Hemangioma Infantil Ternyata Bukan Masalah Genetik

Apakah bayi Mama memiliki tanda lahir ini?

2 April 2019

Hemangioma Infantil Ternyata Bukan Masalah Genetik
Pediatricanswers

Beberapa bayi yang baru lahir seringkali memiliki tanda lahir. Tanda lahir bisa berupa bercak berwarna-warni dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Salah satunya adalah hemangioma infantil. Apakah tanda lahir ini berbahaya dan apakah benar ini masalah genetik?

Hemangioma Infatil Adalah...

Hemangioma Infatil Adalah...
Pinterest/BerylMargie

Hemangioma infantil adalah jenis tanda lahir yang terjadi ketika sekelompok pembuluh darah yang tumbuh kusutdi dalam atau di bawah kulit bayi.

Menurut laman IDAI, hemangioma infantil sering dikenal dengan tanda stroberi karena memiliki bentuk dan warna seperti buah stroberi atau ungu muda pada bagian kulit tertentu.

Tanda ini sering muncul sejak lahir atau beberapa minggu setelah lahir, biasanya pada bagian kepala, wajah sampai leher bayi.

Hemangioma infantil akan berdarah jika tergores atau terbentur. Bila hal ini terjadi, maka hentikan perdarahan dengan menekan tanda lahir. Tanda ini akan membesar pada 6 bulan pertama dan akan hilang sebelum usia 7 tahun.

2 jenis hemangioma infantil adalah:

  • Superficial hemangioma, hemangioma kulit tumbuh di permukaan kulit. Disebut hemangioma stroberi karena penampilan merah bergelombang seperti stroberi.
  • Deep Hemangioma, yang tumbuh di bawah kulit, menonjol, seringkali dengan warna biru atau ungu. Tanda lahir ini dikenal juga dengan tanda lahir subkutan

Hemangioma juga dapat berkembang di organ-organ di dalam tubuh, seperti ginjal, paru-paru, hati, atau otak, di mana tanda ini tidak terlihat.

Hemangioma Infantil Ternyata Bukan Masalah Genetik
Youtube/seeker

Sebagian besar hemangioma infantil tumbuh membesar selama beberapa bulan, kemudian menyusut perlahan. Penyusutan dimulai pada akhir tahun pertama dan berlanjut hingga anak berusia 7 tahun atau lebih. Hemangioma infantil sering menyusut sampai ke titik yang tidak terlihat.

Hemangioma infantil yang tumbuh di permukaan kulit biasanya terlihat jelas. Tes seperti MRI atau ultrasound scan dapat dilakukan untuk melihat seberapa jauh hemangioma berada di bawah kulit dan apakah itu mempengaruhi organ internal.

Karena hemangioma tumbuh dan berubah, mereka disebut tumor, tetapi mereka bukan jenis kanker. Hemangioma tidak menyebar ke bagian tubuh lain atau ke orang lain.

Seorang bayi dapat memiliki lebih dari satu hemangioma.

Editors' Picks

Faktor Risiko Hemangioma Infatil

Faktor Risiko Hemangioma Infatil
Pixabay/wendymathews

Hemangioma dapat menyebabkan masalah seperti:

  • Menghalangi penglihatan atau gerakan mata.
  • Mengurangi aliran udara melalui hidung dan mulut.
  • Berdarah bila tergores.
  • Memecah permukaan kulit (ulserasi).
  • Mempengaruhi penampilan anak.
  • Hemangioma yang besar pada wajah dapat dikaitkan dengan anomali vaskular di otak.

Bukan Genetik, Tidak Diketahui Penyebabnya

Bukan Genetik, Tidak Diketahui Penyebabnya
Pixabay/3194556

Penyebab hemangiona infantil belum diketahui secara pasti. IDAI menyebutkan bahwa sebagian besar tanda lahir disebabkan oleh adanya kumpulan pembuluh darah yang abnormal. Tanda lahir lainnya terbentuk dari hasil pigmen tambahan pada kulit bayi. Mekanisme terbentuknya tanda lahir ini sampai saat ini masih belum jelas.

Hemangioma lebih sering terjadi pada bayi yang lahir prematur dengan berat lahir rendah, atau sebagai bagian dari kelahiran berulang (kembar, kembar tiga).

Hemangioma dapat terjadi dalam keluarga, tetapi tidak ada penyebab genetik yang ditemukan.

Penanganan Hemangioma Infatil

Penanganan Hemangioma Infatil
Pixabay/skeeze

Sebagian besar hemangioma infantil tidak diobati karena biasanya hilang dengan sendirinya. Kulit biasanya terlihat lebih baik jika hemangioma menyusut secara alami daripada dirawat.

Ketika hemangioma infantil menyebabkan masalah serius seperti pendarahan atau mengganggu penglihatan maka pengobatan mungkin merupakan pilihan terbaik.

Berikut adalah pengobatan yang dapat dilakukan, bisa salah satu atau kombinasi:

  • Obat, disuntikkan ke dalam hemangioma infantil atau diminum (disalurkan melalui vena)
  • Operasi untuk menghilangkan hemangioma sepenuhnya
  • Prosedur bedah untuk mengikat pembuluh darah.
  • Embolisasi yaitu menghalangi pembuluh dari dalam menggunakan tabung tipis panjang yang disebut kateter yang mencapai hemangioma infantil melalui pembuluh darah
  • Laser permukaan untuk perubahan warna kulit

Jika pengobatan diperlukan, dokter anak akan membahas pilihan yang tersedia dan yang paling tepat untuk anak Mama. Pertimbangkan juga efek samping dari pengobatan yang disarankan.

Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!