TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Ini 5 Manfaat Baik Menggendong Bayi dengan Posisi M-Shape

Menggendong bayi dengan posisi M-Shape dapat menjaga postur Mama tetap baik, lho

9 Agustus 2019

Ini 5 Manfaat Baik Menggendong Bayi Posisi M-Shape
Instagram.com/andienaisyah

Belakangan ini banyak orangtua menggendong bayinya dengan posisi M-Shape. Sebenarnya menggendong anak dengan cara tersebut bukanlah ilmu baru. Hanya saja karena dipopulerkan oleh salah seorang public figure, seolah-olah hal ini adalah tren baru.

Lalu apa yang dimaksud dengan posisi M-Shape? Ya, M-Shape merujuk pada posisi anak di dalam gendongan seperti bayi koala. Posisi gendongan yang paling optimal adalah dengan posisi up right  atau dengan wajah menghadap dada mama. Posisi kaki bayi membentuk huruf M atau jika dilihat dari depan, seperti duduk mengangkang dengan posisi lutut lebih tinggi dari pantat. Untuk bisa membuat bayi dalam posisi M Shape ini, Mama harus memakai gendongan khusus, misalnya gendongan Soft Structure Carrier (SSC) atau gendongan dengan dudukan.

Nah, ternyata ada 5 manfaat baik dari kebiasaan menggendong bayi dengan posisi M-Shape. Berikut ulasannya dari Popmama.com.

1. Membangun kedekatan emosional antara ibu dan anak

1. Membangun kedekatan emosional antara ibu anak
Freepik/Zilvergolf

Posisi M-Shape dianggap paling aman, karena membuat panggul bayi tetap berada di dalam rongga panggulnya. Saat menggendong bayi dengan posisi tepat maka dapat mendukung perkembangan sosial emosional bayi, sehingga ia merasa lebih tenang di dekapan sang ibu.

Posisi tersebut paling disukai anak, karena ia bisa memeluk Mama dan mempererat ikatan emosional dengan Mama.

Apalagi jika si Kecil bersandar di dada dan mendapatkan kehangatan dari tubuh Mama. Kenyamanan yang seperti itulah yang tidak bisa tergantikan oleh apapun.

Editors' Picks

2. Menjaga kesehatan tulang anak

2. Menjaga kesehatan tulang anak
Instagram.com/andienaisyah

Posisi M-Shape terbilang cukup baik untuk perkembangan dan pertumbuhan tulang bayi.

Dengan membiasakan menggendong bayi dengan posisi M-Shape, ternyata bermanfaat untuk menjaga dan membantu kesehatan tulang belakangnya.

Asal Mama tahu, bayi baru lahir memiliki posisi tubuh melengkung membentuk C shape. Jadi, menggendongnya dengan posisi M shape, akan membuat tulang belakangnya tumbuh secara optimal dan terjaga.

Posisi M-Shape menjadikan cakram tulang belakang sebagai peredam, sehingga melindungi tulang belakang, otak, dan struktur tulang pada tubuh si Kecil dengan baik.

Selain itu posisi menggendong M-Shape juga melatih perkembangan ototnya.

3. Posisi anak terbilang lebih nyaman

3. Posisi anak terbilang lebih nyaman
Freepik/saiko3p

Menggendong posisi M-Shape adalah menggendong bayi dengan posisi duduk tegak. Pantat bayi harus lebih rendah dari pada posisi lututnya.

Posisi ini membuat si Kecil menghadap tubuh mama dan kepalanya berada di dekat dada mama. Posisi ini akan memberikan kenyamanan untuk si Kecil maupun Mama.

Dengan menggendong seperti bayi koala ini, anak juga merasakan kehangatan seperti dipeluk dan membuat napasnya semakin lancar. 

4. Saat menggendong tangan tetap bisa bebas beraktivitas

4. Saat menggendong tangan tetap bisa bebas beraktivitas
Instagram.com/fellyyoung21

Menggendong dengan posisi M-Shape semudah Mama membawa tas ransel. Manfaatnya, bayi bisa diajak beraktivitas. Posisi M-Shape membuat kedua tangan mama bebas. Mama bisa membawa bayi saat membereskan rumah, bekerja dengan tangan, dan melakukan kegiatan lain karena si Bayi akan tetap aman.

5. Mama tidak mudah pegal

5. Mama tidak mudah pegal
Instagram.com/andienaisyah

Bayangkan kalau Mama harus menggendong bayi dengan tangan kosong. Lama-kelamaan pasti tubuh mama terasa pegal.

Sementara menggendong dengan gendongan khusus membuat posisi tubuh mama lebih rileks. Berat si Bayi yang terbagi di bahu dan pinggul mama akan meringankan beban. Lagipula, karena posisi menggendong bayi menghadap Mama akan membuat tubuh mama tegak.

Sekarang Mama sudah mengetahui 5 manfaat baik menggendong bayi dengan posisi M-Shape. Nah, pastikan tubuh bayi tertopang dengan sempurna dan kakinya membentuk huruf M, ya.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk