Ingin Bayi Cepat Jalan seperti Anak Adly Fairuz? Lakukan Trik Ini!

Jangan lupa untuk melakukan stimulasi bayi agar perkembangannya sesuai milestone ya, Ma

23 November 2021

Ingin Bayi Cepat Jalan seperti Anak Adly Fairuz Lakukan Trik Ini
instagram.com/angbeenrishi
Potret keluarga Adly Fairuz dan Angbeen Rishi

Perkembangan buah hati selalu jadi hal yang paling ditunggu-tunggu ya, Ma. Mulai dari tengkurap, duduk, merangkak, sampai berjalan.

Demi mencapai perkembangan sesuai usia, tentu dibutuhkan stimulasi yang cukup dan konsisten.

Untuk mengetahui bagaimana cara stimulasi bayi yang tepat, Mama bisa mengonsultasikannya langsung dengan para ahli yang tersertifikasi, seperti bidan, fisioterapis, atau dokter anak. Jangan sampai perkembangan bayi mama terhambat, ya.

Nah, belum lama ini, pasangan Adly Fairuz dan Angbeen Rishi mengabarkan jika putranya sudah bisa berjalan, loh. Bagaimana ya kisahnya? 

Berikut Popmama.com rangkumkan informasinya untuk Mama. Yuk, kita simak bersama!

Editors' Picks

Putra Adly Fairuz dan Angbeen Rishi Bisa Jalan di Usia 10 Bulan

Putra Adly Fairuz Angbeen Rishi Bisa Jalan Usia 10 Bulan
instagram.com/angbeenrishi
Potret keluarga Adly Fairuz dan Angbeen Rishi

Melalui akun Instagram pribadinya @angbeenrishi (18/11), Angbeen membagikan perkembangan terkini putranya, Ardashir Behrouz Al Barraq.

Dalam video yang diunggah, terlihat sang putra yang mengenakan kaos kuning berjalan ke arah Adly.

"Horeee di usia 10 bulan anak Ami udah mulai bisa berjalan... Bismillah ya Nak semoga semakin pinterrr jalannya Amiin @adlyfayruz @ardashirbehrouz," tulis Angbeen.

Pada usia 9 bulan, beberapa bayi memang sudah mulai bisa berjalan. Sehingga, usia 10 bulan termasuk cepat ya, Ma.

Lantas, bagaimana tanda-tanda bayi siap berjalan? Bagaimana pula cara merangsang bayi agar bisa cepat berjalan? Kita bahas setelah ini ya, Ma.

Tanda Bayi Siap Berjalan

Tanda Bayi Siap Berjalan
pexels/keira burton
bayi belajar berjalan

Berikut ini tanda kesiapan bayi belajar berjalan, Ma. Apakah bayi mama sudah memerlihatkan salah satu tanda ini?

  • Bayi bisa berdiri sambil berpegangan. Jangan dilarang jika bayi sudah bisa melakukan ini ya, Ma. Ini bisa membantu meningkatkan otot dan koordinasi kaki bayi.
  • Menjadi petualang yang berani. Bayi akan lebih berani mengeksplorasi benda di sekitar yang bisa membantunya berdiri. Pastikan bayi berada dalam pengawasan yang aman ya, Ma.
  • Bayi mulai berjalan dengan berpegangan, bisa pada kursi atau meja. Di fase ini, Mama bisa membuat jalur eksplorasi bayi menggunakan furnitur yang aman.
  • Menangis, merengek, dan perubahan pola tidur. Saat belajar berjalan, otak dan tubuh bayi bekerja dua kali lipat, sehingga ia mudah lelah dan sering menangis.
  • Bayi berjalan dengan bantuan. Tanda lainnya adalah bayi sudah bisa melangkah dengan bantuan orang dewasa atau menggunakan baby walker.
  • Bayi bisa berdiri sendiri. Jika sudah bisa melakukan aktivitas ini, Mama bisa mengajaknya melakukan permainan sederhana seperti berhitung saat bayi berdiri sendiri.

Trik Merangsang Bayi agar Cepat Jalan

Trik Merangsang Bayi agar Cepat Jalan
pexels/alexandr podvalny
bayi belajar berjalan

Setelah menunjukkan tanda-tanda akan berjalan, Mama bisa merangsang kemampuan bayi dengan melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Berikan pujian. Perhatikan saat bayi siap untuk berjalan dan pujilah setiap pencapaiannya.
  • Kenyamanan saat jatuh. Mama bisa membantu bayi agar ia tidak terluka saat terjatuh dengan melakukan babyproofing atau memastikan medan latihan berjalan tidak berbahaya.
  • Buat tantangan. Jika bayi sudah mahir berjalan di permukaan datar, Mama bisa memberikan tantangan dengan jalan di permukaan yang tidak rata, untuk meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan kekuatan otot.
  • Ulurkan tangan. Dorong bayi untuk berjalan ke arah Mama saat sedang mengulurkan tangan ke arahnya. Mama juga bisa meminta bayi berjalan mengikuti Mama di depannya.

Bagaimana, Ma, mudah bukan merangsang bayi agar cepat berjalan? Lakukan trik di atas secara konsisten ya, Ma, agar bayi cepat beradaptasi dan memiliki keberanian untuk berjalan sendiri.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.