Apa yang Menentukan Kemiripan Wajah Bayi dan Orangtua?

Saat menanti kelahiran si Kecil, Mama pasti bertanya-tanya seperti apakah nantinya wajah bayi.

1 Oktober 2020

Apa Menentukan Kemiripan Wajah Bayi Orangtua
Freepik/Freepic.diller

Saat menanti kelahiran si Kecil, Mama pasti bertanya-tanya seperti apakah nantinya wajah bayi. Apakah si Kecil mirip Mama? Atau malah wajahnya lebih mirip sang Papa? Pertanyaan Mama hanya dapat terjawab setelah si Kecil dilahirkan. 

Meskipun demikian, wajah bayi yang baru lahir belum dapat dikenali tingkat kemiripannya terhadap wajah mama atau pasangan mama. Seberapa mirip bayi dengan orangtuanya akan terlihat seiring bertambahnya usia.

Hanya saja, bayi akan memiliki satu gen dominan yang menentukan tingkat kemiripannya terhadap orangtuanya. Berikut Popmama.com akan menjelaskan faktor-faktor yang membuat wajah bayi mirip dengan orangtuanya. 

Editors' Picks

1. Gen dominan

1. Gen dominan
Freepik/v.ivash

Gen adalah bagian kromosom yang menentukan ciri genetik manusia. Gen akan diturunkan dari satu individu kepada individu lainnya melalui proses reproduksi. Bayi yang baru lahir akan mewarisi masing-masing 50 persen gen dari Mama dan pasangan. Sehingga tingkat kemiripan masing-masing organ pada wajah si Kecil ditentukan gen dominan milik Mama atau Papa. 

Contohnya, kulit wajah si Kecil gelap seperti Papa, maka gen Papa lebih mendominasi warna kulit wajah bayi. Selanjutnya apabila alis si Kecil tebal seperti Mama, maka gen mama mendominasi tingkat ketebalan alis bayi. Tidak ada gen yang mutlak menentukan kemiripan keseluruhan wajah si Kecil karena mereka mewarisi gen kedua orangtuanya. 

2. Warna mata

2. Warna mata
www.freepik.com
Orangtua bersama bayi laki-laki

Apabila Mama atau pasangan memiliki warna mata coklat, maka si Kecil kemungkinan besar akan mewarisi warna mata coklat juga. Warna mata coklat adalah gen dominan. Sedangkan warna mata biru dan hijau adalah gen resesif di mana warna biru lebih dominan dibanding hijau. 

Misalnya, Mama memiliki warna mata biru, sedangkan pasangan mama memiliki warna hijau. Maka kemungkinan besar si Kecil akan memiliki warna mata biru. Tetapi ada pula kasus dimana si Kecil memiliki warna mata coklat padahal kedua orang tuanya bermata biru. Hal ini disebabkan coklat lebih dominan dibanding biru. 

3. Kondisi gigi

3. Kondisi gigi
parent.guide

Kondisi gigi si Kecil cenderung diwarisi oleh Papa. Apabila Papa memiliki permasalahan gigi, maka bayi kemungkinan besar akan memiliki permasalahan serupa seperti sang Papa.

Meskipun bentuk dan ukuran gigi dipengaruhi oleh gen salah satu orangtua, namun kondisi gigi ketika si Kecil beranjak dewasa akan dipengaruhi oleh genetik sang Papa. Jadi tidak heran jika seorang Papa mempunyai masalah gigi yang buruk, si Kecil kemungkinan akan memiliki masalah yang sama. 

Itulah beberapa hal yang menentukan kemiripan wajah bayi dan orangtua. Tingkat kemiripan wajah si Kecil memang dipengaruhi oleh gen dominan, namun Mama tetap harus mendukung tumbuh kembang bayi secara optimal walaupun bayi lebih mirip sang Papa. 

Baca juga :


 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.