TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Ide Playdate yang Seru untuk Bayi

Yuk, ajak bayi mama playdate dengan teman seusianya!

27 September 2022

5 Ide Playdate Seru Bayi
Pinterest.com/MoniqueAllen

Playdate atau kegiatan bermain bersama mungkin lebih sering diadakan di kalangan anak-anak yang berusia balita atau lebih besar.

Namun jangan salah, Ma, dengan mengatur acara playdate untuk bayi mama yang mulai bisa duduk, merangkak dan bermain dengan mainannya bisa menjadi ide yang bagus, lho!

Pasalnya, dengan cara ini Mama memberi si Kecil kesempatan untuk bersosialisasi dengan teman seumurannya.

Tak harus sekadar berkumpul bersama di rumah sambil memperhatikan bayi mama saling berinteraksi dengan temannya, ada banyak ide playdate seru yang bisa dicoba.

Nah, inilah 5 ide playdate yang seru untuk bayi yang sudah Popmama.com rangkum dan bisa Mama coba. Apa saja, ya?

Pada Usia Berapa Bayi Bisa Diajak Playdate?

Pada Usia Berapa Bayi Bisa Diajak Playdate
Freepik/Freepic.diller
Bayi merangkak

Melansir dari Primrose Schools, pada saat bayi mama sudah bisa duduk dengan lebih stabil, secara umum ia sudah boleh menikmati playdate unruk berinteraksi dengan teman seusianya.

Duduk merupakan salah satu ciri tonggak perkembangan awal yang penting bagi bayi.

Pada usia tahap perkembangan ini, mereka akan mencoba menjelajahi dunia di sekitar mereka dengan tangan dan mulut, sehingga seringkali mereka akan saling meraih satu sama lain saat playdate.

Manfaat Playdate bagi Bayi

Manfaat Playdate bagi Bayi
Pexels.com/Pixabay

Kegiatan menyenangkan seperti bertepuk tangan bersama dan bermain dengan mainan dapat merangsang otak bayi yang berkembang pesat lho, Ma.

Perlahan-lahan mereka akan belajar berempati, bersosialisasi, dan membangun banyak keterampilan penting yang akan menjadi dasar bagi kehidupan yang sukses.

Playdate adalah metode yang efektif untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan penting ini secara perlahan.

Cara ini juga akan membantu mereka mengembangkan sistem kekebalan yang kuat.

Karena dengan bergabung dengan teman dan pergi ke tempat baru, mereka terpapar lebih banyak mikroorganisme yang dapat diadaptasi oleh tubuh mereka untuk membangun kekebalan sejak usia dini.

Melalui teman bermain, bayi pun juga dapat melepaskan energi mereka yang tertahan.

Mereka berteriak dan bergerak sehingga tubuh mereka menjadi bugar secara fisik sekaligus siap untuk tidur nyenyak.

Berikut ide-ide playdate yang bisa Mama coba:

Editors' Picks

1. Piknik bersama

1. Piknik bersama
Pexels/J Carter

Jangan hanya ajak bayi dan temannya bermain di dalam rumah, Ma. Pergi ke taman atau tempat piknik terdekat bisa menjadi cara yang mudah dan murah meriah.

Bawa makanan ringan untuk si Kecil serta mainan yang bisa dimainkan bersama-sama. Mama dan orangtua lainnya pun bisa ikut menikmati secangkir kopi sambil bercengkrama.

Selain itu, Mama juga bisa cari tempat untuk menggelar karpet yang bersih dan perkenalkan si Kecil pada rumput, dedaunan, dan elemen alam lainnya di sekitar mereka.

Jika bosan duduk dan terdapat jalur pejalan kaki, ajak bayi dan temannya berjalan dengan stroller dan tunjukkan pemandangan menarik lainnya untuk dilihat.

Mereka bahkan akan senang melihat wajah tersenyum orang-orang yang berjalan atau berlari di sekeliling mereka.

2. Hari bebas berkreasi

2. Hari bebas berkreasi
Pinterest.com/Fourtoadore

Pilih satu hari di mana bayi bisa bebas bermain dan berkreasi, meski berantakan.

Jangan lupa ajak kenalan mama yang memiliki bayi seusia si Kecil, agar si Kecil bisa menghabiskan waktu dengan teman playdate-nya.

Mama bisa mengajak mereka membuat lukisan dengan cetakan jari atau membuat kerajinan lucu yang melibatkan sidik jari dan jejak kaki mereka.

Jika ingin anak mencoba permainan sensorik dengan makanan, siapkan bahan seperti biji-bijian, gelatin atau whipped cream sebagai mainan DIY untuk si Kecil dan teman-temannya. 

Apabila Mama mengadakan playdate di rumah dan bayi lain yang diundang sudah memasuki usia MPASI, Mama bisa membuat makanan bayi sebagai snack.

Snack bisa dibagikan kepada para Mama saat waktunya pulang sebagai bingkisan simple. 

3. Playdate bertema musik

3. Playdate bertema musik
Tokopedia/magista

Siapa bilang perlu bayar mahal untuk kelas musik khusus bayi jika Mama bisa membuatnya sendiri?

Mama bisa menyiapkan beberapa set alat musik sederhana seperti rebana, marakas, drum, dan shaker. Undang beberapa Mama lainnya, seperti tetangga atau kenalan mama yang punya bayi, lalu mainkan musik!

Alternatif lainnya adalah dengan menyetel lagu nursery atau lagu anak-anak, lalu duduk membentuk lingkaran dengan para Mama lainnya.

Pangku si Kecil atau biarkan mereka duduk bersama teman-temannya selama musik berlangsung.

Ajak si Kecil untuk bersorak dan bertepuk tangan bersama. Mama juga bisa menari mengikuti musik atau membuat tarian lingkaran pendek untuk dinikmati bersama teman mama dan bayinya.

4. Playdate ke museum atau galeri seni

4. Playdate ke museum atau galeri seni
Pinterest.com/AshleyMuirBrown

Sebuah museum atau galeri seni mungkin sekilas tak tampak seperti tempat yang ideal untuk bayi, namun dapat menjadi kenangan berharga bagi si Kecil dan teman-temannya.

Pergilah ke museum seni bersama sekelompok Mama lainnya dan biarkan si Kecil melihat warna, wajah, dan fitur lain dalam lukisan, atau pamerkan mereka ke hewan di museum sejarah alam.

Di hampir setiap museum, bayi mama akan menemukan benda-benda berkilau, bentuk-bentuk menarik, dan pola-pola yang menyenangkan untuk dilihat bayi.

Jangan lupa ambil foto bersama dengan latar belakang yang aesthetic, ya, Ma!

5. Playdate ke kebun binatang atau pet cafè

5. Playdate ke kebun binatang atau pet cafè
Freepik/freepik

Selain pergi ke tempat terbuka seperti taman, Mama juga bisa mengajak bayi ke kebun binatang atau pet cafè yang ramah anak.

Selain playdate, si Kecil juga dapat melihat dan mengenal berbagai jenis binatang untuk pertama kalinya.

Jangan lupa ajak Mama lainnya dan anak mereka untuk meramaikan suasana dan agar anak memiliki teman seusia untuk berinteraksi. 

Saat sudah lelah berkeliling melihat binatang, Mama dan si Kecil serta teman-temannya bisa berpiknik bersama atau menghabiskan waktu makan siang bersama di cafè. 

Nah, itu tadi 5 ide playdate yang seru untuk bayi sebagai sarana si Kecil mengembangkan kemampuan sosialnya. Semoga kelima ide ini bisa menjadi inspirasi Mama, ya! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk