Yummy! 5 Jenis Sayuran Sehat dan Bergizi untuk MPASI Pertama si Kecil

Sayuran ini punya rasa enak dan tekstur yang mudah dicerna bayi

21 Januari 2020

Yummy 5 Jenis Sayuran Sehat Bergizi MPASI Pertama si Kecil
Pexels/Ella Olsson

Saat bayi mulai mengonsumsi makanan padat pertamanya, sungguh sebuah milestone yang sangat membahagiakan ya, Ma!

Beberapa sayuran menjadi pilihan tatkala Mama menyediakan MPASI pertama untuk si Kecil. Sayuran-sayuran ini, selain memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan bayi, juga mudah dicerna dan dikonsumsi. 

Oh ya, apa saja yang termasuk sayuran itu? Sayuran adalah bagian dari tumbuhan yang bisa dikonsumsi manusia. Bagian tumbuhan itu bisa dari akar, batang, daun, buah, dan bijinya. Jadi, sumber nabati apa saja yang bisa diolah untuk menjadi MPASI pertama si Kecil?

Berikut Popmama.com merangkum 5 jenis sayuran yang cocok dijadikan MPASI pertama bayi Mama, dilansir dari sfgate.com:

1. Labu

1. Labu
Pixabay.com

Aneka labu, seperti labu kuning atau labu parang, bahkan zucchini merupakan sayuran yang cocok dikonsumsi bayi yang baru mengenal MPASI. Sumber nabati yang sebenarnya adalah masuk kategori buah ini, bisa diolah dengan cara mengukus atau memanggangnya. Kulit labu yang agak keras bisa dikupas dan daging buahnya yang telah matang bisa dihaluskan sampai menjadi puree yang lembut.

Tambahkan sedikit ASI atau susu formula agar konsistensinya lebih cair. Sangat mudah dibuat dan bahannya mudah ditemui di pasar atau pun supermarket terdekat.

Editors' Picks

2. Ubi

2. Ubi
Freepik/Dashu83

Ubi merupakan makanan yang sangat gampang ditemukan di Indonesia. Varietas yang cukup familiar ditemukan antara lain ubi ungu dan ubi kuning atau sering disebut ubi cilembu. Ubi merupakan jenis tanaman umbi yang punya rasa manis serta tekstur yang lembut ketika dikukus sehingga menarik nafsu makan bayi.

Mama bisa mengolahnya dengan cara sederhana, misalnya dipanggang atau dikukus. Dapat disajikan sebagai puree atau dipotong-potong sesuai ukuran yang pas sebagai finger food

3. Wortel

3. Wortel
Freepik/Siraphol

Siapa yang tak kenal sayuran berwarna oranye ini saat masih kecil dulu? Wortel yang tergolong umbi ini memang sangat populer disajikan sebagai MPASI. Dengan warna oranyenya yang cantik, bayi-bayi melihatnya sebagai makanan yang menarik. 

Wortel memiliki sedikit rasa manis alami. Bisa disajikan dengan dikukus atau direbus terlebih dahulu, lalu dihancurkan menggunakan blender dan ditambahkan sedikit ASI atau susu formula agar konsistensinya lebih cair. Pilih baby carrot untuk rasa wortel yang lebih segar dan manis.

4. Kacang polong

4. Kacang polong
Pixabay/gellinger

Kacang polong dapat menjadi alternatif sayuran jenis kacang-kacangan yang pertama untuk MPASI si Kecil lho, Ma. Meski tak begitu populer, nyatanya kacang polong punya warna hijau yang menarik bagi bayi kecil Mama. 

Rebus kacang polong sampai empuk, lalu haluskan dan beri tambahan sedikit ASI atau susu formula. Ingat, jangan memberikan kacang polong dalam kondisi utuh pada bayi sampai ia menginjak usia 3 tahun karena besar risiko bayi tersedak karenanya.

5. Kacang buncis

5. Kacang buncis
Freepik/dashu83

Untuk bayi yang baru pertama kali mengonsumsi makanan padat pertama, kacang buncis dapat disajikan sebagai puree supaya lebih gampang dimakan. Tetapi jika bayi Mama sudah mulai menguasai cara menelan yang baik, kacang buncis bisa direbus atau dikukus sampai empuk dan disajikan sebagai finger food

Kacang buncis cocok dipadukan dengan sayuran lain, seperti wortel, dan disajikan dalam bentuk bubur atau puree untuk melatih bayi mengenal kompleksitas rasa. 

Itu dia beberapa rekomendasi sayuran untuk MPASI pertama si Kecil. Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.