TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Tips Melahirkan secara Normal, Kurangi Stres selama Kehamilan

Untuk melahirkan secara normal, Mama perlu persiapan khusus untuk menyambut sang bayi

Freepik/@wavebreakmedia_micro

Persalinan normal merupakan persalinan yang dilakukan secara langsung melalui vagina seorang ibu tanpa adanya proses bedah.

Kelahiran dengan persalinan normal biasanya dibantu secara dorongan manual maupun melalui proses induksi.

Banyak ahli yang mengatakan proses melahirkan secara normal ini baik bagi perkembangan Mama dan anak, namun tidak menutup kemungkinan apabila diharuskan untuk operasi caesar untuk keselamatan keduanya.

Untuk membantu mama mempersiapkan diri agar dapat membantu melahirkan secara normal, berikut Popmama.com sajikan tipsnya.

1. Kurangi pemicu stres

Freepik/nakaridore

Stres berlebihan akan menganggu tumbuh kembang bayi di dalam kandungan yang dapat mengakibatkan kurangnya berat badan bayi dan berisiko mengakibatkan prematur pada bayi.

Oleh karenanya bagi para Mama cobalah untuk mengelola stres dengan baik dan stabil agar pikiran tetap positif saat masa kehamilan, hal ini dapat dilakukan dengan membaca buku, mendengarkan musik, maupun berjalan santai.

Sesekali Mama juga dapat pergi berlibur dengan santai agar mama dapat menenangkan diri dan menghindari diri dari pemicu stres yang dapat merugikan kamu dan sang bayi.

2. Mengonsumsi makanan bergizi

Freepik/our-team

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi diperlukan bagi sang Mama yang sedang dalam masa kehamilan, hal ini dikarenakan kondisi fisik dan mental harus berada dalam performa yang baik.

Ada beberapa tips untuk mama dalam memilih makanan seperti, cari makanan yang tinggi antioksidan dan vitamin, tinggi zat besi, kurangi asupan gula, konsumsi vitamin kehamilan untuk memastikan tubuh mendapatkan nutrisi ekstra yang dibutuhkan oleh mama dan sang bayi.

Dengan menjaga asupan makan yang baik dan benar kondisi tubuh mama akan semakin kuat dan tumbuh kembang bayi menjadi lebih baik.

3. Rajin berolahraga

Freepik/senivpetro

Saat masa kehamilan banyak manfaat yang akan di dapatkan ketika mama rajin berolahraga, salah satunya ialah mengurangi rasa keram perut dan meningkatkan energi Mama.

Selain itu dengan rajin berolahraga, akan membantu mengarahkan sang bayi untuk berada di posisi yang tepat.

Mama dapat melakukan beberapa olahraga ringan di masa kehamilan agar dapat membantu persalinan normal seperti yoga dan jalan pagi santai.

4. Mengetahui edukasi mengenai persiapan kelahiran dan parenting

Freepik/tirachardz

Saat memasuki masa kehamilan banyak sekali ketakutan-ketakutan yang akan di hadapi oleh seorang Mama baru. 

Untuk itu penting bagi Mama untuk mempelajari edukasi mengenai persiapan kelahiran, Mama bisa memulai mencari beberapa buku tentang kehamilan, menyusui, dan cara mengurus bayi lainnya di toko buku terdekat maupun ebook.

Mama juga bisa nih follow beberapa influencer parenting lainnya seperti @vendryana, @monaratuliu, dan lainnya yang dapat memberikan beberapa informasi menarik untuk mama mengenai parenting dan informasi mengenai kelahiran.

5. Istirahat yang cukup

Freepik/lookstudio

Ketika berada di masa kehamilan susah bagi mama untuk mendapatkan tidur yang cukup dan puas, hal ini dikarenakan sulit bagi Mama untuk menentukan posisi tidur yang tepat.

Posisi berbaring di sisi kiri dengan bantal di antara lutut dan satu lagi di bawah perut dapat membantu menghilangkan tekanan dari punggung bawah agar merasa nyaman.

Mama juga dapat menggunakan aromatheraphy untuk membantu menenangkan pikiran agar dapat tertidur dengan mudah dan sehingga Mama memiliki istirahat yang cukup agar bisa membantu melahirkan secara normal.

6.Kelilingi diri dengan support system

Freepik/drobotdean

Memilih keputusan untuk melahirkan secara normal merupakan hal yang harus dikomunikasikan antara pasangan.

Dukungan Papa di masa kehamilan Mama sangat berarti untuk menenangkan pikiran kamu agar tidak cemas dan membentuk pemikiran positif yang membantu melancarkan kelahiran secara normal.

Oh ya! Mama juga bisa didampingi seorang doula yang dapat membantu menenangkan diri saat persalinan secara profesional.

7. Berkonsultasi dengan dokter persalinan mama

Freepik/DCStudio

Konsultasikan keinginan Mama untuk melahirkan secara normal dengan dokter persalinan yang tepat.

Dokter persalinan yang tepat akan membantu mama mencari solusi dan cara agar mama dapat melahirkan secara normal.

Namun, apabila tidak mungkin untuk dilakukan persalinan secara normal, Mama tetap harus mengikuti arahan dokter untuk pilihan aman yang terbaik bagi Mama dan sang Bayi ya.

8. Mengonsumsi air mineral yang banyak

Freepik/yanalya

Menjaga cairan di dalam tubuh sangat penting untuk dilakukan oleh mama agar tetap terhidrasi.

American Pregnancy Association merekomendasikan untuk meminum 8 hingga 12 gelas air setiap hari bagi para ibu hamil. Meminum banyak air akan menggantikan cairan yang hilang bagi para ibu hamil akibat intensitas kegerahan yang meningkat di masa kehamilan.

Berikut beberapa tips yang dapat Popmama.com sajikan untuk membantu mempersiapkan kelahiran secara normal, jangan lupa diterapkan ya Ma!

Baca juga:

The Latest