Bahaya Sinar Biru Gadget pada Kulit Wajah dan Cara Mengatasinya

Jangan disepelekan, ternyata gadget bisa membuat kulit wajah rusak!

Freepik/Dragana_Gordic

Dalam masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Transisi seperti ini, sebagian orang terpaksa harus tetap di rumah untuk bekerja maupun belajar. Dengan begitu, interaksi kita dengan gadget pun kian bertambah.

Meski terkesan aman-aman saja, namun ternyata paparan 'blue light' atau sinar biru yang dipancarkan layar perangkat digital berdampak buruk bagi kesehatan, termasuk kesehatan kulit wajah.

Bagaimana bisa? Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mencegah dan mengatasinya? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, berikut Popmama.com telah merangkum ulasan lengkapnya!

1. Penyebab sinar biru dapat merusak kulit wajah

Freepik/Benzoix

Seorang dokter kulit di New York, Michelle Henry memperingatkan, semakin dekat kamu dengan gadget yang memancarkan sinar biru, seperti telepon genggam, komputer, televisi, laptop ataupun gadget lainnya, maka dampak bagi kesehatan pun kian bertambah.

"Sinar biru merusak retina dan mengurangi ekskresi (pengeluaran) melatonin, sehingga mengganggu siklus tidur," jelas Henry dikutip dari laman Gulf News.

2. Setiap gadget memiliki paparan sinar biru yang berbeda

Freepik/rawpixel.com

Ia pun menerangkan, masing-masing perangkat digital memiliki tingkat paparan sinar biru yang berbeda. Misalnya, televisi akan lebih sedikit memaparkan sinar biru ketimbang komputer karena jarak antara penonton dengan layar pun lebih jauh.

"Dan lebih banyak cahaya dari ponsel daripada komputer, karena ponsel berada sangat dekat dengan wajah," tuturnya lagi.

Sinar biru tersebut akan menghancurkan kolagen melalui stres oksidatif. Bahan kimia dalam kulit yang disebut flavin akan menyerap sinar biru. Reaksi yang terjadi selama penyerapan tersebut menghasilkan molekul oksigen yang tak stabil yang bisa merusak kulit.

3. Paparan sinar biru lebih berbahaya bagi kulit berwarna

Pexels/Daniel Xavier

Paparan sinar biru disebut lebih bermasalah untuk kulit berwarna. Sebuah penelitian pada 2010 yang diterbitkan The Journal of Investigative Dermatology menemukan bahwa sinar biru mengakibatkan hiperpigmentasi pada kulit sedang hingga gelap. Sedangkan pada kulit yang lebih terang, relatif tak berpengaruh.

4. Cara mencegah kulit wajah dari paparan sinar biru 

Freepik/free picture

Cara paling sederhana untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar biru adalah dengan mengaktifkan modus malam pada perangkat digital, sehingga layar berwarna pun menjadi lebih hangat.

Atau, kamu juga bisa mengganti bohlam LED dengan yang memancarkan sedikit sinar biru. 

5. Cara mengatasi kulit wajah yang terpapat sinar biru

clartici.com

Saran lainnya adalah dengan mengonsumsi vitamin C. Molekul vitamin C cukup kecil untuk menembus kulit.

Agar perlindungan lebih efektif lagi, gunakanlah sunscreen yang cocok dengan jenis kulitmu. Pilihlah physical sunscreen yang lebih light untuk memfilter sinar biru, seperti sunscreen yang mengandung titanium oxide atau zinc oxide. 

Untuk produk perawatan dalam mencegah dan mengatasi kulit wajah yang kusam akibat paparan blue light, kamu bisa menggunakan tiga produk ini: 

Garnier Light Complete Series

shopee.co.id

Rangkaian perawatan kulit Garnier Light Complete dilengkapi dengan ekstrak Lemon Yuzu untuk kulit cerah tanpa noda hitam. Garnier Light Complete mengandung vitamin C dari ekstrak lemon yang membantu menghilangkan kulit kusam dan noda hitam lebih cepat.

Salah satu produk andalan dari series ini adalah serumnya. Garnier Skin Naturals Light Complete White Speed Fairness Serum Cream memiliki formula  SPF19 / PA +++. Kita bisa mencerahkan kulit dalam waktu kurang lebih satu minggu pemakaian lho. Produk ini membantu memudarkan bintik hitam dan mengurangi kusam.

    Laneige Radian C Cream

    Popmama.com/Onic Metheany This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

    Laneige Radian C Cream adalah satu krim multifungsi untuk melindungi wajah dari faktor eksternal perusak kulit sekaligus membuat kulit nampak lebih cerah. Laneige Radian C Cream diformulasikan dari kombinasi 3 vitamin, yang oleh Laneige disebut RadianC Superblend terdiri dari;

    Vitamin C Derivatif :  Vitamin C Generasi baru yang lebih tahan lama dan stabil

    Kandungan ini memiliki anti oksidan tinggi yang mengurangi efek radikal bebas yang disebabkan oleh Sinar UV, apabila dibandingkan dengan vitamin C murni, Vitamin C derivative ini lebih tahan terhadap cahaya dan suhu panas dan juga menyerap sangat cepat di kulit dengan iritasi yang minimal sekaligus memberikan manfaat 100% dari vitamin C itu sendiri.

    Melasolv™ : Bahan yang dapat mencerahkan kulit dan dikembangkan eksklusif dan dipatenkan oleh Laneige.

    Melasolv memiliki 20 kali kekuatan dari niacinamide yang dikenal sebagai zat untuk membuat wajah nampak lebih cerah. Zat ini memperlambat produksi melanin yang sekaligus mampu membuat wajah Nampak lebih cerah.

    Vitamin E :

    Vitamin E merupakan kombinasi terbaik dengan vitamin C karena meningkatkan penyerapan serta memberikan manfaat kandungan dari kedua vitamin lebih lama.

    NIVEA Hokkaido Rose Series

    Popmama.com/Onic Metheany

    Seperti kita ketahui bahwa air mawar mengandung anti oksidan yang bisa menghambat wajah kusam. Kamu bisa menggunakan produk terbaru dari Nivea yaitu NIVEA Hokkaido Rose Series. 

    Series yang terdiri dari NIVEA Hokkaido Rose Whip Facial Foam, NIVEA Hokkaido Rose Oil Infused Micellar, dan NIVEA Deo Deep Serum Hokkaido Rose, ini merupakan rangkaian produk terbaru yang mengandung ekstrak bunga mawar dari Hokkaido, Jepang yang dikenal kaya akan nutrisi untuk kulit. 

    Hokkaido Rose memiliki banyak manfaat bagi kulit, diantaranya kaya akan vitamin A, C dan E sebagai antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel kulit, sehingga kulit tampak lebih sehat dan cerah.

    Hokkaido Rose yang terkandung dalam NIVEA Hokkaido Rose Whip Facial Foam dan NIVEA Hokkaido Rose Oil Infused Micellar juga memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi sehingga dapat membantu menenangkan iritasi pada kulit.

    d.r Nana Novia Sp.KKmenjelaskan “Tingginya paparan sinar ultraviolet, baik yang berasal dari matahari ataupun perangkat rumah tangga seperti lampu dan gadget,dapat membuat kulit terlihat kusam. Nutrisi yang terkandung dalam ekstrak Hokkaido Rose dapat membantu menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tampak lebih sehat dan segar," katanya.

    Nah, itulah kelima fakta mengenai bahaya sinar biru pada gadget beserta cara mencegah dan mengatasinya. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan, ya!

    Baca juga:

    The Latest