TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Keajaiban Doa Ibu Hamil, Benarkah Pasti Terkabul?

Banyak orang percaya bahwa doa ibu hamil lebih mudah terkabul

Pinterest/Creative Market

Kehamilan merupakan anugerah luar biasa yang diberikan Yang Maha Kuasa pada perempuan. Tentu saat sedang hamil, ada banyak hal yang akan dikorbankan oleh seorang perempuan sampai dengan persalinan.

Hal ini yang juga membuat seorang ibu hamil memiliki keistimewaan tersendiri. Banyak juga yang mengatakan bahwa doa yang dipanjatkan oleh ibu hamil lebih mudah dikabulkan atau diijabah oleh Allah SWT.

Ternyata memang ada beberapa golongan orang yang doanya mustajab akan dikabulkan oleh Allah SWT, Ma. Apakah ibu hamil termasuk ke dalam golongan tersebut?

Berikut iniPopmama.comtelah merangkum penjelasan mengenai keajaiban doa ibu hamil yang dapat Mama pahami. Disimak, yuk, Ma!

Keajaiban Doa Ibu Hamil, Apakah Pasti Terkabul?

freepik/prostooleh

Hal ini banyak diyakini orang-orang sebab ibu hamil dianggap memiliki kekuatan khusus yang membuat doanya kemungkinan besar didengar dan dijawab oleh Allah SWT.

Seperti yang tertuang pada hadis riwayat Ahmad yang mengatakan salah satu doa yang mustajab adalah doa orangtua pada anaknya.

  ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ: دَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ  

Artinya: “Tiga doa yang mustajab, tak diragukan lagi di dalam ketiganya, (salah satunya) yakni doa orangtua kepada anaknya." (HR Ahmad).

Orangtua khususnya Mama memiliki ikatan batin yang membuat doanya didengar. Namun perihal pasti terkabul atau tidak, itu merupakan kuasa Allah sepenuhnya, Ma.

Golongan Orang yang Doanya Mustajab

freepik/rawpixel.com

Dalam agama Islam, ada beberapa golongan orang yang doanya mustajab atau mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Bukan tanpa alasan, orang-orang yang masuk ke dalam golongan ini tertera dalam Al-Qur’an dan hadis. 

Melansir NU Online, ada 14 golongan orang yang doanya mustajab. Berikut daftar golongan orang yang diyakini memiliki doa mustajab:

  • Orang yang terzalimi,
  • Orangtua kepada anaknya, 
  • Orang yang berpuasa,
  • Musafir atau orang yang bepergian jauh,
  • Orang yang mengalami kesulitan, 
  • Orang yang mendoakan saudaranya tanpa diketahui, 
  • Anak yang berbakti pada orangtua, 
  • Orang yang tidur dalam keadaan suci, 
  • Orang yang berdoa dengan doa Nabi Yunus, 
  • Orang yang sedang berperang atau berjuang di jalan Allah, 
  • Orang yang sedang berhaji atau umrah, 
  • Pemimpin yang adil, 
  • Orang yang banyak mengingat Allah, dan 
  • Orang yang dicintai dan diridai Allah. 

Jika dilihat dalam daftar tersebut, ibu hamil masuk ke dalam kategori orang yang berjihad (berjuang) meski tidak disebutkan secara langsung. Hal ini yang membuat doa ibu hamil diyakini pasti akan terkabul.

Ibu Hamil Termasuk Orang yang Berjihad

freepik/krakenimages.com

Berjihad secara harfiah diartikan menjadi orang yang berjuang di jalan Allah SWT, di mana jihad biasanya diartikan sebagai berperang. 

Namun, jihad yang dimaksud berjuang di jalan Allah bukan hanya laki-laki yang berperang saja lho, Ma. Ibu hamil juga termasuk ke dalam golongan orang-orang yang yang sedang berjuang di jalan Allah SWT.

Rasa sakit yang dirasakan oleh perempuan yang sedang hamil dan melahirkan merupakan perjuangan seorang Mama dalam melahirkan keturunan.

Ini juga sesuai dengan keistimewaan orang hamil yang dijanjikan oleh Allah SWT, di mana perempuan yang hamil kemudian merasakan sakit saat hendak melahirkan, dicatat pahalanya menjadi orang yang berjihad di jalan Allah SWT.

Alasan Lain Mengapa Doa Ibu Hamil Mudah Terkabul

Freepik/prostooleh

Selain termasuk ke dalam orang yang berjihad di jalan Allah SWT, ada alasan lain mengapa ibu hamil doanya mudah dikabulkan Allah SWT.

Berikut beberapa alasan mengapa doa ibu hamil mustajab:

1. Percaya dengan kekuatan doa

freepik/jcomp

Jika seseorang percaya dengan kekuatan doa, maka doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT. Kemudian ibu hamil juga dianggap sebagai kategori orang yang dekat dengan Allah SWT karena memiliki keistimewaan tersendiri.

Orang yang percaya dengan kekuatan doa yang dipanjatkannya berarti yakin bahwa Allah yang hanya akan membantu dan menolongnya. Ini yang membuat kekuatan doa menjadi benar-benar ada.

2. Berserah diri pada Allah

Pexels/Thirdman

Selain percaya dengan kekuatan doa, orang yang berpasrah dan berserah diri pada Allah SWT doanya akan mudah terkabul. 

Doa yang mudah dikabulkan oleh Allah SWT adalah doa orang yang berserah diri pada Allah, sebab orang yang berpasrah akan membiarkan Allah untuk memberikan jawabannya dan mengendalikan segala hal yang telah didoakan dan dipasrahkan.

3. Memiliki iman yang kuat

Pexels/thirdman

Keimanan yang kuat juga membuat doa yang dipanjatkan ibu hamil mudah terkabul. Sebenarnya hal ini bukan hanya berlaku pada ibu hamil saja, tetapi pada setiap orang muslim yang beriman. 

Iman yang kuat akan membuat diri percaya bahwa sebaik-baiknya penolong adalah Allah SWT. Dalam kasus yang terjadi pada masyarakat, ibu hamil kerap mengalami kejadian tak terduga dimana doa-doa yang sebelumnya dianggap mustahil dapat benar-benar terjadi. 

Hal ini tidak lepas dari peran iman, keyakinan, serta ikhtiar yang kuat sehingga doa-doanya dapat didengar Allah SWT.

Nah, itu dia informasi mengenai keajaiban doa ibu hamil. Untuk itu, selama hamil jangan lupa untuk selalu beribadah dan berdoa kepada Allah SWT agar segala halnya dilancarkan, Ma.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

The Latest