9 Ide Bermain untuk Mempererat Ikatan dengan Bayi Baru Lahir

Yuk, ajak bayi yang baru lahir bermain!

2 Juni 2020

9 Ide Bermain Mempererat Ikatan Bayi Baru Lahir
Freepik/jcomp

Meskipun Mama merasa kekurangan waktu untuk beristirahat dan merawat diri, kehidupan dengan bayi yang baru lahir sangat menarik.

Saat bayi dalam keadaan terjaga, Mama mungkin memikirkan apa yang harus dilakukan untuk mengisi waktu dengan bayi.

Bermain dengan bayi penting untuk perkembangan kognitif dan sosialnya. Namun jika bayi mama baru berusia beberapa hari atau minggu, bagaimana caranya bermain dengan si Kecil?

Berikut sembilan ide yang dirangkum Popmama.com untuk bermain dan menghabiskan waktu dengan bayi yang baru lahir.

1. Lakukan kontak mata

1. Lakukan kontak mata
freepik.com

Menatap mata bayi yang baru lahir adalah salah satu cara paling sederhana untuk bonding dengan bayi. Ini mengajarkannya untuk mengenali wajah dan ekspresi. Bayi belajar bahwa ekspresi wajah yang berbeda mengomunikasikan berbagai perasaan.

Menurut peneliti, ada manfaat lain dari melakukan kontak mata dengan bayi yang baru lahir. Tindakan sederhana mengunci mata sebenarnya dapat mengubah gelombang otak bayi dan mendorong komunikasi antara orangtua dan bayi.

2. Bernyanyi

2. Bernyanyi
Freepik/Yanalya

Jangan khawatir, meski Mama merasa tidak berbakat, bernyanyi untuk bayi tidak hanya membantunya mengenali suara, tetapi juga membantunya belajar berkomunikasi. Saat Mama bernyanyi, bayi menyerap semua yang Mama katakan, belajar tentang kata-kata, bahasa, dan bagaimana perasaan diungkapkan melalui kata-kata yang diucapkan.

Ditambah lagi, bernyanyi adalah cara yang bagus untuk menenangkan bayi yang menangis. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Infancy Journal, bayi yang mendengarkan rekaman suara seseorang yang bernyanyi akan lebih tenang dibandingkan dengan bayi yang mendengarkan seseorang berbicara.

Bayi mengenali suara jauh lebih awal daripada mereka mengenali wajah mama, menurut Sandra Trehub, seorang peneliti.

3. Menari

3. Menari
Freepik

Ada alasan bagus untuk menyetel beberapa lagu kesukaan dan menari seperti tidak ada yang menonton, meskipun mata bayi akan tertuju pada Mama.

Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa menari dengan bayi adalah salah satu kegiatan terbaik untuk bayi baru lahir. Karena itu sebenarnya dapat membantu Mama membesarkan anak yang lebih baik dan lebih berbelas kasih.

Satu teori menyebutkan bahwa ketika orang bergerak dengan cara yang mirip dengan kita, kita melihat mereka mirip dengan kita, jadi kita lebih cenderung menganggap mereka teman, menurut Laurel Trainor, PhD, profesor psikologi di Universitas McMaster.

Editors' Picks

4. Mencoba permainan sederhana

4. Mencoba permainan sederhana
Freepik/Tonefotografia

Mama mungkin bertanya-tanya bagaimana cara bermain dengan bayi yang baru lahir ketika ia bahkan belum dapat memegang balok mainan. Mama dapat mencoba membuat wajah lucu, bersepeda dengan kaki bayi, atau permainan cilukba.

Meskipun sederhana, kegiatan ini dapat merangsang indranya dan membantu mengembangkan keterampilan sosial dan motorik.

5. Pijat bayi

5. Pijat bayi
freepik.com

Sentuhan penuh kasih sayang dan gerakan ritmis adalah salah satu bentuk komunikasi yang paling kuat antara bayi dan orangtua mereka. Jadi ini adalah cara yang baik bagi Mama untuk menjalin ikatan dengan bayi.

Selain manfaat emosional, penelitian telah menunjukkan bahwa memberi bayi pijatan di seluruh tubuh adalah cara yang bagus untuk berinteraksi dengan bayi yang baru lahir. Ini dapat mengurangi tangisan dan sifat lekas marah, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi gas serta gejala lainnya yang sering terkait dengan kolik.

6. Meringkuk di tempat tidur bersama bayi

6. Meringkuk tempat tidur bersama bayi
freepik.com/freepik

Studi menunjukkan bahwa pelukan dapat meningkatkan kesehatan bayi. Bonding dengan berbagi pelukan tambahan dapat menstabilkan detak jantung dan suhu tubuh bayi, meningkatkan kadar oksigen, mendorong penambahan berat badan, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi stres.

Bahkan ada bukti bahwa semakin banyak pelukan yang terjalin antara bayi dan orangtua dapat mengurangi tingkat stres mama.

7. Lakukan kontak skin to skin

7. Lakukan kontak skin to skin
Smartparents

Kontak skin to skin adalah salah satu cara terbaik untuk menjalin ikatan dengan si Kecil.

Ketika bayi telanjang atau mengenakan popok, letakkan ia di dada mama. Ini akan mendukung aktivitas menyusui dan meningkatkan produksi ASI. Aktivitas ini juga dapat mengurangi stres bagi ibu dan bayi, serta mendukung perkembangan otak.

Tidak hanya untuk Mama, kontak skin to skin juga bermanfaat untuk mempererat ikatan antara bayi dengan Papa.

8. Beri ciuman

8. Beri ciuman
Freepik

Mama mungkin tidak perlu diingatkan untuk selalu memberikan ciuman tambahan untuk si Kecil. Namun penelitian mengungkapkan bahwa orang dewasa yang menerima banyak kasih sayang dari ibunya ketika masih bayi, memiliki tingkat kecemasan yang jauh lebih rendah.

Nah, tunggu apa lagi, Ma. Ayo, cium si Kecil!

9. Membaca untuk bayi

9. Membaca bayi
Freepik

Meskipun mungkin terasa sia-sia untuk membaca bagi bayi yang baru lahir, ada alasan untuk melanjutkan. Bahkan jika bayi tampaknya tidak terlalu memerhatikan, mereka kemungkinan akan memetik manfaat dari waktu membaca ini.

Penelitian menunjukkan bahwa membaca untuk bayi dapat meningkatkan ikatan dan melek huruf. Bayi yang baru lahir akhirnya akan mulai memahami perubahan nada yang akan mengajarinya tentang bahasa. Ia juga akan belajar tentang suara dan nada berbeda yang digunakan untuk menyampaikan emosi dan perasaan tertentu.

Nah, itulah sembilan ide untuk bermain bersama bayi yang baru lahir. Apa yang paling suka Mama lakukan bersama si Kecil?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.