, memberi usapan atau pijatan lembut, menyanyikan lagu pengantar tidur, dan membacakan cerita.

Kebiasaan sebelum tidur yang konsisten secara bertahap akan membuat si kecil paham bahwa waktunya untuk tidur sudah tiba.

 

 

5. Gunakan iringan suara saat bayi tertidur

Pixabay

Iringan suara seperti instrumen musik, atau bahkan memutarkan suara-suara rintikan hujan dapat membuat si Kecil lebih rileks saat tertidur.

 

6. Matikan lampu saat tidur

pinterest

Mematikan lampu saat tidur membantu bayi memahami antara waktu siang dan malam hari. Ketika ia memahami waktu dan suasana maka ia akan tau waktu tidur.

Tak hanya itu, hal ini juga dapat membantu si kecil mengatur jam tubuhnya untuk mengenali kapan waktu untuk bermain dan kapan waktu beristirahat.

Tidur dalam keadaan lampu yang mati juga membuat suasana lebih tenang.

7. Jauhkan barang elektronik dari bayi

Freepik/cookie_studio

Sebelum tidur bersama si Kecil, pastikan agar Mama menjauhkannya dari barang-barang elektronik.

Hal ini dilakukan agar bayi tidak terganggu dan menangis karena suara bising dan pantulan cahaya dari gadget atau televisi.

Nah, itu dia tips agar bayi tidak terbangun di malam hari. Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

The Latest