Alami Kaya Nutrisi, Inilah Manfaat Minyak Argan untuk Skincare Bayi

Siapa sangka minyak argan yang terdapat dalam kosmetik mama juga baik untuk si Kecil?

1 Maret 2021

Alami Kaya Nutrisi, Inilah Manfaat Minyak Argan Skincare Bayi
Pexels/Mikhail Niov

Merawat kesehatan kulit bukan hanya untuk perempuan saja, melainkan semua orang. Termasuk bayi mungil mama. Sejak dini, kulit bayi perlu dirawat karena perawatan kulit bukan selalu bertujuan untuk kecantikan, tetapi juga kesehatan. 

Ada banyak cara merawat kesehatan kulit bayi dengan bahan alami. Salah satu yang populer digunakan adalah minyak argan. Seperti apa manfaat minyak argan untuk kesehatan kulit bayi? Berikut Popmama.com merangkumnya, dilansir dari Firstcry:

1. Mengatasi eksim dan psoriasis

1. Mengatasi eksim psoriasis
Freepik/Shangarey

Minyak argan telah lama digunakan oleh orang Maroko sebagai pengobatan eksim dan psoriasis. Hanya dengan rutin mengoleskannya di daerah yang terdampak dan memijat lembut setiap hari, niscaya eksim dan psoriasis bisa berkurang. Lakukan terus perawatan ini sampai sensasi gatal berkurang signifikan.

Editors' Picks

2. Mengurangi ruam dan bekas luka

2. Mengurangi ruam bekas luka
Freepik/user13400093

Pada bayi yang kulitnya gatal, biasanya akan muncul bekas luka karena digaruk. Begitu pun ruam yang muncul karena alergi, misalnya karena popok. Minyak argan bersifat seperti pelindung kulit saat diaplikasikan. Kulit bayi akan senantiasa terhidrasi dan bekas luka pun memudar dengan perawatan minyak argan secara teratur.

3. Sebagai minyak pijat

3. Sebagai minyak pijat
Freepik/peoplecreations

Pijat pada bayi bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah pada tubuh si Kecil. Menggunakan minyak argan sebagai minyak pijat sangat baik untuk kulit bayi yang dipijat karena alami. Tidak seperti produk minyak lainnya yang terbuat dari bahan kimia. Minyak argan terbuat dari bahan mineral yang tidak menimbulkan iritasi.

4. Mengatasi cradle cap

4. Mengatasi cradle cap
Wikimedia.org

Dermatitis seboroik adalah penyakit kulit yang umumnya dikenal dengan nama cradle cap. Kondisi ini sangat umum dan merupakan peradangan. Meski tidak menyebabkan rasa gatal, tetapi menimbulkan pengerasan kulit, berminyak, dan bersisik karena penumpukan sel kulit yang mengelupas. Mama dapat membersihkan cradle cap ini dengan mengoleskan minyak alami, seperti minyak argan pada kulit kepala bayi.

5. Perawatan rambut bayi

5. Perawatan rambut bayi
Freepik/zilvergolf

Rambut bayi perlu dirawat sejak dini. Penggunaan minyak-minyak alami dapat membantunya. Termasuk minyak argan. Minyak argan tak hanya mengurangi cradle cap, tetapi juga terbukti bermanfaat merawat keindahan dan kesehatan rambut bayi. Minyak argan melembutkan rambut bayi, mencegah rambut kusam, dan menguatkannya. 

Begitu banyak manfaat minyak argan untuk kesehatan kulit bayi maupun kesehatan tubuh. Jadi mengapa tidak mencobanya, Ma? Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.