TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Manfaat Kacang Arab untuk Ibu Hamil

Kacang arab kaya akan karbohidrat, serat, dan protein

Unsplash.com/enginakyurt

Kacang arab termasuk dalam kategori kacang-kacangan yang kaya akan karbohidrat, serat, dan protein. Manfaatnya bagi ibu hamil juga sangat banyak lho, Ma! 

Biasa didapatkan sebagai oleh-oleh khas Arab, kacang arab bisa Mama konsumsi sebagai camilan yang sehat dan bergizi selama kehamilan. Alih-alih memilih junk food yang tidak sehat, cobalah mengonsumsi makanan sehat seperti kacang arab ini.

Namun, pastikan Mama mengonsumsi kacang arab yang matang, karena mengonsumsi kacang arab mentah dapat menyebabkan masalah pencernaan mama.

Selain itu, hindari mengonsumsi kacang arab kalengan mengingat kandungan sodium pada makanan kaleng yang tinggi. 

Untuk Mama yang ingin tahu apa saja manfaat dari kacang arab, berikut 6 manfaat kacang arab untuk ibu hamil yang telah dirangkum Popmama.com di bawah ini:

1. Mencegah cacat lahir

Unsplash/tablas08

Salah satu nutrisi yang dikandung oleh kacang arab adalah folat. Folat merupakan nutrisi penting untuk kehamilan, karena membantu pertumbuhan dan mencegah kecacatan pada bayi.

Karena kacang arab merupakan sumber alami nutrisi ini, sebaiknya Mama sertakan kacang arab dalam menu harian Mama!

2. Mengendalikan kadar diabetes gestasional

Unsplash/runningonrealfood

Untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali selama kehamilan, maka Mama perlu menambahkan lebih banyak serat ke dalam makanan.

Salah satu sumber serat yang dapat menjadi menu makanan mama adalah kacang arab.

3. Melindungi bayi dari asma

Unsplash.com/jonathanborba

Menurut artikel kesehatan Intermountain Healthcare (2016), ibu hamil yang mengonsumsi makanan yang kaya serat dalam jumlah tinggi mampu mengurangi risiko asma pada janin. Seperti yang telah dijelaskan sebelum bahwa kacang arab kaya akan serat, Ma.

Untuk itu, cobalah masukan kacang arab dalam menu harian mama.

4. Mengatasi sembelit

Unsplash.com/paoalchapar

Sembelit adalah salah satu keluhan yang sering dikeluhkan ibu hamil. Mengonsumsi makanan seperti kacang arab yang kaya akan serat, dapat membantu Mama mengatasi keluhan ini selama kehamilan.

5. Membantu pertumbuhan janin

Unsplash.com/freestocks

Kacang arab juga kaya akan protein, Ma. Protein sangatlah baik dalam mendukung perkembangan, serta menjaga jaringan dan otot tubuh janin.

Dengan terdukungnya hal-hal ini, maka pertumbuhan janin akan semakin lebih baik.

6. Mengurangi risiko anemia

Unsplash.com/lunarts

Mengonsumsi makanan kaya zat besi dapat mencegah anemia atau mengurangi risikonya. Kacang arab adalah salah satu sumber zat besi yang baik untuk ibu hamil.

Hindari Konsumsi Makan Kacang Arab jika Ibu Hamil Mengalami Ini

Unsplash/enginakyurt

Meskipun kaya akan nutrisi, kacang arab harus dihindari apabila Mama memiliki kondisi-kondisi di bawah ini:

  1. Alergi terhadap kacang-kacangan. Efek samping yang dapat Mama rasakan adalah gatal, kembung, masalah pernapasan, sakit kepala, jerawat, dan kelelahan.
  2. Diare atau masalah usus lainnya. Apabila Mama menemukan kondisi ini, sebaiknya hindari atau kurangi konsumsi makanan kaya serat selama kehamilan.
  3. Sakit perut atau merasa kembung. Mama dapat menghindari konsumsi kacang arab atau coba menikmatinya dengan cara yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh sifat kacang arab yang dalam proses pencernaannya menghasilkan gas.

Beberapa cara pengolahan kacang arab yang lezat

Unsplash/nicubarbaros

Selain direbus atau dipanggang sebagai camilan, Mama bisa mengolah kacang arab dengan berbagai cara ini agar semakin lezat:

  1. Buat kari dengan bahan tambahan kacang ini, lalu sajikan dengan nasi.
  2. Mengolah kacang arab menjadi saus hummus yang populer.
  3. Merebus kacang arab dan dicampurkan dengan sayuran favorit Mama untuk disajikan sebagai salad.
  4. Merebus kacang arab lalu menumbuknya sampai halus, sebelum mencampurkannya dengan sup agar tekstur sup menjadi lebih kental.

Itu tadi manfaat kacang arab untuk ibu hamil. Apa camilan favorit Mama selama kehamilan? Stay healthy, Mama!

Baca juga:

The Latest