TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Vebby Palwinta Bagikan Tips agar Berhasil VBAC, Harus Niat & Tawakal

Melahirkan normal pasca caesar memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa

Instagram.com/vebbypalwinta

Vebby Palwinta dan Razi Bawazier baru saja dikaruniai anak kedua berjenis kelamin laki-laki. Vebby ketahui melahirkan pada Rabu (15/3/2023), di RS Brawijaya, Antasari, Jakarta Selatan.

Di momen persalinan anak kedua, Vebby Palwinta memilih untuk melahirkan secara normal, setelah sebelumnya melahirkan anak pertama secara caesar. Dalam istilah medis, ini disebut juga sebagai VBAC (Vaginal Birth After C-Section).

Melalui Instagram pribadinya, Vebby menyebut jika ada banyak keuntungan jika Mama menjalani VBAC. Salah satunya proses pemulihan yang dianggap lebih cepat. Namun di satu sisi, ia mengatakan jika melahirkan VBAC itu perlu niat yang kuat, serta butuh dukungan dari orang terdekat.

Dirangkum Popmama.com, berikut ini Vebby Palwinta bagikan tips agar berhasil VBAC. Buat Mama yang berencana melahirkan normal pasca caesar, wajib simak ya!

1. Mantapkan niat dan ikhtiar untuk mencari dokter

Instagram.com/vebbypalwinta

Tips pertama yang dibagikan Vebby Palwinta yaitu Mama harus mantapkan niat jika ingin VBAC.

Setelah itu, mulailah untuk berikhtiar mencari dokter yang memiliki pengalaman untuk menangani VBAC. Dalam hal ini, Vebby dan suami juga mencari banyak informasi mengenai VBAC dan rumah sakit yang nyaman untuk melahirkan nantinya.

“Harus sering konsul sama dokternya, biasanya dokter akan cek beberapa hal kalo mau Vbac. Bekas jaitan sc juga mesti make sure ok dinding rahimnya,” tulis Vebby Palwinta dalam Instagram Story-nya.

2. Dapatkan support dari orang terdekat

Instagram.com/vebbypalwinta

Setelah berusaha mencari dokter dan rumah sakit, Mama tentu harus minta dukungan dari orang terdekat agar bisa menjalani VBAC. Dalam hal ini, Vebby meminta dukungan dari suami dan keluarga terdekatnya.

“Pengalaman ku pasti banyak nanti yg ngomong ‘emang bisa ya??’, ‘kayaknya ga bisa deh harus sc lagi!’ dan negative negative vibes yang bikin alam bawah sadar kita drop dan pesimis. Makanya ga perlu di denger in tutup kuping aja. Yang terpenting pasangan dan keluarga dekat kita support kita,” tambahnya.

3. Perbanyak berdoa dan minta kemudahan pada Tuhan

Instagram.com/vebbypalwinta

Selain itu, satu hal yang nggak kalah penting Mama juga harus perbanyak doa. Niat yang bulat, tentu harus diimbangi juga dengan doa kepada Tuhan.

Dengan berdoa, kita berharap agar apa yang direncanakan bisa dimudahkan nantinya. Hal ini juga yang dilakukan Vebby Palwinta selama menjalani kehamilan dan jelang persalinan.

“banyak doa dan minta kemudahan sama Allah, ajak ngobrol bayinya juga biar nanti ngebantu proses bersalin nya, bisa bekerjasama yang baik,” kata Vebby.

4. Pastikan memilih tim medis yang solid untuk memudahkan proses persalinan

Instagram.com/vebbypalwinta

Tips berikutnya dari Vebby Palwinta yaitu Mama harus memiliki tim yang solid. Mulai dari dokter, perawat, serta orang-orang yang berada di ruang bersalin. Karena hal ini bisa bantu memberikan kenyamanan serta suasana positif bagi Mama yang hendak melahirkan.

“Orang-orang yang berada dalam ruangan itu harus positive kasih suggest nya, kalo pun ada omongan di denger kurang enak. Harus ada org yang nyemangatin lagi. (Ini case kalo gampang drop ya orangnya kaya aku hahaa),” ungkapnya.

5. Berusaha untuk ikhlas dan tawakal

Instagram.com/vebbypalwinta

Terakhir, jika berencana untuk melahirkan normal pasca caesar, Mama harus berusaha untuk ikhlas dan tawakal. Ini jadi bagian yang cukup penting bagi Vebby Palwinta.

Sebab ia menyadari bahwa di dalam setiap proses persalinan, segala sesuatu bisa saja terjadi. Sehingga jika rencana VBAC tak bisa dilakukan, tentu kita harus menerima dengan lapang dada apapun keputusan terbaik nantinya. Karena yang terpenting saat melahirkan adalah Ibu serta bayinya lahir dengan sehat dan selamat.

“Jadi kalo pun ketika seperjalanan nya tiba-tiba qadarullah ada parameter jelas dari dokternya yang menyarakan ga bs yasudah gapapa,” kata Vebby.

Demikian tadi tips agar berhasil VBAC dari Vebby Palwinta yang baru saja melahirkan anak kedua. Untuk Mama yang berencana menjalani VBAC, tak perlu khawatir ya. Sebab pada dasarnya, melahirkan secara normal atau caesar itu sama saja, sama-sama butuh perjuangan.

Baca juga:

The Latest