TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Pepino?

Buah yang berasal dari pegunungan Andes ini menawarkan manfaat bagi kesehatan, Ma

plantura.garden

Beberapa dari Mama mungkin masih cukup asing bila mendengar nama buah pepino. Di Indonesia, buah pepino memiliki beragam sebutan, mulai dari buah melodi, husada dewa, puspita, timun manis, dan lain sebagainya.

Bagi sebagian orang, pepino dijadikan sebagai tanaman hias. Di samping itu, ada pula yang memanfaatkan buah ini sebagai obat untuk mengatasi penyakit maag, kolesterol, dan hipertensi.

Di antara Mama yang sedang hamil pun mungkin juga ingin mencoba mencicipi buah ini atau merasakan khasiatnya. Namun, apakah ibu hamil boleh makan buah pepino? Apa saja kandungan nutrisi yang bisa didapatkan?

Untuk mengetahui penjelasan selengkapnya mengenai kebolehan ibu hamil makan buah pepino, Mama wajib simak artikel yang telah Popmama.comrangkum berikut ini. Yuk, simak sampai akhir!

Apa Itu Buah Pepino?

eatme.eu

Perlu diketahui, pepino adalah buah yang berasal dari wilayah Andes, Amerika Selatan. Buah dengan nama latin solanum muricatum ini termasuk dalam keluarga terung-terungan.

Buah pepino yang ditanam di Indonesia umumnya memiliki ukuran sebesar ubi jalar serta berbentuk bulat atau lonjong mirip seperti telur. Kulit dari buah ini berwarna kuning dengan belang-belang ungu atau kecokelatan.

Selain itu, buah pepino memiliki rasa menyegarkan karena kandungan air yang cukup tinggi serta aromanya begitu harum. Ketika dibelah, warna daging buah pepino tampak kekuningan seperti melon, tetapi teksturnya sedikit keras seperti mentimun.

Kandungan Nutrisi pada Buah Pepino

Pixabay/tegrafik

Di tahun 2005, Laboratorium Uji Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian UGM telah meneliti kandungan nutrisi dalam buah pepino. Beberapa komponen di dalamnya yang memiliki khasiat antara lain meliputi:

  • Vitamin C
  • Protein
  • Serat
  • Lemak
  • Beta-karoten

Selain itu, beberapa sumber lain menyebut bahwa buah pepino juga memiliki kandungan folat atau vitamin B9 yang bermanfaat bagi kesehatan.

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Buah Pepino?

plantura.garden

Kabar baiknya, buah pepino boleh dan aman dikonsumsi bagi ibu hamil lho, Ma. Bahkan, buah pepino disebut bisa memberikan nutrisi yang sangat baik untuk kehamilan.

Dilansir dari situs Eat Pregnant, buah pepino memiliki kandungan vitamin B9 atau biasa disebut asam folat. Kandungan ini dapat membantu janin di dalam kandungan untuk mengembangkan sistem sarafnya.

Serat yang terkandung dalam buat ini juga dapat melancarkan saluran pencernaan sekaligus mengurangi risiko sembelit pada ibu hamil.

Jadi, makan buah pepino saat hamil justru baik untuk menambah asupan vitamin, antioksidan, mineral, magnesium, potasium, air, dan berbagai nutrisi lain yang penting bagi Mama dan janin.

Manfaat Buah Pepino bagi Kesehatan

plantura.garden

Selain bermanfaat bagi kehamilan Mama, konsumsi buah pepino turut menawarkan manfaat lain bagi kesehatan, baik sebagai obat atau mencegah penyakit tertentu. Adapun beberapa manfaat buah pepino bagi kesehatan di antaranya meliputi:

1. Mengobati tekanan darah tinggi

Konsumsi buah pepino ternyata bisa membantu mengatasi masalah hipertensi, Ma. Berdasarkan hasil studi, olahan susu pepino yang difermentasi dengan lactobacillus brevis bisa memberikan efek antihipertensi serta antiradang.

Selain itu, tikus yang diberi susu pepino dalam uji coba menunjukkan penurunan tekanan darah sistolik yang signifikan. Oleh sebab itu, peneliti berkesimpulan jika buah pepino berpotensi dikonsumsi sebagai asupan sehat.

2. Membantu mengatur kadar gula darah

Selanjutnya, ekstrak pepino mempunyai efek antioksidan, anti-radang, serta anti-glikasi. Itulah mengapa, buah pepino baik untuk menghambat perkembangan diabetes serta membantu mengatur kadar gula darah. Manfaat ini juga dibuktikan melalui penelitian, salah satunya dalam Journal of the Science of Food and Agriculture.

3. Menghambat penyebaran kanker

Manfaat lain dari buah pepino ternyata juga bisa menghambat penyebaran kanker atau metastasis. Padahal, terjadinya kematian pada pengidap kanker disebabkan oleh menyebarnya sel-sel kanker ke bagian tubuh lainnya yang sulit terkendali.

Efek Samping Makan Buah Pepino saat Hamil

Pixabay/Buntysmum

Mama tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi buah pepino saat hamil. Satu-satunya risiko dari konsumsi buah ini selama kehamilan hanyalah toksoplasmosis.

Toksoplasmosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit di dalam tanah pada tanaman atau bisa pula ditularkan oleh kucing. Penyebab dari toksoplasma biasanya karena mengonsumsi buah dan sayuran mentah yang tidak dicuci bersih.

Bakteri toksoplasmosis bisa terbawa oleh tanah maupun kotoran yang menempel pada buah dan sayuran mentah. Itulah sebabnya, konsumsi sayur dan buah apapun, termasuk pepino, sebaiknya perlu dicuci dengan benar dan bersih apabila ingin dimakan mentah.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai bolehkah ibu hamil makan buah pepino. Sebagaimana yang telah diterangkan di atas, ibu hamil sangat boleh mengonsumsi buah ini karena terdapat nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Namun, jangan lupa untuk mencuci atau mengupas kulitnya dengan baik agar tetap terjaga higienitasnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan wawasan, ya, Ma!

Baca juga:

Produk kehamilannya bisa lihat di sini ya

Yuk Beli di sini untuk nutrisi Ibu Hamil

The Latest