Kulit Bayi Newborn Masih Sensitif Ma, Begini 5 Cara Perawatannya

Jangan salah pilih produk perawatan ya

23 Desember 2021

Kulit Bayi Newborn Masih Sensitif Ma, Begini 5 Cara Perawatannya
Shutterstock/Pratchaya Lee

Bayi yang baru lahir cenderung punya kulit yang lebih rentan, Ma. Kondisi ini membuat kulit newborn lebih berisiko mengalami ruam, alergi, hingga iritasi. Mama pasti nggak mau ‘kan hal tersebut terjadi? Untuk itu, Mama butuh perhatian khusus saat merawat kulit si Kecil.

Nah, Mama bisa coba tips dari Popmama.com berikut ini untuk menjaga kulit si Kecil agar tetap aman dan terlindungi. Siapa tahu Mama bisa makin disayang mertua. Langsung saja simak artikelnya yuk, Ma!

1. Hindari menjemur bayi terlalu lama di bawah sinar matahari

1. Hindari menjemur bayi terlalu lama bawah sinar matahari
Shutterstock/Odua Images

Seperti yang Mama tahu, berjemur untuk si Kecil bermanfaat untuk menyerap vitamin D dari sinar matahari. Fungsinya untuk membantu pertumbuhan tulang, gigi, kalsium, serta mengatur sistem kekebalan tubuhnya. 

Tapi pastikan jangan terlalu lama, cukup 10-15 menit setiap pagi sebelum jam 10 ya, Ma. Pakaikan juga pelindung kepala dan mata, agar paparan sinar matahari tidak langsung terkena kepala, wajah dan mata si Kecil.

Editors' Picks

2. Rutin mengganti popok si Kecil sesering mungkin

2. Rutin mengganti popok si Kecil sesering mungkin
Shutterstock/Odua Images

Apapun pilihan jenis popok yang Mama pilih untuk si Kecil, kebersihan dan higienis harus diutamakan. IDAI menyarankan untuk mengganti popok bayi sesering mungkin, sekitar 2-3 jam sekali. Terutama pada bayi baru lahir yang lebih sering buang air kecil.

Selain mengganti popok secara berkala, Mama juga harus berhati-hati saat membersihkan organ intim si Kecil.

3. Perhatikan waktu mandi si Kecil

3. Perhatikan waktu mandi si Kecil
Shutterstock/Odua Images

Untuk waktu mandi si Kecil, sebaiknya dilakukan saat tidak mengganggu jam makan dan tidurnya. Di pagi hari, si Kecil bisa mandi setelah berjemur, sekitar jam 6-8 pagi. Di sore hari bisa sekitar pukul 4-5 sore agar si Kecil tidak kedinginan. 

Perlu Mama catat, bayi newborn sebenarnya tidak perlu dimandikan terlalu sering, karena justru bisa membuat kulitnya cepat kering dan bisa iritasi.

4. Wajib gunakan produk perawatan khusus bayi

4. Wajib gunakan produk perawatan khusus bayi
Dok. Cetaphil Baby

Saat Mama ingin membeli produk perawatan bayi newborn, ada lima hal yang perlu diperhatikan, yaitu: pastikan teksturnya lembut, punya kandungan hipoalergenik, dapat menenangkan, menjaga kelembapan serta menjaga lapisan kulitnya. 

Seperti yang terkandung pada rangkaian produk Cetaphil Baby with Organic Calendula berikut ini:

  • Cetaphil Baby Wash & Shampoo with Organic Calendula, dengan calendula organik dan formula hypoallergenic membersihkan kulit dan rambut bayi baik yang sensitif maupun baru lahir, serta bantu menenangkan dan menjaga kelembapan serta tekstur kulit si Kecil.
  • Cetaphil Baby Daily Lotion with Organic Calendula, mengandung calendula organik, minyak sweet almond dan minyak biji bunga matahari, formulanya membantu menjaga kelembapan kulit bayi sehingga tetap tenang dan lembap sepanjang hari, serta menjadikan kulitnya lembut, halus serta terjaga teksturnya.
  • Cetaphil Baby Advanced Protection Cream with Organic Calendula, krim perlindungan ekstra dengan calendula organik, shea butter, dan glycerin untuk bantu menenangkan, melembapkan sepanjang hari, menutrisi hingga 8 jam, dan ekstra melindungi seluruh permukaan kulit seperti lipatan siku, lutut, dan area kulit sensitif pada bayi baru lahir dan sensitif.

Dengan rangkaian produk dari Cetaphil Baby with Organic Calendula, Mama nggak perlu khawatir lagi deh cara merawat kulit si Kecil yang masih rapuh dan tipis. Sebab, Cetaphil Baby hadir dengan formula hypoallergenic yang lembut di kulit bahkan kulit bayi yang sensitif sekalipun. Untuk informasi selengkapnya Mama bisa klik di sini ya!

5. Jaga kebersihan baju dan tempat tidur bayi

5. Jaga kebersihan baju tempat tidur bayi
Shutterstock/Asian foto

Selalu menjaga kebersihan baju, sprei, dan selimut bisa Mama lakukan setiap hari agar kulit si Kecil terhindar dari risiko terserang alergi. Mama bisa pakai deterjen khusus untuk baju bayi yang tidak mengandung parfum atau pewarna. Tips lainnya, pisahkan baskom yang dipakai untuk mencuci baju, kasur, selimut dan handuk bayi dari cucian Papa dan Mama ya.

Merawat dan melihat pertumbuhan bayi newborn, rasanya memang terasa cepat sekali ya, Ma! Meski lelah, hadirnya si Kecil memang suatu hal yang sangat berharga di kehidupan Mama. Maka dari itu, untuk menjaganya Mama dan Papa juga perlu perawatan ekstra. (WEB)

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk