7 Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir agar Bersih dan Sehat

Yuk Ma, persiapkan perlengkapan mandi untuk si kecil

19 Maret 2021

7 Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir agar Bersih Sehat
Pexels/dipu-shanin

Memiliki anak pertama merupakan kegiatan belajar yang tiada hentinya untuk orangtua. Salah satunya dalam hal merawat dan menjaga kesehatan si Kecil.

Kebersihan bayi merupakan salah satu hal yang terpenting dalam merawat si Kecil. Untuk Mama yang pertama kali memiliki anak, ada beberapa persiapan yang diperlukan dalam menjaga kebersihan bayi, salah satunya yaitu perlengkapan mandi si kecil. 

Berikut Popmama.com telah merangkup tujuh perlengkapan mandi untuk bayi yang baru lahir, yang bisa Mama persiapkan.

1. Bak mandi bayi

1. Bak mandi bayi
Unsplash/shalev-cohen

Yang pertama adalah bak mandi. Karena memandikan bayi bukanlah hal yang mudah, bak mandi diperlukan untuk membantu Mama memandikan si kecil, agar Mama dan bayi sama-sama nyaman.

Pilih bak mandi yang sesuai dengan ukuran si kecil yah, Ma. Pastikan juga bak mandi mudah untuk dibersihkan dan terbuat dari bahan yang tidak mudah berjamur. Selain itu, pilih bak mandi dengan material yang tidak licin agar si Kecil tidak tergelincir.

2. Sabun dan sampo

2. Sabun sampo
Pexels/jill-burrow

Sama seperti orang dewasa, bayi membutuhkan sampo dan sabun untuk membersihkan tubuh dari kuman. Namun, sabun dan sampo bayi berbeda dengan orang dewasa.

Kulit bayi lebih sensitif karena sangat masih sangat tipis, jadi jangan menggunakan profuk yang terbuat dari bahan kimia berlebihan. Seperti contohnya, jangan menggunakan produk yang mengandung pewarna, pewangi, maupun alkohol. 

Usahakan untuk menggunakan produk berbahan alami, yang sesuai dengan kebutuhan si Kecil.

Editors' Picks

3. Bedak

3. Bedak
Pexels/polina-tankilevitch

Kulit bayi yang lebih sensitif dibanding orang dewasa membuat bayi lebih sering mengalami biang keringat. Memakaikan bedak pada bayi dapat membantu agar kulit bayi tetap kering.

Saat menabur bedak kepada si Kecil, Mama harus memerhatikan kondisi kulit si Kecil dalam keadaan kering ya, Ma. Karena kalau kulit bayi masih basah, pori-porinya akan tersumbat, ini malah menyebabkan biang keringat. Saat ini sudah terdapat berbagai jenis bedak bayi, mulai bedak tabur hingga bedak cair. Mama bisa memilihnya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan bayi.

4. Perlak

4. Perlak
Pexels/anna-shevts

Setelah memandikan si kecil, kondisi si kecil yang basah memerlukan perlak sebagai alas berganti pakaian. Selain tahan air, perlak mudah dibersihkan dan menjaga agar meja ganti popok si Kecil tetap kering.

5. Kapas

5. Kapas
Pexels/polina-tankilevitch

Selama beberapa minggu usia kelahiran bayi, penggunaan kapas sangat disarankan saat Mama ingin menggantikan popok pada si Kecil.

Kapas yang bertekstur halus, dibasahi terlebih dahulu sebelum digunakan karena kapas basah sangat aman untuk membersihkan bokong bayi.

6. Baby oil

6. Baby oil
Pexels/pixabay

Masalah kulit merupakan masalah yang sering terjadi pada bayi, terutama kulit kepala. Kulit kepala bayi kadang memiliki kotoran yang membandel dan sulit dibersihkan.

Penggunaan baby oil berguna untuk membantu Mama membersihkan kotoran di kulit kepala si Kecil. Selain itu, bio oil juga bisa bermanfaat untuk melembapkan kulit bayi

7.Handuk

7.Handuk
Unsplash/michal-bar-haim

Untuk bayi, handuk disarankan terbuat dari bahan yang lembut dan anti alergi sehingga tidak menyebabkan kulit iritasi. Selain itu pilih juga yang mudah menyerap air sehingga mudah saat mengeringkan tubuh bayi. Pastikan handuk yang digunakan memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran tubuh bayi ya, Ma.

Itulah tujuh perlengkapan mandi yang diperlukan saat bayi baru lahir. Semoga informasi di atas bisa membantu Mama. Jangan lupa dipersiapkan ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.