Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Tips Parenting ala Nikita Willy, Bikin Bayi Lebih Mandiri dan Sehat

Ada banyak nilai positif yang bisa orangtua peroleh dari gaya parenting ala Nikita Willy

31 Januari 2023

5 Tips Parenting ala Nikita Willy, Bikin Bayi Lebih Mandiri Sehat
Instagram.com/nikitawillyofficial94

Pesinetron Nikita Willy kini sedang menikmati masa-masa bahagianya sebagai orangtua baru bersama sang Suami, Indra Priawan. Keduanya kerap membagikan momen kebersamaan dengan Issa Xander Djokosoetono alias Baby Izz lewat laman media sosialnya.

Sebagai Mama baru, tentu Nikita Willy berusaha memberikan pengasuhan terbaik untuk Baby Izz. Untuk mewujudkan hal itu, ia memperoleh ilmu baru dari beberapa buku parenting yang dibacanya, mengikuti workshop, hingga rutin bertanya kepada ahli dalam hal mengurus anak.

Melalui video unggahan terbaru di kanal YouTube-nya, Nikita Willy memberikan beberapa tips parenting yang diterapkannya kepada Baby Izz.

Berikut Popmama.com siap membahas beberapa tips parenting ala Nikita Willy.

1. Pre bed time routine dilakukan sebelum bayi terlalu lelah

1. Pre bed time routine dilakukan sebelum bayi terlalu lelah
YouTube.com/Nikita Willy Official

Nikita Willy mengaku dirinya tidak memiliki waktu spesifik untuk jam Baby Izz tidur siang. Namun, ia akan tetap mengamati perilaku Baby Izz.

Jika putranya sudah memperlihatkan perilaku mengantuk, Nikita akan segera mengajak putranya tidur sebelum terlalu lelah atau bahkan cranky.

"Sebenarnya nggak ada waktu harus jam berapa. Nggak usah tepat. Tapi kita harus melihat sleepy clue dia. Pas aku ajak main dia udah bengong, kepalanya sudah jatuh-jatuh. Itu dia ngasih clue 'ibu aku ngantuk mau tidur' jadi sebelum dia cranky dan nangis, kita harus memulai pre-bed time routine," jelas Nikita Willy.

Editors' Picks

2. Sebelum tidur, Baby Izz dibiasakan untuk dibacakan dongeng

2. Sebelum tidur, Baby Izz dibiasakan dibacakan dongeng
YouTube.com/Nikita Willy Official

Rutinitas yang dilakukan Baby Izz sebelum tidur salah satunya adalah dibacakan dongeng oleh Nikita Willy. Kegiatan rutin ini dilakukan agar Baby Izz paham dan mengerti jika sudah dibacakan dongeng, maka hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah segera tidur.

“Seumur kayak gini memang dia nggak ngerti. Cuman, kita harus build the habit bayi sedari kecil. Biar pas sudah memasuki masa toddler, dia sudah terbiasa dan ini jadi kebiasaan baiknya,” ungkap Nikita Willy.

3. Memilih untuk tidak memberikan gadget agar perkembangan anak tak terhambat

3. Memilih tidak memberikan gadget agar perkembangan anak tak terhambat
YouTube.com/Nikita Willy Official

Nikita Willy mengatakan bahwa dokter yang menangani Baby Izz melarang untuk memberikan gadget sejak dini atau bayi. Sebab, ketika bayi sudah melihat gadget, fokusnya akan terus kepada gadget.

Ketika anak sudah fokus kepada gadget, maka dia akan malas melakukan kegiatan lain, seperti malas merangkak, malas mengunyah, dan bahkan enggan mengeksplor hal baru yang ada di sekelilingnya. Hal ini tentu bisa berdampak dengan terhambatnya perkembangan bayi.

“Jadi sebisa mungkin aku tidak memberikan gadget, apalagi saat makan. Karena pada saat makan, aku mau dia benar-benar duduk, fokus dengan makanan yang ada di depannya, dan mau memasukan makanan itu ke mulutnya. Sebisa mungkin harus zero distraction,” terang Nikita Willy.

4. Memberikan tontonan yang aman untuk telinga dan mata bayi

4. Memberikan tontonan aman telinga mata bayi
YouTube.com/Nikita Willy Official

Berbeda dengan gadget, Nikita Willy pernah memberikan tontonan TV kepada Baby Izz, tetapi bukan pada saat makan. Baby Izz memang pernah beberapa kali menonton TV, namun dirinya tidak terlalu tertarik menonton.

Ketika disuguhkan tayangan TV, Nikita Willy pun menyediakan tontonan yang pas untuk bayi seumurannya agar berujung tidak berdampak buruk pada pendengaran dan penglihatannya.

“Kita pernah beberapa kali biarin dia nonton TV. Cuman, memang dia nggak begitu tetarik. Kayak cuman 1-2 menit nonton, habis itu bakal sibuk sendiri. Aku berusaha sebisa mungkin kasih tontonan yang musiknya nggak terlalu membingungkan atau heboh. Aku juga nggak memberikan tontonan yang terlalu heboh supaya vision-nya dia tetap bagus,” ucap Nikita Willy.

5. Pentingnya memberikan rutinitas baik pada bayi

5. Penting memberikan rutinitas baik bayi
YouTube.com/Nikita Willy Official

Menurut Nikita Willy, kita sebagai orangtua penting sekali untuk memberikan rutinitas yang baik untuk bayi. Setiap orangtua harus menerapkan rutinitas kepada anak sedari dini karena hal itu membuat anak menjadi lebih disiplin, serta membangun memori di otak tentang kegiatan yang dilakukannya setiap hari.

Selain itu, menempatkan kegiatan bayi secara terjadwal juga dapat membantu Mama dan Papa tetap bisa mempunyai kegiatan lain. Nikita Willy mengungkapkan sejak melakukan kebiasaan baik ini, Baby Izz jadi lebih tenang dan sudah tahu tentang kegiatan apa yang dilakukan setiap hari.

“Karena setiap hari begitu (menjalankan rutinitas) itu ngebantu dia disiplin dan disimpan di memory-nya. Jadi, ngerawat bayi terasa lebih gampang. Memberi bayi rutinitas juga membantu aku dan Indra dapat mempunyai kegiatan lain. Baby Izz pun lebih calm dan tau kegiatan dia setiap hari,” pungkas Nikita Willy.  

Itu dia beberapa tips parenting ala Nikita Willy. Tertarik untuk menerapkan tips di atas kepada bayi kecil mama?

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk