5 Tanda Alergi Makanan yang Harus Diwaspadai, Mama Sudah Tahu?

Ketahui dulu, supaya penanganannya lebih tepat

5 Desember 2019

5 Tanda Alergi Makanan Harus Diwaspadai, Mama Sudah Tahu
Shutterstock/BonNontawat

Reaksi alergi pada bayi adalah hal yang sering ditemukan, terlebih lagi ketika si Kecil mulai bisa mengonsumsi MPASI. Namun, terkadang tanda alergi pada anak belum dipahami oleh semua ibu. Apakah Mama salah satunya? 

Nah, supaya penanganannya bisa lebih cepat dan mencegah terulang kembali reaksi alergi pada si Kecil, berikut ini 5 tanda alergi makanan yang harus Mama waspadai. Dicatat yuk Ma!

1. Muncul bercak merah dan gatal

1. Muncul bercak merah gatal
Instagram.com/jedsonadistyo

Munculnya bintik-bintik merah dan gatal adalah tanda yang paling umum ditemui saat alergi makanan. Dilansir dari medicalnewstodays.com, bila si Kecil alergi terhadap makanan, akan muncul tanda seperti biduran kemerahan pada kulit. Bila hal ini terjadi, si Kecil akan merasa sedikit gatal, sehingga bisa mengganggu aktivitasnya. Dilansir dari healthline.com, bercak merah ini akan hilang dengan sendirinya kok, selama Mama jauhkan si Kecil dari alergen. 

2. Mual dan muntah

2. Mual muntah
Shutterstock/szefei

Ketika si Kecil mengonsumsi makanan yang memicu alergi, ada beragam reaksi pada tubuhnya. Salah satunya adalah reaksi alergi yang terjadi adalah memuntahkan kembali makanan atau minuman. Dilansir dari bundoo.com, mual dan muntah adalah cara tercepat mengeluarkan alergen dari tubuh. Kalau hal ini terjadi, eliminasi makanan dan minuman yang baru ia konsumsi ya Ma. 
 

Editors' Picks

3. Anafilaksis

3. Anafilaksis
Shutterstock/szefei

Anafilaksis adalah reaksi alergi berat yang membutuhkan penangan medis. Biasanya anafilaksis terjadi secara tiba-tiba, jadi Mama tidak boleh lengah. Dilansir dari NHK.uk, gejala-gejala yang menunjukkan anafilaksis antara lain napas pendek dan cepat, detak jantung cepat, lemas, hingga pingsan. Kalau hal ini sampai terjadi, wajib hukumnya membawa si Kecil ke tenaga medis ya Ma. 
 

4. Sesak napas

4. Sesak napas
Shutterstock/vasin lee

Meskipun alergi makanan adalah hal yang umum terjadi, namun beberapa reaksi alergi tidak bisa dianggap remeh. Salah satunya adalah sesak napas yang terjadi akibat pembengkakan di tenggorokan. Dilansir dari bundoo.com, bila hal ini terjadi maka si Kecil perlu penanganan medis lho Ma, jadi harus waspada dengan kondisi si Kecil ya.  
 

5. Gejala pilek dan batuk

5. Gejala pilek batuk
Shutterstock/Karuna Kongsuwan

Satu lagi reaksi alergi yang menyerang saluran pernapasan anak. Dilansir dari NHK.uk, reaksi alergi bisa membuat ingus si Kecil mengalir, hingga terkadang membuat hidungnya tersumbat. Reaksi ini biasanya dibarengi dengan batuk-batuk yang merupakan cara tubuh si Kecil menjauhkan cairan tersebut dari paru-paru. 

Baik Ma, itu dia 5 tanda alergi makanan yang harus Mama waspadai. Ada satu hal lagi yang perlu Mama ketahui nih. Jangan sampai karena si Kecil memiliki reaksi alergi terhadap makanan, sehingga membuat Mama berhenti memberikan MPASI. Oleh karena itu, seleksi MPASI menjadi langkah penting untuk temukan yang paling tepat untuk si Kecil. 

MPASI dari CERELAC terbuat dari bahan berkualitas dan proses pembuatannya dijaga dengan ketat. Dengan demikian, bubur sereal dari CERELAC ini sesuai untuk dikonsumsi anak. MPASI dari CERELAC juga bernutrisi lho Ma. Di antaranya mikronutrien penting seperti Vitamin A, Vitamin C, dan zinc yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang anak. 

CERELAC juga mengandung zat besi tinggi, yang sangat dibutuhkan tubuh si Kecil. Selain itu, tekstur MPASI dari CERELAC ini juga lembut sehingga mudah dicerna oleh perut anak yang masih beradaptasi. Kalau ingin tahu lebih lanjut tentang resep, promo, dan kandungan gizi dari MPASI CERELAC ini, Mama bisa klik di sini. Jadi, yuk mulai tambahkan CERELAC ke dalam menu MPASI harian si Kecil! 
 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!