5 Tips Lengkap Memilih Produk Perawatan Tubuh untuk Bayi

Membeli kosmetik bayi harus dipikirkan fungsinya, bkan asal enak baunya ya, Ma!

11 September 2018

5 Tips Lengkap Memilih Produk Perawatan Tubuh Bayi
Freepik/Sviatkovskyi

Memilih produk perawatan tubuh untuk bayi tentu tidak semudah memilih produk untuk diri Mama sendiri. Kulit bayi memang lebih sensitif dan mudah iritasi, maka Mama juga harus memberikan produk yang paling tepat untuknya.

Kenapa bayi membutuhkan produk khusus? Tentu saja karena kulitnya masih sensitif, dan produk yang diciptakan untuk semua orang (dewasa dan anak) bisa menyakiti kulit bayi Anda. Jadi peraturan utama dalam membeli produk bayi adalah: berikan produk yang diformulasikan khusus untuk bayi.

Perlu Mama ketahui, kulit bayi lebih tipis dari kulit Mama, itu yang membuatnya lebih lembut dan lebih rentan mengalami kekeringan dibanding kulit orang dewasa. Dengan memberikan produk khusus bayi, maka pembersihnya juga lebih ringan dan aman, juga melindungi kelembapan alami kulit bayi Anda.

Produk yang mengandung parfum, sabun, dan alkohol (sering ditemui di produk untuk orang dewasa) bisa menyebabkan reaksi alergi dan iritasi kulit pada bayi. Maka, produk untuk kulit bayi seharusnya mengandung lebih sedikit pengharum dan tidak mengandung sabun juga alkohol.

Tidak hanya kemasannya yang menarik, namun Mama juga perlu memerhatikan apa saja kandungannya. Sayangnya, membaca label kandungan di balik kemasan memang seperti mencoba memahami bahasa asing ya, Ma.

Kami mengerti bagaimana bingungnya Mama dalam memilih produk untuk bayi, mulai dari sabun, sampo, baby oil, hingga sisir dan gunting kuku. Untuk itu, yuk simak cara memilih peralatan mandi yang aman dan tepat untuk bayi baru lahir berikut ini.

1. pH seimbang

1. pH seimbang
Freepik/artsybunnies

Mama mungkin sering melihat tanda “pH neutral,” “pH balanced,” atau “pH seimbang” di kemasan produk bayi. Kadar pH sangat penting untuk kulit bayi, terutama dalam beberapa minggu pertama kehidupannya. Bagi bayi baru lahir, permukaan kulitnya berubah dari pH netral ke pH5.5 yang sedikit asam. Bingung? Begini cara mengetahui kadar pH:

- Kadar rendah: pH1 sampai pH6, mengindikasikan asam.

- Kadar tinggi: ph8 sampai pH14, mengindikasikan alkaline.

- Ketika indikasinya tidak asam dan tidak alkaline, maka disebut pH netral atau pH7.

Biasanya produk skincare untuk bayi tidak mencantumkan secara rinci berapa kadar pH produk tersebut. Biasanya di label hanya dituliskan pH netral saja. Sejauh kulit bayi Mama sehat, tidak kering, dan tidak mengelupas, maka produk dengan pH netral saja sudah cukup baik.

Terkadang, istilah “mild” atau “ultra mild” di produk bayi maksudnya adalah” dekat dengan tingkat keasaman kulit sehat. Namun ini tidak menjamin produk tersebut mengandung kadar pH seimbang atau netral.

2. Bebas alkohol

2. Bebas alkohol
Freepik/chainfoto24

Biasanya alkohol sering digunakan pada produk skincare untuk orang dewasa, karena membuatnya lebih cepat kering dan terasa ringan di kulit, Namun di produk untuk bayi, alkohol bisa menyebabkan iritasi dan membuat kulit bayi sangat kering. Maka hindari produk yang mengandung alkohol.

Ketika Mama membaca label, biasanya alkohol ini akan ditulis dengan ethanol atau ethyl alcohol. Namun ada juga istilah fatty alcohols, yang efeknya cukup berbeda di kulit bayi, ini biasanya tidak membuat kulit kering dan iritasi.

3. Bebas pewangi

3. Bebas pewangi
Freepik/senivpetro

Jika kulit bayi Mama sehat tidak terlalu sensitif, maka produk dengan sedikit parfum aman saja digunakan. Pembersih dengan pH netral dan sedikit pewangi (mild fragrance), jarang memberikan reaksi alergi pada kulit bayi.

Namun jika kulit bayi Mama kering dan mengalami eksim, maka Mama perlu menghindari semua produk yang mengandung parfum (termasuk yang mild fragrance). Perlu Mama ketahui, segala jenis pewangi sering menjadi iritan, termasuk pewangi alami seperti yang terkandung dalam essential oil. Produk natural mungkin terdengar tidak berbahaya, namun tidak selalu lebih aman. Beberapa pakar menyarankan untuk menghindari semua produk berparfum, agar anak lebih aman.

Editors' Picks

4. Cek produk antibakteri

4. Cek produk antibakteri
Freepik/Freephoto

Menurut Baby Center, tidak perlu memberikan produk yang dilabeli antibakteri atau antimicrobial. Produk dengan label antibakteri ini juga biasanya tidak ada di produk yang diformulasikan khusus untuk bayi. Lagipula label mild dan bebas alkohol sudah cukup kok untuk menjaga bayi Mama tetap bersih.

5. Kenali arti label informasi di kemasan produk bayi

5. Kenali arti label informasi kemasan produk bayi
Pixabay/annalise1988

Sebelum membeli produk untuk bayi Anda, biasakan untuk membaca label informasi yang umumnya tertera di balik kemasan. Sayangnya, membaca label tersebut memang sering membuat Mama jadi tambah bingung, ya? Jika begitu, kenali beberapa informasi yang sering tertera di label kemasan berikut ini:

- Antibakteri: Untuk mematikan pertumbuhan bakteri.

- Bebas alkohol: Bebas kandungan alkohol ethanol atau ethyl.

- Chemical: Kandungan terbuat dari atom atau molekul, entah natural atau buatan manusia. Semua kandungan di produk adalah chemicals atau kimia.

- Dermatologically tested: Tidak ada definisi legal ketika diaplikasikan pada produk kosmetik, tapi biasanya artinya sudah diuji ke kulit. Tes itu tidak selalu dilakukan oleh dokter atau spesialis kulit, tetapi sudah diuji oleh orang yang berkompeten di bidang medis.

- Hypoallergenic: Jarang menyebabkan reaksi alergi.

- Untuk kulit sensitif: Jarang menyebabkan iritasi. Ini berbeda dengan reaksi alergi ya, Ma.

- Bebas pewangi atau unscented: Produk tersebut tidak ditambahkan kandungan yang memberikan keharuman tertentu. Namun, kandungan yang mengandung pewangi bisa termasuk, jika ditambahkan untuk tujuan lain, seperti untuk menutupi bau asli produk tersebut.

- Natural: Ada kandungan yang didapat dari alam, namun belum tentu lebih sehat atau lebih aman. Contohnya, nikotin dan arsenik adalah kandungan natural, tapi tidak sehat atau aman.

- Organik: Tidak ada definisi legak untuk kosmetik organik. The Soil Association hanya memberi sertifikat organik pada produk yang mengandung 95 persen kandungan organik.

- pH seimbang atau pH balanced: Secara umum, artinya pH produk itu mendekati pH kulit sehat, atau sedikit asam dengan kadar sekitar pH4.5 sampai pH5.5.

- pH netral: Secara umum, artinya produk ini memiliki pH sekitar 7.

- Pengawet: Kandungan ini ditambahkan ke dalam produk untuk melindungi produk dari kontaminasi kumat selama disimpan dan digunakan.

- Bebas sabun (soap free atau alkali free): Artinya produk ini bebas sabun atau kimia lain yang memiliki kadar pH alkaline, yaitu pH8 atau lebih.

Selalu berikan produk terbaik untuk si Kecil ya, Ma.

Cari Produk Terbaik di Popex

Kalau Mama butuh referensi produk, produk terbaik dengan harga lebih murah, datanglah ke Popmama Expo. Expo ini menghadirkan barang kebutuhan untuk mama, bayi, anak, dan keluarga. Yang paling menyenangkan adalah, semua tenant yang berjualan di Popmama Expo, punya barang dengan diskon 50%. Dijamin!

Popmama Expo akan diadakan pada 28-29 September 2018 di Gandaria City Hall, Jakarta Selatan. Datang, yuk Ma!