TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Yakult?

Berikut fakta mengenai kebolehan Ibu menyusui konsumsi yakult. Yuk, disimak Ma!

yakult.co.id

Ma, beberapa waktu pasca bersalin sering kali membuat kita mengalami konstipasi ya? Buang air besar terasa lebih sulit dari biasanya. Kondisi ini sering membuat kita akhirnya mencari berbagai cara agar buang air besar bisa menjadi lebih lancar.

Beberapa dari Mama mungkin akhirnya memilih konsumsi minuman probiotik seperti yakult sebagai solusinya, karena konsumsi obat sangat terbatas di masa menyusui ini.

Akhirnya minuman bakteri baik yang memperlancar kesehatan pencernaan ini sering kali menjadi jalan ninja Mama untuk mengatasi permasalahan konstipasi.

Namun, sebenarnya apakah Ibu menyusui benar diperbolehkan mengonsumsi minuman jenis ini? Apa saja manfaat mengonsumsi minuman probiotik bagi Ibu menyusui?

Simak informasi mengenai fakta bolehkah ibu menyusui minum Yakult? yang telah dirangkuman oleh Popmama.com berikut ini!

1. Apa itu minuman probiotik?

Pexels/Alicia Harper

Dilansir dari kiinde.com, minuman probiotik adalah jenis minuman yang di dalamnya mengandung mikroorganisme hidup berupa bakteri "baik" yang sama ditemukan dalam usus manusia.

Ada beberapa jenis bakteri yang berbeda yang hidup di usus manusia dan semuanya memiliki tugas yang berbeda. Empat jenis bakteri yang dominan adalah Firmicutes, Bacteroidetes, Actinobacteria, dan Proteobacteria. Bakteri-bakteri ini bertugas untuk menjaga keseimbangan yang baik dalam sistem pencernaan kita, yang membuat kita tetap sehat. 

Mudahnya, tubuh kita mengandung bakteri "baik" dan "jahat". Kurangnya keseimbangan bakteri dalam usus ini dapat menyebabkan penyakit tertentu.Terlalu banyak bakteri jahat dapat membuat Mama sakit, tetapi dengan adanya bakteri baik ia akan berperan seperti imun tubuh yang membantu melawannya. 

Probiotik disini berperan mengisi kembali dan menggantikan jumlah bakteri 'baik' dalam tubuh yang mungkin telah habis karena berperang melawan penyakit, sehingga bakteri baik ini membantu memperlancar pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Bolehkah Ibu menyusui mengonsumsi minuman probiotik?

Freepik/pressfoto

Secara umum, mengonsumsi minuman probiotik saat hamil atau menyusui adalah aman. Dilansir dari verywellfamily.com, seorang konsultan laktasi di Los Angeles, Rebecca Agi MS, IBCLC, menjelaskan,

"Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi Ibu menyusui akan minuman probiotik yang mengandung strain Lactobacillus tertentu, terbukti membantu mengobati mastitis, bahkan memiliki efek terhadapa lama waktu menangis pada bayi mengalami kolik yang berkurang."

Dilansir dari kinfertility.com.au, penelitian juga menunjukkan tidak ada reaksi efek samping negatif yang ditimbulkan melalui ASI dari Ibu yang mengonsumsi minuman probiotik.

Bahkan, disebutkan beberapa bayi justru mengalami peningkatan resistensi terhadap infeksi saluran pernapasan dalam dua tahun pertama kehidupannya.

3. Manfaat konsumsi minuman probiotik selama menyusui?

Freepik/freepik

Berikut beberapa manfaat konsumsi minuman probiotik selama Ibu menyusui seperti yang dilansir melalui verywellfamily.com, diantaranya :

  • Meredakan Mastitis. Mastitis terjadi ketika saluran ASI tersumbat, terjadi inflamasi, bakteri mulai tumbuh di area tersebut, menyebabkan infeksi, pembengkakan, rasa terbakar, kemerahan, nyeri. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minuman probiotik terbukti efektif untuk antibiotik untuk pengobatan mastitis.
  • Pencegahan Eksim. Meskipun setiap orang berbeda, konsumsi probiotik terbukti telah menunjukkan potensi pencegahan dan pengobatan pada kasus dermatitis atopik atau eksim pada bayi.
  • Meningkatkan imunitas tubuh
  • Meningkatkan kesehatan sistem cerna
  • Mencegah Sariawan. Sariawan adalah infeksi jamur pada area mulut. Ketika Mama diresepkan antibiotik sebagai terapi dari kondisi sariawan ini, antibiotik tersebut dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik dan buruk. Konsumsi probiotik berperan dalam membantu keseimbangan kehiduoan bakteri, serta sekaligus memiliki reaksi anti-jamur untuk mengobati sariawan.

4. Bagaimana cara memilih jenis minuman probiotik yang sesuai?

Freepik/Jcomp

Jika dilihat dari jenis olahannya. Selain Yakult, ada beberapa pilihan jenis minuman probiotik lain yang dapat Mama pilih untuk dikonsumsi, seperti kefir, kombucha, maupun yoghurt.

Namun, dalam hal memilih jenis produk minuman probiotik yang sesuai bagi Mama. Ada baiknya Mama berkonsultasi dengan ahli laktasi atau dokter terlebih dahulu.

Mereka akan dapat memberikan jawaban, saran dan masukan akan pilihan produk minuman probiotik yang bisa Mama konsumsi disesuaikan dengan riwayat serta kondisi kesehatan Mama, 

Itulah tadi, Ma informasi mengenai fakta bolehkah ibu menyusui minum Yakult? yang telah dirangkuman oleh Popmama.com!

Baca Juga:

The Latest