7 Benda yang Wajib Mama Bawa saat Mengajak Bayi Baru Lahir Bepergian

Nggak perlu semua barang dibawa kok, Ma. Yuk, cek apa saja yang wajib ada di dalam tas bayi

19 Januari 2019

7 Benda Wajib Mama Bawa saat Mengajak Bayi Baru Lahir Bepergian
Pixabay/TerriC

Mengajak bayi bepergian untuk pertama kalinya menjadi momen yang mendebarkan bagi sebagian besar Mama pasca melahirkan. Perasaan senang dan excited bercampur dengan rasa khawatir mengingat sistem kekebalan tubuh bayi masih sangat rentan terinfeksi virus dan bakteri.

Tenang Ma, secara medis tidak ada larangan untuk membawa bayi sehat pergi keluar rumah kok. Mama bisa melakukannya selama tempat yang dituju bersih, tidak terlalu ramai atau bising dan bebas asap rokok. Seperti restoran, taman, supermarket atau tempat ibadah.

Nah, jika Mama berencana mengajak bayi mama bepergian selama 1-2 jam saja, tidak banyak barang yang perlu Mama bawa.

Selain merepotkan, membawa perlengkapan bayi secara berlebihan juga menyulitkan Mama untuk menemukan benda yang benar-benar dibutuhkan akibat bercampur dengan barang lain yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Agar hal ini tidak terjadi, yuk simak barang apa saja sih yang wajib Mama bawa saat membawa bayi baru lahir bepergian.

1. Pakaian ganti

1. Pakaian ganti
Instagram.com/birdsnbeesbaby

Baju ganti adalah perlengkapan utama yang wajib ada di dalam tas bayi. Namun, sesuaikan jumlahnya dengan lama perjalanan dan kondisi tempat yang dituju ya, Ma.

Misalnya, jika Mama hanya berencana mengajak si Kecil makan di restoran atau berkeliling mal selama 1-2 jam saja, 2 set pakaian ganti saja cukup.

Mama bisa membawa jenis pakaian berupa sleepsuit atau jumper yang praktis dilipat dan dipakai. Jenis pakaian ini juga memudahkan Mama untuk mengganti popok, sebab Mama cukup membuka kancing bagian bawah tanpa perlu melepaskan pakaian bayi seluruhnya.

Perlu Mama ingat bahwa bayi baru lahir memiliki lapisan lemak dan kulit yang masih sangat tipis, sehingga ia mudah sekali merasa kedinginan.

Oleh sebab itu, pastikan ia mengenakan pakaian yang cukup tebal dan tertutup hingga telapak kaki ya, Ma. Pilih bahan pakaian yang mampu menyerap keringat agar terasa nyaman.

2. Popok sekali pakai

2. Popok sekali pakai
Pxhere.com

Intensitasi BAB dan BAK bayi baru lahir masih sangat tinggi seiring dengan perkembangan sistem pencernaannya.

Maka dari itu sebaiknya siapkan beberapa lembar popok sekali pakai sebagai cadangan untuk mengganti popok bayi yang basah dan kotor. Jangan menunggu sampai penuh dan membuat si Kecil tak nyaman ya, Ma.

3. Hand sanitizer

3. Hand sanitizer
Freepik/pressfoto

Sebelum memegang atau menggendong bayi, pastikan tangan dalam keadaan bersih dan higienis ya, Ma. Pasalnya tubuh bayi baru lahir masih sangat rentan terinfeksi kuman penyakit.

Oleh sebab itu penting untuk selalu membawa hand sanitizer atau sabun antiseptik di dalam tas dan gunakan sesaat sebelum memegang bayi, terutama setelah Mama mengganti popok atau membersihkan kotorannya.

Editors' Picks

4. Tisu basah dan tisu kering

4. Tisu basah tisu kering
naturalnews.com

Dua benda ini juga wajib ada di dalam tas bayi. Sebab kita tidak tau bagaimana kondisi lingkungan yang akan dituju, bukan? Mungkin saja saat itu changing room yang akan Mama tuju penuh atau kehabisan tisu, atau bayi mama mungkin BAB saat masih diperjalanan.

Nah, mengantisipasi kondisi tersebut, selalu sediakan tisu basah dan tisu kering di dalam tas bayi ya, Ma. Dua benda ini berguna untuk membersihkan mulut, tangan hingga kotoran bayi saat dalam keadaan darurat.

Sebaiknya pilih jenis tisu yang non-perfumed untuk menghindari alergi pada kulit bayi.

5. Botol susu dan milk powder container

5. Botol susu milk powder container
Pexels/Burst

Ada sebagian Mama yang memilih untuk menyusui bayinya menggunakan botol saat bepergian keluar rumah. Baik bayi yang minum ASI ataupun susu formula.

Jika kondisi ini juga terjadi pada Mama, maka dua atau tiga buah botol susu wajib ada di dalam tas bayi yang Mama bawa. Selain itu, agar lebih efisien dan praktis, tempatkan susu formula di dalam wadah atau milk container sesuai dengan takaran sekali minum.

Sediakan cadangan takaran susu formula untuk mengantisipasi kondisi jalanan macet atau kondisi bayi yang tiba-tiba lebih sering menyusu.

6. Cover menyusui

6. Cover menyusui
buybuybaby.com

Siapa bilang sulit menyusui bayi di tempat umum? Mama tetap bisa menyusui bayi mama dengan menggunakan cover menyusui. Kain penutup yang dilingkarkan di leher mama ini bertujuan untuk menutupi bagian dada ketika Mama menyusui si Kecil.

7. Mainan bayi

7. Mainan bayi
thealphaparent.com

Ada beberapa tipe bayi yang mudah bosan dan rewel. Mengantisipasi hal ini, bawalah satu atau dua buah mainan favoritnya. Misalnya teether, boneka kecil atau mainan yang bisa mengeluarkan cahaya dan bunyi.

Sekarang sudah tau kan Ma benda apa saja yang wajib dibawa? Jadi Mama tak perlu lagi repot-repot menyiapkan dan membawa keperluan bayi dalam jumlah yang banyak. Sesuaikan saja perlengkapan yang harus dibawa dengan tempat tujuan dan berapa lama Mama akan membawanya pergi.

Hal ini jauh lebih praktis dan efisien. Mama pun bisa lebih menikmati waktu bersama si Kecil tanpa perlu mengkhawatirkan barang bawaan.

Baca juga: Daftar Barang yang Wajib Dibawa Saat Berlibur Bersama Bayi