7 Afirmasi Positif untuk Bayi Baru Lahir yang Bisa Orangtua Berikan

Jadikan kalimat afirmasi positif ini sebagai mantra untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil, ya, Ma!

8 Juli 2024

7 Afirmasi Positif Bayi Baru Lahir Bisa Orangtua Berikan
freepik/freepik

Afirmasi adalah kalimat positif yang dapat diulang secara rutin sebagai "mantra" untuk melatih otak berpikir secara positif. Pikiran positif memiliki peran penting dalam membangun kehidupan si Kecil.

Bagi orangtua, memberikan kata-kata afirmasi positif kepada buah hati sejak awal kehidupan mereka dapat memperkuat ikatan emosional dan memberikan rasa aman serta cinta. 

Afirmasi positif ini tidak hanya bermanfaat bagi perkembangan emosional bayi, tetapi juga membantu membentuk dasar yang kuat untuk rasa percaya diri dan kesejahteraan mereka di masa depan.

Nah, bagi orangtua yang ingin memberikan kata-kata positif, Popmama.com telah merangkum 7 afirmasi positif untuk bayi baru lahir dari orangtua.

1. "Kamu adalah anugerah terindah dalam hidup kami"

1. "Kamu adalah anugerah terindah dalam hidup kami"
freepik/pvproductions

Dengan mengatakan bahwa bayi adalah anugerah terindah, orangtua menegaskan bahwa kehadiran bayi tersebut sangat berharga dan merupakan hadiah yang luar biasa dalam hidup mereka. 

Ini memberikan bayi perasaan bahwa mereka sangat diinginkan dan dihargai. Meskipun bayi mungkin belum sepenuhnya memahami kata-kata yang diucapkan oleh orangtua, tetapi si Kecil sudah bisa merasakan cinta dan kebahagiaan yang terpancar dari nada suara orangtua.

2.  "Kamu dicintai dan disayangi"

2.  "Kamu dicintai disayangi"
Freepik/alenaka

Ungkapan ini mungkin terdengar sederhana, tetapi memiliki makna mendalam yang mengandung banyak aspek positif bagi perkembangan emosional dan psikologis bayi. 

Memberikan kalimat kasih sayang dan cinta yang konsisten setiap hari bisa membantu bayi merasa dicintai, dihargai dan diperhatikan. Hal ini tentunya akan sangat penting dan bermanfaat bagi bayi yang baru memulai hidupnya.

3. "Kamu adalah anak yang sangat istimewa"

3. "Kamu adalah anak sangat istimewa"
Freepik

Memberikan kalimat afirmasi ini adalah cara orangtua menegaskan bahwa bayi tersebut memiliki nilai yang unik dan tak tergantikan. Setiap bayi adalah individu dengan kepribadian dan karakteristik yang unik, dan kalimat ini membantu menekankan bahwa keunikan tersebut dihargai dan dirayakan.

Kalimat ini membantu membangun rasa percaya diri pada bayi. Merasa istimewa dan dihargai sejak dini adalah fondasi penting bagi perkembangan harga diri yang sehat. Bayi yang sering mendengar bahwa mereka istimewa cenderung tumbuh dengan keyakinan bahwa mereka memiliki nilai yang penting, yang dapat mendukung mereka dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Editors' Pick

4. "Kamu membawa kebahagiaan ke dalam hidup kami"

4. "Kamu membawa kebahagiaan ke dalam hidup kami"
Freepik/jcomp

Kalimat afirmasi ini menegaskan bahwa kehadiran bayi membawa sukacita dan kebahagiaan yang mendalam dalam kehidupan orangtua. Ini menunjukkan kepada bayi bahwa mereka adalah sumber kebahagiaan dan kegembiraan, yang membantu mereka merasa dicintai dan diinginkan.

Afirmasi positif ini juga membantu bayi merasa berharga dan dihargai, yang penting untuk perkembangan harga diri yang sehat dimasa depan. Perasaan bahwa mereka adalah sumber kebahagiaan bagi orang lain dapat membantu bayi tumbuh dengan keyakinan bahwa mereka memiliki nilai yang penting dalam keluarga.

5. "Bayiku sehat, pintar, dan kuat"

5. "Bayiku sehat, pintar, kuat"
Freepik/freepik

Secara keseluruhan, kalimat afirmatif positif "bayiku sehat, pintar, dan kuat" adalah ungkapan kasih sayang dan optimisme orangtua terhadap masa depan anak mereka. Orangtua ingin melihat bayi mereka tumbuh menjadi individu yang bahagia, sehat, dan sukses.

6. "Kami selalu ada untukmu"

6. "Kami selalu ada untukmu"
Freepik/alenaka

Kalimat ini mengungkapkan komitmen sebagai orangtua untuk selalu mendukung, melindungi, dan hadir dalam kehidupan bayi. Ini adalah janji bahwa bayi tidak akan pernah sendiri dan bahwa orangrua akan selalu memberikan kasih sayang dan perhatian yang mereka butuhkan.

Kalimat ini membantu memperkuat ikatan emosional antara orangtua dan bayi. Dengan menyampaikan pesan bahwa orangtua ada untuk mereka, orangtua telah membangun fondasi kepercayaan yang mendalam di awal kehidupan si Kecil.

7. "Kamu dikelilingi oleh orang-orang yang ingin membantumu tumbuh dan berkembang"

7. "Kamu dikelilingi oleh orang-orang ingin membantumu tumbuh berkembang"
Freepik/annakharchenko1

Kalimat afirmasi yang terakhir ini menyampaikan kepada bayi bahwa mereka tidak hanya memiliki orangtua yang peduli, tetapi juga lingkungan sosial yang penuh dukungan dan kasih sayang. Ini mencakup anggota keluarga, teman dekat, dan semua orang yang akan berada di sekitar bayi dalam perjalanan perkembangannya.

Kalimat ini memperkenalkan konsep hubungan sosial kepada bayi sejak dini. Hal ini membantu mereka dalam memahami interaksi sosial dan membangun hubungan yang sehat di masa depan.

Cara Menyampaikan Kalimat Afirmasi Positif pada Bayi yang Baru Lahir

Cara Menyampaikan Kalimat Afirmasi Positif Bayi Baru Lahir
freepik/freepik

Walaupun bayi baru lahir belum sepenuhnya memahami perkataan orangtua, tetapi menyampaikan kalimat afirmasi positif pada bayi yang baru lahir bisa menjadi awal yang baik untuk kehidupan mereka.

Berikut cara menyampaikan kalimat afirmasi positif untuk bayi yang baru lahir:

  • Gunakan nada suara yang lembut, hangat, dan penuh kasih. Bayi merespons secara positif terhadap ekspresi suara dan ekspresi wajah yang menunjukkan cinta dan perhatian.
  • Jangan ragu untuk berbicara langsung dengan bayi, meskipun mereka belum bisa memahami kata-kata secara verbal. Mereka dapat merasakan energi dan emosi yang orangtua sampaikan melalui suara dan ekspresi wajah.
  • Pilih momen yang tepat, seperti saat bayi sedang terjaga atau saat mereka berada dalam keadaan yang tenang. Hindari mengganggu mereka saat sedang lelap tidur.
  • Saat menyampaikan kalimat afirmasi, sertakan kontak fisik seperti memeluk atau mengusap lembut bayi. Sentuhan fisik dapat memperkuat pesan positif yang disampaikan dan juga memberikan rasa keamanan tambahan bagi mereka.
  • Menyampaikan afirmasi positif secara konsisten dan dengan keteraturan akan membantu bayi merespons dan merasakan kehangatan dari kata-kata yang diberikan.

Demikianlah beberapa kalimat afirmasi positif untuk bayi baru lahir dari orangtua. Dengan memberikan kalimat-kalimat afirmasi positif menunjukkan orangtua memberikan dukungan, baik secara verbal dan non-verbal.

Yuk, coba untuk mengatakan kalimat afirmasi di atas pada si Kecil secara konsisten!

Baca juga:

The Latest