TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Artis yang Pernah Mengalami Blighted Ovum atau Kehamilan Kosong

Blighted ovum merupakan kehamilan yang terjadi saat embrio di dalam janin gagal berkembang

Instagram.com/sandradewi88/mrssharena

Kehamilan kosong atau blighted ovum adalah kehamilan yang terjadi dengan kondisi janin di dalamnya tidak berkembang.

Dalam dunia kesehatan, masalah kehamilan ini juga dikenal dengan istilah anembryonic gestation dan menjadi salah satu penyebab keguguran di usia kehamilan trimester pertama.

Blighted ovum bisa terjadi karena adanya kelainan kromosom akibat pembelahan sel yang terjadi tidak sempurna, atau bisa juga karena kualitas sperma maupun ovum tidak baik.

Ketika seorang perempuan mengalami kehamilan kosong, sel sperma dan ovum di dalamnya tetap melakukan pembuahan. Tetapi, hasil pembuahan tersebut tidak berkembang menjadi embrio.

Kondisi kehamilan kosong juga pernah dialami oleh sejumlah artis. Berikut Popmama.com merangkum artis yang pernah mengalami blighted ovum atau kehamilan kosong. Ada siapa saja?

1. Titi Kamal

Instagram.com/titi_kamall

Pertama ada Titi Kamal yang sempat melewati fase di mana embrio di dalam janinnya tidak berkembang. Mama dua anak ini mengungkapkan bahwa keguguran yang dialami sebelum dikaruniai anak pertama itu terjadi akibat kehamilan kosong alias blighted ovum.

Meski sempat keguguran, Titi Kamal mengaku tidak mau ambil pusing soal kehamilan.Istri dari Christian Sugiono lebih memilih untuk mendapatkan kehamilan lewat cara alami. 

2. Sandra Dewi

Instagram.com/titi_kamall

Walaupun kini sudah mempunyai dua orang anak berjenis kelamin laki-laki, rupanya Sandra Dewi juga pernah mengalami janin tidak berkembang atau blighted ovum. Kejadian itu dirasakannya sebelum dikaruniai anak pertama.

Dari dari hasil pemeriksaan usai berkonsultasi dengan dokter, Sandra Dewi diminta istirahat tiga bulan. Barulah setelah itu Sandra Dewi diizinkan hamil lagi.

3. Shanty, istri Denny Cagur

Instagram.com/shantydenny

Sejak tahun 2019, Denny Cagur dan Shanty mendambakan kehadiran anak ketiga dalam kehidupan rumah tangga mereka. Oleh karena itu, pasangan yang menikah pada 15 Januari 2006 ini memutuskan untuk melakukan proses bayi tabung.

Namun sayangnya, proses tersebut tidak berjalan lancar karena embrio yang dikandung Shanty tidak berkembang. Alhasil, ia harus mengugurkan kandungannya yang kala itu baru berusia tujuh minggu.

4. Sharena Delon

Instagram.com/mrssharena

Tidak banyak yang tahu bahwa aktris Sharena Delon sempat mengalami blighted ovum atau hamil kosong. Melalui akun Instagram pribadinya, istri dari Ryan Delon ini berbagi pengalaman sedihnya ketika didiagnosa dokter mengalami kehamilan kosong.

Peristiwa itu terjadi pada Mei 2017 lalu. Ketika usia kandungannya menginjak tujuh minggu, Sharena mempunyai firasat buruk karena merasa tidak enak badan. Ketika diperiksa ke dokter, terungkap bahwa kandungannya tidak memiliki detak jantung dan didiagnosa mengalami blighted ovum.

5. Stella Cornelia eks JKT48

Instagram.com/stellarcor

Pada tahun 2018 lalu, mantan personel JKT48, Stella Cornelia, sempat kehilangan calon bayinya lantaran janin dalam kandungannya tidak berkembang.

Ketika melakukan USG kandungan, dokter mengungkapkan bahwa istri dari Fendy Chow ini mengalami blighted ovum atau kehamilan kosong.

Kala itu, janin dalam kandungan Stella baru berusia dua bulan lebih. Keguguran yang dialaminya membuat Stella shock sekaligus terpukul.

    6. Patricia Gouw

    Popmama.com/Avifah Sinta Suharyono

    Patricia Gouw atau yang dikenal Patgouw kini sedang hamil anak pertama. Sebelum positif hamil, ia sempat mengalami bligthed ovum jug, Ma. Tak hanya itu, menurut pengakuan Patricia, ia juga sudah beberapa kali mengalami kegagalan.

    "My dream is coming true (soon). Krn uda pernah gagal bbrp x dan ini masih panjang perjalanannya, please keep us in ur prayers for a healthy pregnancy ya onty uncle botitah topitah online kuh," tulisnya pada keterangan di videonya di Instagram pribadinya.

    Itulah tadi deretan artis yang pernah mengalami blighted ovum atau kehamilan kosong. Semoga kisah mereka ini bisa menjadi pembelajaran bagi pasangan suami istri yang sedang merencanakan kehamilan.

    Baca juga:

    The Latest