11 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesuburan dan Mempercepat Kehamilan

Bisa mengurangi kanker reproduksi, lho!

Pexels/Pixabay

Sebagai negeri yang dikenal karena banyanya rempah-rempah, tentu kunyit sudah tidak asing lagi ditelinga, bukan? Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman remah yang banyak dijumpai di Indonesia.

Jika biasanya kunyit kuning yang memiliki warna oranye digunakan sebagai jamu. Masih ada kunyit lain yang kurang diketahui, yaitu kunyit putih atau dengan nama latin Curcuma mangga.

Manfaat kunyit putih memang tidak sepopuler kunyit kuning yang sudah banyak dimanfaatkan sebagai jamu ataupun bumbu masakan. Padahal, kunyit putih terkenal dalam tanaman rempah yang memiliki banyak kandungan di dalamnya yang dapat dimanfaatkan untuk obat tradisional. 

Salah satunya untuk kesuburan perempuan agar cepat hamil.

Meskipun ada banyak perawatan yang tersedia, pengobatan rumahan menggunakan kunyit putih untuk kesuburan selalu dipercaya efektif dalam proses kehamilan. Hal ini karena kunyit sebagai agen antiseptik dan anti-bakteri alami dan dikenal luas karena khasiat obatnya termasuk meningkatkan kesuburan.

Lantas manfaat apa yang didapat dari kunyit putih untuk kehamilan? Berikut Popmama.com telah merangkumnya buat kamu. Disimak, ya!

1. Mengatasi gangguan saat haid

Freepik

Kunyit putih dipercaya sangat ampuh dalam emngatasi berbagai permasalahan gangguan perempuan saat memasuki periode mesnsturasi.

Biasanya perempuan yang mengalami gangguan saat mesntruasi baik karena penyakit yang terjadi pada rahim ataupun saluran reproduksi, maka darah yang mengalir biasanya menjadi tidak lancar.

Jika sudah seperti itu, biasanya akan berakibat bisa menyebabkan darah beku pada rahim. Dengan mengonsumsi kunyit putih yang mengandung senyawa ini akan merangsang gerakan aliran darah pada bagian rahim dan panggul.

2. Mengatasi kandungan lemah

Freepik/Alexander-safonov

Salah satu yang menjadi penghambat kehamilan perempuan adalah masalah kandungan atau rahim yang lemah. Tidak hanya memperhambat, bahkan sering menjadi penyebab terjadinya keguguran saat hamil.

Ada banyak penyebab kandungan yang lemah, diantaranya karena penyakit PCOS atau kumpulan gejala yang ditandai dengan ketidakseimbangan hormon yang dapat terjadi pada wanita di usia subur.

Penderita yang mengalami penyakit ini biasanya akan memiliki kadar testosteron yang sangat tinggi. Kemudian akan menghambat ovulasi dan menstruasi serta sel telur yang tidak matang sempurna.

Dengan meminum kunyit putih ternyata bisa mengatasi semua masalah ini lho, karena kunyit putih bisa meningkatkan siklus aliran darah pada rahim dan menjaga keseimbangan hormon.

3. Merangsang peredaran darah

Freepik

Kunyit putih juga dikenal baik untuk merangsang peredaran darah pada bagian rahim dan sekitarnya.

Peredarah darah yang lancar sangat penting untuk kesuburan karena bisa membantu perempuan memiiki kualitas sel telur yang jauh lebih sehat.

Kunyit dipercaya akan meningkatkan kerja rahim sehingga bisa mendapatkan aliran darah yang sesuai. Biasanya kunyit putih dikonsumsi oleh perempuan usia subur atau perempuan dewasa yang tidak sedang hamil.

Namun, saat sedang hamil pun kamu bisa mengonsumsi kunyit putih agar bisa meningkatkan kontraksi sehingga tidak ada risiko kelahiran prematur.

4. Mengurangi risiko kanker reproduksi

theanandic.com

Dalam kunyit putih terkandung zat curcuminoids yang sangat penting untuk mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker pada rahim.

Senyawa jenis ini bisa mencegah perkembangan sel pada bagian serviks dan organ reproduksi lainnya.

Dengan meminum kunyit putih sedari remaja bisa mencegah semua risiko penyakit ini lho. Sebab kunyit putih juga akan membantu perempuan memiliki hormon seimbang sehingga berpeluang untuk mempercepat kehamilan.

5. Mengatasi endometriosis

Freepik/suthiporn.hanchana

Setiap wanita bisa mengalami gangguan seperti endometriosis atau kondisi di mana jaringan yang seharusnya melapisi dinding rahim (endometrium) tumbuh dan menumpuk di luar rahim.

 Ada banyak penyebab endometriosis yang terjadi secara alami sehingga sulit untuk dicegah.

Penyakit ini akan menyebabkan sel endometrium yang melapisi rahim bisa tumbuh di bagian luar rahim yang menyebabkan perempuan sulit hamil.

Sebelum memilih opsi untuk melakukan operasi operasi kista endometriosis, kamu bisa menggunakan obat tradisional menggunakan kunyit putih.

Mengonsumsi kunyit putih bisa membantu sel-sel tersebut kembali normal sehingga tidak menyebabkan penumpukan sel dalam rahim. Kemudian juga akan mencegah stres oksidatif dari dalam sehingga sel dalam organ rahim menjadi lebih sehat.

6. Mengatasi leukorea atau keputihan

Freepik/spukkato

Semua wanita tentunya pernah mengalami keputihan. Tidak semabarang, perempuan harus memperhatikan berbagai ciri-ciri keputihan yang berbahaya, karena keputihan yang berbahaya bisa menjadi hambatan untuk hamil.

Salah satunya keputihan yang tebal dan berbau tajam sering terjadi karena adanya infeksi bakteri, jamur atau virus.

Jika semua penyebab infeksi sudah menyebar sampai organ reproduksi dalam, maka akan sulit untuk hamil.

Kamu bisa memanfaatkan kunyit putih untuk mencuci area intim agar semua penyebab infeksi itu tidak sampai ke organ dalam. Selain untuk mencegah infeksi ke organ dalam, ramuan ini juga bisa membuat bagian intim menjadi lebih bersih.

Bacajuga:

7. Mengatasi mTss (Menstrual toxic shock syndrome)

Freepik

Ketika sedang memasuki masa menstruasi, biasanya perempuan akan menggunakan pembalut. Namun banyak hal yang sering diabaikan oleh perempuan, diantaranya memilih pembalut yang salah dan menggunakan pembalut dalam waktu yang lama.

Kesalahan tersebut bisa menyebabkan infeksi bakteri yang nantinya masuk ke organ reproduksi dalam. Gejala dari sindrom ini termasuk seperti demam, muntah, tekanan darah yang rendah dan sangat lemah. Jika sudah parah maka bisa merusak organ dalam sehingga pad akhirnya akan mengalami kesulitan untuk hamil.

Meminum teh kunyit putih sangat baik dan dianjurkan untuk mengatasi masalah ini dan juga bisa digunakan untuk mencuci area intim. Tetap ingat untuk selalu mengganti pembalut agar selalu bersih, ya.

8. Mengatasi menstruasi tidak teratur

Freepik

Memiliki masalah mensturasi tidak teratur tentu sering dialami oleh banyak perempuan. Ada banyak penyebab mesntruasi tidak teratur yang terjadi sejak usia remaja atau lebih tua. Masalah ini biasanya terjadi karena keseimbangan hormon yang bermasalah serta kemungkinan resiko infeksi pada organ reproduksi.

Kandungan pada kunyit putih yaitu antipasmodiak ternyata baik untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur dan sakit selama menstruasi. Bahan ini juga akan membantu melancarkan menstruasi sehingga tidak terjadi kram perut saat menstruasi. Dengan begitu menstruasi menjadi lebih teratur dan sel telur akan matang pada bulan berikutnya.

9. Mengatasi fibroid

Pixabay/Contato1034

Fibroid adalah masalah reproduksi yang banyak dialami oleh wanita. Fibroid sendiri adalah tumor jinak yang terjadi di bagian atas atau di dalam otot rahim. Penyakit ini akan menyebabkan pertumbuhan sel bukan kanker yang tumbuh selama masa subur.

Kunyit putih menjadi salah satu bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalah ini secara alami. Para peneliti membuktikan jika senyawa curcumin dalam kunyit putih bisa membuat pertumbuhan sel terhenti dan meluruh.

Fibroid ternyata bisa menjadi salah satu penyakit yang menghambat kehamilan, untuk menghindari hal itu, kamu bisa mengonsumsi kunyit putih sejak sudah mulai mentruasi pertama kalinya.

10. Menjaga keseimbangan hormon

arwini.com

Sudah menjadi hal wajar jika perempuan mengalami perubahan hormon setiap bulannya. Terlebih ketika sudah memasuki menstruasi dan masa ovulasi. Namun terkadang perubahan hormon ini tidak terjadi secara teratur atau tidak kembali seperti semula.

Ini juga bisa menyebabkan salah satu hormon menjadi tinggi dan membuat sel telur rusak sebelum matang. Dengan mengonsumsi minuman kunyit putih bisa menjaga keseimbangan hormon secara alami. Dampaknya tentu sangat baik untuk kesuburan dan membuat perempuan menjadi cepat hamil setelah menikah.

11. Mengatasi kista ovarium

Hellosehat.com

Sering mengalami sakit atau kram perut saat menstruasi? Jangan panik, itu wajar terjadi pada banyak perempuan. Namun, saat sakit menstruasi semakin parah dan terjadi dalam waktu yang sering, bisa saja terjadi gejala adanya kista di rahim. 

Penyakit ini dianggap sebagai penghambat kehamilan seorang perempuan, karena kista bisa merusak sel telur dan juga bisa terjadi ovulasi palsu. Minuman yang terbuat dari kunyit putih bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan darah pada rahim. Selain itu, kunyit putih nantinya akan menghambat terbentuknya sel kista pada rahim.

Hal ini jugalah yang mendorong perempuan mendapatkan siklus menstruasi teratur serta ovulasi yang sempurna.

Jadi itulah 11 manfaat kunyit putih untuk kesuburan wanita agar cepat hamil. Baik berupa bubuk, minuman, atau ramuan lainnya yang terbuat dari kunyit putih, kamu bisa mengonsumsinya untuk membantu program kehamilan.

Kunyit putih juga tidak akan menyebabkan efek samping selama dikonsumsi dengan tidak berlebihan dan menggunakan kunyit putih yang alami atau bukan olahan.

Yuk, rasakan sendiri khasiat dari kunyit putih untuk membantu proses kehamilan yang cepat.

The Latest